10 Kesalahan Memasak Kacang Hijau Organik, Bikin Nutrisi Hilang dan Gak Enak

kacang hijau organik

Kacang hijau organik yang termasuk jenis kacang-kacangan ini menyimpan banyak nutrisi. Selain bubur kacang hijau, bahan makanan satu ini juga bisa diolah menjadi menu makan sehat lainnya seperti kue mochi, onde-onde, gandasturi, dan lainnya.

Meski ukuran bijinya kecil, namun kacang hijau punya segudang manfaat. Beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan zat besi.

Namun, masih banyak orang yang sering melakukan kesalahan ketika mengolah kacang hijau organik sehingga rasanya tidak sedap atau bahkan gagal. Gak mau, kan, olahan kacang hijau buatanmu gagal?

Langsung simak yuk ringkasan tentang 10 kesalahan mengolah kacang hijau organik yang harus kamu hindari!  

  1. Tidak mengecek kualitas kacang hijau yang hendak dimasak. Tidak jarang kacang hijau ada yang isinya kopong. Apabila kacang hijau mengapung saat direndam air, maka kualitasnya kurang baik. Kamu bisa mengambil biji kacang yang mengapung.
  2. Terlalu lama menyimpan kacang hijau hingga baunya tengik. Sebaiknya segera masak kacang hijau setelah dibeli supaya kualitasnya tetap bagus.
  3. Tidak merendam kacang hijau organik sebelum diolah. Sebelum merebus kacang hijau, penting untuk merendamnya lebih dahulu agar proses memasaknya jadi lebih cepat dan hasilnya empuk. Merendam kacang hijau bisa menggunakan air bersih biasa. Kamu bisa merendamnya selama semalaman agar teksturnya menjadi lebih empuk.
  4. Langsung merebusnya saat air belum mendidih. Saat mengolah kacang hijau menjadi menu makan sehat, sebaiknya didihkan air lebih dahulu, kemudian masukkan kacangnya.
  5. Menggunakan terlalu sedikit air untuk merebusnya. Tuangkan air hingga kacang hijau terendam dan masak sampai teksturnya mekar.
  6. Tidak menambahkan air saat rebusan kacang hijau mulai surut. Ini justru bisa membuat kacang hijau menjadi gosong.
  7. Menggunakan api terlalu besar saat merebus kacang hijau. Gunakanlah api sedang supaya air untuk merebus kacang hijau tidak cepat habis dan tidak gosong.
  8. Merebus kacang hijau organik terlalu lama. Menurut berbagai tips hidup sehat, mengolah kacang hijau sebaiknya tidak lebih dari tujuh menit, kamu bisa matikan api dan diamkan dalam panci tertutup selama 30 menit.
  9. Menambahkan gula saat kacang belum mekar. Ini juga menjadi salah satu penyebab kacang hijau tidak empuk.
  10. Membuang air rebusannya. Air rebusan kacang hijau mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Jadi, lain kali jangan dibuang, ya!

kacang hijau organik

Sumber foto: Google

Meski kacang hijau sangat bagus untuk kesehatan, namun beberapa kesalahan saat mengolah atau mengonsumsinya justru dapat membuat salah satu jenis kacang-kacangan ini berbahaya bagi tubuh.

Kacang hijau sendiri memang selalu direkomendasikan dalam berbagai menu makan sehat. Berbagai kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya mampu membantu menjaga kesehatan jantung, tulang, hingga mencegah sembelit.

Manfaatnya untuk kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Namun ada tips hidup sehat dalam mengonsumsi kacang hijau, yaitu batasi penambahan gula saat memasaknya.

Jika ingin mendapatkan manfaatnya namun masih ragu karena punya riwayat kesehatan tertentu, sebaiknya kamu berkonsultasi lebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi kacang hijau.

Itulah beberapa kesalahan yang biasa dilakukan ketika mengolah kacang hijau. Kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan lainnya ke dalam olahan kacang hijau. Baik kacang hijau organik maupun bahan makanan sehat lainnya, sekarang bisa kamu beli lewat Healthy Choice. Tidak sabar ingin segera belanja? Langsung saja klik di sini.

 

Baca juga: Bisa Meredakan Asam Lambung, Cek Fakta Nutrisi Kacang Hijau Organik

Baca juga: Rekomendasi Jenis Kacang yang Bisa Kamu Dijadikan Camilan Sehat


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published