Tips Hidup Sehat! Si Mungil Chia Seed yang Bisa Bantu Cegah Ambeien

Tips Hidup Sehat! Si Mungil Chia Seed yang Bisa Bantu Cegah Ambeien

Meski ukurannya mungil, chia seed menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan. Dari sekian banyak khasiat yang dimilikinya, biji dari tanaman Salvia hispanica ini disebut dapat membantu mencegah wasir atau ambeien.

Jika ditilik dari kandungan nutrisinya, dalam 100 gram biji chia mengandung sekitar 27,3 gram serat. Selain itu, chia seed juga memiliki asam lemak omega-3, protein, antioksidan, dan mineral. Namun, apakah benar chia seed mampu mencegah ambeien? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Apakah Chia Seed Dapat Mencegah Ambeien?

Salah satu penyebab ambeien adalah sembelit atau konstipasi. Sebab, sembelit bisa mengakibatkan feses menjadi kering dan keras. Akibatnya, ketika buang air besar, kamu mungkin harus mengejan lebih kuat.

Selama mengejan, pembuluh vena di anus jadi lebih tertekan sehingga memicu ambeien. Oleh karenanya, untuk mencegah kondisi tersebut, salah satu yang bisa dilakukan yaitu menghindari sembelit. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan mengonsumsi makanan yang kaya serat.

Seperti yang sudah dibahas di awal, chia seed mengandung serat cukup tinggi, yakni sekitar 27,3 gram per 100 gramnya. Oleh sebab itu, chia seed bisa menjadi salah satu pilihan makanan berserat yang dapat dikonsumsi jika ingin mencegah ambeien.

Meski begitu, beberapa orang justru mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, perut kembung, dan diare, akibat mengonsumsi serat secara berlebihan. Hal ini juga bisa terjadi jika konsumsi serat yang tinggi tidak diimbangi dengan cukup minum air putih. Pasalnya, air sangat penting untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.

Selain itu, pasien penyakit radang usus, seperti penyakit Crohn atau kolitis ulseratif mungkin harus membatasi konsumsi serat, termasuk biji chia ketika sakit sedang kambuh.

Namun, bagi kebanyakan orang, bisa mencegah efek negatif dari mengonsumsi serat berlebihan dengan minum banyak air putih dan meningkatkan konsumsi serat secara perlahan.

Mengenai keampuhan chia seed dalam mencegah ambeien, hingga kini belum ada peneliti yang bisa membuktikannya. Namun, karena kaya akan serat, chia seed baik untuk dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan, jika ingin menghindari sembelit, yang merupakan pemicu ambeien.

Sumber foto: Google

Cara Lain untuk Mencegah Ambeien

Meski mengandung serat cukup tinggi, bukan berarti ambeien bisa dicegah dengan mengonsumsi chia seed saja. Berbicara tentang serat, tentu ada banyak asupan makanan sehat lainnya yang tidak kalah penting, seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan.

Selain konsumsi makanan yang tinggi serat, berikut beberapa tips hidup sehat lainnya untuk mencegah ambeien:

  • Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari.
  • Hindari mengejan terlalu kuat ketika buang air besar, karena bisa menekan pembuluh vena di anus.
  • Olahraga secara rutin, untuk mencegah obesitas dan sembelit, yang merupakan pemicu ambeien.
  • Hindari duduk terlalu lama, karena menekan pembuluh vena di anus.
  • Minimalisir mengangkat beban berat, jika harus, pastikan untuk buang napas secara teratur dan jangan menahannya ketika mengangkat beban berat.
  • Ketika hamil, sebaiknya tidur dengan posisi miring. Posisi ini akan menurunkan tekanan pada pembuluh darah di panggul sehingga terhindar dari ambeien.

Setelah menyimak penjelasan di atas, sekarang saatnya kunjungi Healthy Choice dan dapatkan chia seed yang kaya serat untuk membantu mencegah ambeien. Jangan lupa, cek bahan makanan sehat lainnya di sini, ya!

 


Baca juga: Enak dan Kaya Gizi, 10 Ide Camilan Diet Berbahan Dasar Chia Seed

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Konsumsi Chia Seed untuk Diet


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published