5 Bahan Alami yang Bantu Menghaluskan Kembali Tumit Kaki yang Kasar

Virgin Coconut Oil

Merasa tidak nyaman karena tumit kaki kasar atau pecah-pecah? Jangan khawatir, masalah ini bisa kamu atasi dengan beberapa bahan yang mudah didapat seperti virgin coconut oil (VCO) hingga buah alpukat. 


Tumit kaki kasar atau pecah-pecah ini dikarenakan area kulit tersebut kehilangan kelembabannya. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya berikut ini.


  1. Minyak Sayur

Kamu hanya membutuhkan 2 sendok makan minyak sayur. Caranya, cuci kaki hingga bersih lebih dahulu kemudian keringkan dengan handuk. Lalu, oleskan minyak sayur di area kulit tumit yang pecah-pecah hingga merata. Lalu gunakan kaos kaki dan biarkan semalam. Esok paginya, baru cucilah sampai bersih.


Minyak sayur dipercaya mengandung lemak yang mampu meremajakan kulit dan mengembalikan kelembapannya. Namun hasilnya tergantung tingkat keparahan dan kondisi kulit yang kamu alami.


  1. Virgin Coconut Oil

Virgin Coconut Oil (VCO) alias minyak kelapa murni mengandung nutrisi dan moisturizer yang tinggi. VCO juga bersifat antiperadangan dan antimikroba. Oleskan VCO pada kulit tumit yang bermasalah sambil dipijat perlahan. Pijatan lembut tersebut akan membantu melancarkan peredaran darah sehingga kaki lebih rileks.


Dibandingkan dengan lotion, virgin coconut oil dapat menyerap ke dalam kulit lebih cepat. Jadi, VCO bisa dijadikan andalan untuk mengatasi kulit tumitmu yang kering dan pecah-pecah!

Virgin Coconut Oil

Sumber foto: Google


  1. Garam Epsom

Garam Epsom merupakan senyawa magnesium sulfat, berbeda dengan sodium garam dapur. Kandungannya akan meningkatkan kadar magnesium dalam darah karena mampu diserap melalui kulit. Cara menggunakannya yaitu:


  • Tuangkan air hangat ke dalam wadah hingga menutupi kaki.
  • Tambahkan 1/2 cangkir garam Epsom ke dalamnya.
  • Rendam kaki selama 30-60 menit.
  • Jika ingin lebih rileks, tambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalamnya.
  • Jika sudah, keringkan kaki dan oleskan lotion agar kaki tidak iritasi.

Menurut laman Top 10 Home Remedies, kandungan magnesium di dalam garam Epsom dapat mengeluarkan racun dan menstimulasi sel kulit yang sehat.


  1. Alpukat

Selain virgin coconut oil dan garam Epsom, buah alpukat ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit tumit yang kasar atau pecah-pecah. Alpukat adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin A, vitamin E, omega, asam lemak, dan nutrisi lainnya yang dapat mempercepat penyembuhan kulit kaki pecah-pecah.

Caranya, campurkan buah alpukat dengan pisang dan madu. Haluskan dan campurkan seluruh bahan-bahan tersebut, lalu oleskan pada kulit kaki yang kasar atau pecah-pecah. Biarkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.


  1. Vaseline

Produk yang terbuat dari petroleum jelly ini telah dikenal sejak lama untuk melembapkan kulit. Selain sebagai lip balm, Vaseline juga bisa membantu menghaluskan tumit kaki. Kandungan petroleum jelly di dalamnya akan membentuk lapisan pelindung dan mengunci kelembapan serta mencegah kehilangan air pada kulit.


Kamu hanya perlu mengoleskan Vaseline pada kulit kaki yang pecah-pecah sehabis mandi. Sebaiknya gunakan sebelum tidur agar dapat menyerap ke dalam kulit dengan maksimal.

Jika tumit kasar dibiarkan terlalu lama maka akan memicu pecah-pecah. Karena itu, tak ada salahnya melakukan beberapa cara diatas untuk mencegah maupun mengatasi tumit kaki kasar. 


Apalagi bahan-bahan tersebut adalah bahan alami yang aman dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Kamu bisa mendapatkan virgin coconut oil melalui Healthy Choice yang sudah pasti teruji kualitasnya. Jadi, mampir dulu di sini dan selamat mencoba!

 

Baca juga: Resep DIY Masker Rambut dengan Menggunakan Virgin Coconut Oil (VCO)

Baca juga: Mengenal Perbedaan Minyak Kelapa dan VCO. Benarkah Berbeda?


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published