Amankah Bayi Pakai Virgin Coconut Oil di Rambut Seharian?

Amankah Bayi Pakai Virgin Coconut Oil di Rambut Seharian?

Sebagai orangtua mungkin anda akan khawatir ketika melihat kulit kepala bayi baru lahir yang berkerak atau bersisik. Selain itu, terkadang kulit kepala bayi juga bisa terlihat memiliki bercak kuning atau putih, yang biasanya berada di bawah rambut, di belakang telinga, dahi, atau lipatan kulit.


Tenang saja, Anda tak perlu panik berlebihan. Karena hal tersebut umum terjadi dan biasanya kondisi tersebut dikenal dengan cradle cap dan ini tidak berbahaya, meski Anda mungkin risih melihatnya. Nah, untuk membantu mengatasinya, Anda bisa coba memberikan minyak kelapa atau VCO (virgin coconut oil).


Apakah Boleh Menggunakan Minyak VCO di Rambut Bayi?

virgin coconut oil

Sumber foto: Google


Minyak kelapa atau virgin coconut oil (VCO) dapat membantu melembapkan kulit kering dan bersisik, dan dapat melonggarkan serpihan cradle cap dan menyehatkan kulit kepala bayi. Mengutip dari Healthline, minyak VCO juga memiliki sifat antibakteri alami yang dapat membantu mengobati infeksi kulit kering. Terutama pada bayi yang baru lahir karena masih sensitif.


Sehingga Anda bisa mengoleskannya sebelum bayi mandi agar cradle cap-nya cepat hilang. Namun, bagaimana jika penggunaan minyak VCO semalaman, apakah aman? Pastinya, jangan biarkan minyak kelapa atau VCO semalaman di kulit kepala bayi. Pasalnya hal ini dapat menyumbat kelenjar minyak dan justru memperburuk kondisi cradle cap. Ada baiknya dibilas usai dioleskan ke kulit kepala dan biarkan meresap selama 10 hingga 15 menit. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut tata caranya.


  • Memandikan bayi menggunakan air hangat.
  • Setelah usai dimandikan, bungkus dengan handuk agar tidak kedinginan.
  • Panaskan sedikit minyak VCO dalam mangkuk, pastikan tidak terlalu panas.
  • Oleskan tipis minyak kelapa ke kulit kepala bayi dan pijat perlahan selama sekitar satu menit.
  • Biarkan minyak meresap selama 10 hingga 15 menit.
  • Kemudian, kembalikan bayi ke bak mandi dan cuci minyak dari rambutnya dengan sampo bayi yang lembut. 
  • Penggunaan minyak VCO yang tepat, hal ini aman dilakukan. 

Bisa Menggunakan Minyak Zaitun untuk Menghilangkan Cradle Cap

Selain mengandalkan minyak kelapa atau virgin coconut oil (VCO), Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan cradle cap. Mengutip dari The Bump, selain melembutkan serpihan kulit, minyak zaitun juga membuat cradle cap lebih mudah untuk disikat, dan juga membantu menenangkan kulit dan mengurangi peradangan.


Setelah membilas minyak dengan sampo bayi, jangan lupa untuk disikat kembali. Pastikan menggunakan sampo khusus untuk cradle cap yang mengandung Beta Hydroxy Acid (BHA) dan asam salisilat untuk mengelupaskan patch, dan climbazole. Jika cradle cap sulit dihilangkan dan mengganggu, ada baiknya konsultasi pada dokter.


Pastikan Anda mengikuti cara diatas dan ingat, jangan berlebihan dalam menggunakan minyak VCO untuk menghilangkan cradle cap. Gunakan secukupnya agar lebih aman dan nyaman. Jika Anda ingin mendapatkan minyak VCO, Anda bisa berkunjung ke Healthy Choice, atau klik di sini. Anda bisa mendapatkan minyak VCO terbaik dan berbagai bahan makanan sehat untuk kebutuhan setiap hari.

 

Baca juga: Mengenal Perbedaan Minyak Kelapa dan VCO. Benarkah Berbeda?

Baca juga: 5 Manfaat Virgin Coconut Oil (VCO) : Menutrisi Tubuh dari Luar-Dalam


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published