Apakah Boleh Memberi Kacang Hijau Organik pada Bayi? Ini Faktanya

kacang hijau organik

Kacang hijau organik terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kacang berukuran kecil berwarna hijau ini mengandung berbagai vitamin, mineral, dan protein, yang dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh. 

Namun, meski bagus untuk orang dewasa, belum tentu boleh dikonsumsi oleh bayi. Misalnya saja madu, yang tidak boleh dikonsumsi oleh anak berusia kurang dari 1 tahun. Lalu, apakah kacang hijau bermanfaat untuk bayi?

Apa Manfaat Kacang Hijau untuk Bayi?

Kacang hijau organik bisa dijadikan menu makan sehat untuk bayi karena mengandung protein, karbohidrat, fosfor, vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, sodium, dan zat besi.

Pada masa pertumbuhan si kecil, vitamin dan mineral ini berperan penting untuk perkembangan fisik dan mental.

Misalnya vitamin A, yang dapat mendukung kesehatan mata. Selain itu, zat besi akan membantu menurunkan risiko anemia.

Kacang hijau juga mengandung 20-24% protein. Jika si kecil memiliki alergi terhadap produk protein hewani seperti ayam, telur, dan ikan, kacang hijau bisa dijadikan alternatif yang lebih aman.

Manfaat kacang hijau organik lainnya untuk bayi yaitu membantu menjaga daya tahan tubuh dengan mengaktifkan antibodi dan sistem imunitas. Flavonoid di dalamnya berfungsi sebagai antimikroba dan anti inflamasi, yang membantu memerangi bakteri, virus, dan jamur sehingga anak tidak gampang sakit.

Bukan itu saja, asam folat di dalam kacang hijau akan mendukung perkembangan otak dan memaksimalkan daya ingat, sehingga anak lebih cerdas. Wah, ternyata di balik ukurannya yang kecil, ternyata kacang hijau memiliki manfaat yang begitu besar, ya!

Aman untuk Bayi di Atas Usia 6 Bulan

kacang hijau organik

Sumber foto: Google

Kacang hijau cukup aman dikonsumsi bayi usia 6 bulan ke atas, asalkan tidak ada reaksi alergi. Jika memungkinkan, cobalah berikan kacang hijau berwarna kuning karena lebih mudah dicerna.

Kacang hijau berwarna kuning ini telah melewati proses penggilingan, sehingga bagian terluarnya sudah terbuang.

Namun, kacang hijau biasa juga bisa diberikan untuk bayi kok, yang penting sesuaikan teksturnya dengan usia dan kemampuan makan anak.

Resep MPASI Kacang Hijau

Berikut ini ide resep menu makan sehat dari kacang hijau organik untuk bayi, jangan lupa praktekkan di rumah ya!

Bahan-bahan:

  • 1 genggam kacang hijau organik
  • Sedikit unsalted butter
  • EVOO secukupnya
  • ASIP secukupnya

Cara membuat:

  1. Rendamlah kacang hijau selama semalam dengan air dingin kemudian bilas menggunakan air bersih
  2. Kukus setengah jam
  3. Tambahkan sedikit air matang kemudian blender hingga halus
  4. Saring menggunakan saringan kawat
  5. Tambahkan unsalted butter, EVOO, dan ASIP, sesuaikan kekentalannya

Selain mengonsumsi kacang hijau, kamu juga bisa mengikuti tips hidup sehat lainnya untuk si kecil. Misalnya dengan menambahkan brokoli dan wortel ke dalam menu MPASI anak.

Bukan bayi saja, kacang hijau juga bagus dikonsumsi orang dewasa. Sehingga, kamu bisa menjadikan bahan satu ini sebagai menu makan sehat keluarga di rumah. Kamu bisa mengolahnya menjadi bubur, es kacang hijau, maupun camilan lainnya.

Apalagi, sekarang kamu bisa membeli kacang hijau organik dengan lebih mudah dan praktis secara online lewat Healthy Choice. Selain kacang hijau, di sini juga tersedia aneka bahan pangan lainnya yang bisa kamu jadikan olahan sehat untuk bayi.

 

Baca juga: Sayang Dilewatkan, Ini Manfaat Kacang Hijau Organik untuk Perempuan

Baca juga: Dikenal Sehat, Berapa Banyak Kandungan Protein Kacang Hijau Organik? Cek Faktanya


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published