Benarkah Jahe Merah Dapat Menekan Nafsu Makan? Ini Fakta Menurut Penelitian

jahe merah

Kamu sedang diet? Membatasi asupan makan, menjaga pola hidup sehat, dan olahraga secara rutin bisa kamu lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal. Namun, beberapa orang mungkin merasa sangat sulit untuk melakukannya. Apalagi kalau kamu termasuk orang yang sulit mengontrol nafsu makan.

Namun, ternyata ada beberapa makanan yang bisa membantu kamu untuk mengurangi nafsu makan. Salah satunya yaitu jahe.

Bagaimana Jahe Dapat Mengurangi Nafsu Makan?

Selama ini jahe dikenal sebagai salah satu rempah-rempah yang biasa dijadikan sebagai bumbu masakan dan obat herbal. Dari beberapa jenis, jahe merah populer dijadikan sebagai minuman untuk mengurangi rasa mual dan muntah hingga detoksifikasi tubuh.

Namun selain manfaatnya tersebut, penelitian juga menunjukkan bahwa jahe bisa membantu meredakan nafsu makan.

Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2012 dalam jurnal Metabolism, menyebutkan bahwa jahe mampu meningkatkan rasa kenyang sehingga mengurangi nafsu makan.

Dalam penelitian tersebut, para partisipan diminta untuk sarapan dengan 2 gram bubuk jahe yang dilarutkan dalam air panas. Hasilnya, jahe dapat mengurangi rasa lapar setelah makan hingga enam jam.

Berdasarkan penelitian yang melibatkan 10 orang pria itu, dapat disimpulkan bahwa jahe mampu membantu menurunkan berat badan karena membuat rasa kenyang lebih lama.

Penelitian tersebut mengacu pada efek termogenik jahe. Artinya, jahe bisa meningkatkan suhu tubuh menjadi lebih panas. Sehingga, jumlah kalori yang digunakan untuk mencerna makanan juga meningkat. Namun, efek jahe pada nafsu makan ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, ya.

Tapi, tidak ada salahnya kan untuk mencoba cara ini? Selain mengonsumsi menu makan sehat setiap hari, kamu juga bisa minum air jahe hangat setelah sarapan. Lagipula, jahe juga memiliki manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh.

Tapi ingat, barengi pula dengan pola hidup sehat dan rutin berolahraga. Selain itu, pastikan kebutuhan nutrisi kamu, seperti protein, vitamin, mineral, karbohidrat, dan lemak selalu terpenuhi. Dengan begitu, berat badan kamu akan turun dengan cara sehat.

Rempah Lainnya untuk Mengurangi Nafsu Makan

jahe merah

Sumber foto: Google

Selain jahe, ternyata masih ada rempah lainnya yang bisa membantu mengurangi nafsu makan. Rempah-rempah ini mengandung capsaicin. Sudah tahu apa jenis rempahnya? Yup betul! Cabai dan merica dapat mengurangi nafsu makan.

Manfaat ini berdasarkan penelitian tahun 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Chemical Senses. Capsaicin dalam cabai dan merica mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan mempunyai efek termogenik, sama seperti jahe.

Sehingga, kalori dalam tubuh akan terbakar dengan lebih optimal saat mencerna makanan. Saat tubuh membakar kalori lebih banyak, kamu pun akan lebih kenyang setelah makan. Dengan begitu, nafsu makan ikut berkurang.

Sudah Menjaga Pola Hidup Sehat tapi Berat Badan Terus Naik?

Berat badan kamu terus naik padahal sudah mengonsumsi menu makan sehat yang seimbang? Sudah cek camilan kamu belum? Camilan juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan, lho. Apalagi kalau camilannya tinggi gula dan lemak.

Alih-alih keripik yang tinggi garam, kamu bisa menjadikan kentang rebus sebagai camilan. Mengganti cake dengan potongan buah segar juga tidak kalah enaknya, kok.

Nah, agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan nafsu makan kamu terkontrol, tidak ada salahnya untuk minum teh jahe merah. Apalagi sekarang sudah banyak teh jahe merah kemasan yang praktis untuk dibawa kemanapun dan bisa dikonsumsi kapanpun.

Salah satunya ekstrak jahe merah dari Healthy Choice. Ingin tahu lebih jauh tentang produknya? Langsung cek di sini yuk!

 

Baca juga: Dipercaya Dapat Atasi Anosmia dan Gejala-gejalanya, Ini Fakta Seputar Jahe untuk Hidup Sehat

Baca juga: Mudah Banget! 6 Cara Mengolah Jahe Merah untuk Perawatan Kulit dan Rambut


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published