6 Tips Hidup Sehat Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Pancaroba

Hidup Sehat

Musim pancaroba identik dengan hadirnya banyak penyakit. Seperti demam berdarah, flu, tifus, dan diare yang cukup banyak terjadi selama pergantian musim. Ini karena kondisi cuaca selama pergantian musim jadi tidak menentu. Matahari bisa saja terasa begitu terik saat siang hari, lalu tiba-tiba hujan deras pada sore atau malam hari. belum lagi dengan tiupan angin yang lebih kencang dibanding biasanya.

Akibatnya, daya tahan tubuh pun harus optimal. Kalau tidak, maka tubuh akan kesulitan beradaptasi di tengah perubahan cuaca. Kamu pun jadi rentan sakit, nah berikut ini tips sehat selama musim pancaroba.

  • Konsumsi Makanan Bernutrisi
  • Kita perlu makanan yang bergizi agar sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik untuk melawan penyakit. Oleh karenanya, konsumsi menu makan sehat yang bergizi seimbang sangatlah membantu.

    Penelitian juga mengakui bahwa orang yang kurang gizi lebih rentan terkena penyakit menular. Jadi mulai sekarang, yuk perbanyak makan sayur dan buah! Selain itu batasi makanan berlemak tinggi dan cepat saji.

  • Cukup Minum
  • Selain menu makan sehat, kamu juga harus memastikan kebutuhan cairan harian tubuh terpenuhi. Jangan sampai tubuh kurang cairan, karena dapat menyebabkan dehidrasi. Tetap minum delapan gelas setiap hari. Kurangi minuman bersoda, kafein, dan tinggi gula, karena menyebabkan perut mudah kembung.

  • Cukup Tidur
  • Harvard Health menyebutkan, salah satu cara paling tepat untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan cukup tidur. Artinya, kamu harus tidur selama 7-9 jam setiap malam. Saat tidur, tubuh akan melakukan pemulihan dan perbaikan fungsi-fungsi penting, termasuk sistem imun tubuh.

    Penelitian juga menunjukkan bahwa seseorang yang kurang tidur selama satu malam saja kekebalan tubuhnya dapat berkurang hingga 70%.

    ​​Hidup Sehat
    Sumber foto: Google
  • Kelola Stres
  • Tips sehat saat pancaroba berikutnya yaitu kelola stres dengan baik. Sebab, stres juga memengaruhi kekebalan tubuh, terutama saat ada peristiwa yang mengkhawatirkan di lingkungan sekitar. Cobalah lakukan hal-hal yang membuatmu rileks, seperti meditasi, yoga, membaca, mendengarkan musik, menonton, atau bermain dengan hewan peliharaan.

    Kalau cara tersebut tidak membantu, mungkin kamu butuh bantuan psikolog. Kamu bisa mendapatkan bantuan dari professional untuk meredakan stres.

  • Olahraga
  • Olahraga juga bisa membantu menjaga fungsi tubuh. Karena olahraga mampu mengurangi peradangan dan mendukung sel-sel tubuh dalam melawan infeksi. Kalau kamu bekerja dari rumah, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar tetap berkeringat.

    Lakukan gerakan seperti push-up, burpee, lunges, dan lainnya untuk melatih otot tubuh meski tanpa peralatan. Sebagai informasi, endorphin dari olahraga dapat membantu mengurangi stres.

  • Jagalah Kebersihan Diri dan Lingkungan
  • Kebersihan diri dan lingkungan juga wajib kamu jaga untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Cara paling mudah yang bisa dilakukan yaitu dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun selama 20 detik, dan bersihkan juga area tempat tinggalmu.

    Segera bersihkan sampah yang masih menumpuk di selokan. Jangan lupa, ikat rapat semua sampah dan tutup tempat penampungan air supaya tidak menjadi sarang nyamuk.

    Hewan-hewan pembawa virus dan bakteri suka tinggal di tempat yang kotor. Tentu saja ini membuatmu mudah terserang penyakit.

    Itu dia beberapa tips sehat yang bisa kamu ikuti untuk menjaga daya tahan tubuh saat pergantian musim. Ingin menerapkan pola hidup sehat dengan memasak sendiri makanan bergizi di rumah? Sekarang kamu bisa belanja dengan lebih praktis lewat Healthy Choice, langsung klik di sini yuk!

     

    Baca juga: Sebaiknya Berapa Kali Olahraga Dalam Seminggu untuk Hidup Sehat? Yuk, Cari Tahu

    Baca juga: Deretan Jenis Gandum Penuh Gizi yang Bermanfaat untuk Pola Hidup Sehat


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published