Benarkah Berbahaya? Tren Pakai Virgin Coconut Oil (VCO) sebagai Sunscreen

Benarkah Berbahaya? Tren Pakai Virgin Coconut Oil (VCO) sebagai Sunscreen

Selain untuk memasak, VCO (virgin coconut oil) alias minyak kelapa juga sudah banyak digunakan dalam dunia kecantikan. Hal ini tidak lepas dari berbagai kandungan di dalamnya yang terbukti bermanfaat untuk kesehatan kulit. Dalam dunia kecantikan, minyak kelapa biasa dijadikan sebagai pembersih make up, mengatasi dark circle, bahkan sebagai sunscreen


Namun ternyata, banyak ahli justru tidak menyarankan penggunaan VCO sebagai sunscreen. Meski beberapa jenis minyak alami terbukti mengandung SPF, namun kadarnya masih sangat rendah. Sehingga, tidak direkomendasikan untuk diandalkan sebagai perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB.


Penggunaan Minyak Kelapa sebagai Sunscreen Tak Disarankan, Mengapa?

Dokter kulit di Shafer Clinic, New York, Amerika Serikat, mengatakan bahwa minyak kelapa mungkin terkadang memberikan hasil yang baik, dan karena itulah informasi tersebut banyak tersebar di media sosial. Namun, hal ini tidak didukung oleh penjelasan dari ilmu kedokteran maupun dermatologis.


Selain itu, penggunaan VCO sebagai sunscreen dikhawatirkan menjadi viral dan tren yang kemudian menyebabkan korban. Dokter kulit di CompleteSkinMD, New York, Amerika Serikat, Dr. Elizabeth mengatakan tren ini pun cukup dikhawatirkan, sebab minyak dapat menyerap sinar matahari yang justru membuat kulit menjadi panas. Hal ini seperti penggunaan minyak goreng dalam proses memasak. 


Saat minyak dioleskan, panas pada kulit akan meningkat ketika terpapar cahaya matahari, sehingga bisa mengakibatkan luka bakar hingga kerusakan kulit. Dengan kata lain, penggunaan VCO (virgin coconut oil) sebagai sunscreen justru dapat membahayakan kesehatan kulit.


Apalagi jika minyak yang digunakan sebagai sunscreen adalah buatan sendiri, tentunya tidak mempunyai filter terhadap UVA dan UVB. Selain itu, minyak buatan sendiri juga kehilangan formula pentingnya ketika terpapar cahaya matahari. Minyak alami juga sangat cepat teroksidasi saat terpapar sinar matahari. Akhirnya, jika menggunakan minyak kelapa buatan rumah sebagai sunscreen alih-alih melindungi kulit, justru malah membahayakan.


Kadar SPF yang Disarankan untuk Melindungi Kulit 

virgin coconut oil

Sumber foto: Google


American Academy of Dermatology Association menyarankan agar menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30, yang merupakan kadar minimum untuk melindungi kulit dari sinar UV. Sementara minyak alami yang sering dimasukkan ke dalam berbagai tips sehat ini hanya mengandung SPF 8 saja. Karena itulah, minyak kelapa tidak mampu melindungi kulit secara optimal.


Berbagai minyak alami memang sering digunakan oleh pelaku pola hidup sehat, baik untuk memasak maupun yang lainnya, namun ingat minyak ini tidak dapat diandalkan sebagai sunscreen. Meski begitu, VCO (virgin coconut oil) tetap memiliki berbagai manfaat lain yang bagus bagi kesehatan kulit. 

Sebagai gantinya, kamu bisa mengaplikasikan minyak kelapa sebelum menggunakan sunscreen. Cara ini akan menambah kadar antioksidan ke dalam perawatan, sehingga membantu mencegah penuaan dini dan kerusakan kulit.


Itulah penjelasan tentang penggunaan minyak kelapa sebagai sunscreen. Agar kesehatan dan kecantikan kulit tetap terjaga, sebaiknya selalu terapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, memperbanyak minum air putih, dan rutin berolahraga. 


Sekarang kamu bisa merasakan berbagai manfaat minyak kelapa untuk kecantikan kulit secara langsung dengan membelinya di Healthy Choice. Selain lebih praktis, VCO (virgin coconut oil) di Healthy Choice juga memiliki kualitas terbaik dan organik. Masih ragu?  Yuk langsung cek produknya di sini!

 

Baca juga: Benarkah Menambahkan Virgin Coconut Oil (VCO) saat Memasak Nasi Bisa Kurangi Karbohidrat

Baca juga: Kegunaan VCO (Virgin Coconut Oil) Jaga Stamina Tubuh


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published