Rekomendasi Jenis Kacang yang Bisa Kamu Dijadikan Camilan Sehat

Camilan Sehat

Kacang merupakan makanan nabati yang biasanya dimasukkan ke dalam menu makan sehat saat diet. Ini karena kacang kaya akan nutrisi dan serat, sehingga mengenyangkan.

Di dunia ini ada banyak sekali jenis kacang-kacangan. Beberapa diolah menjadi produk susu nabati, camilan sehat, atau bahkan diolah menjadi tepung.

Nah, berikut ini beberapa jenis kacang yang rasanya enak namun dapat dijadikan sebagai camilan sehat. Apa saja?

  • Kacang Almond
  • Kamu pasti sudah tidak asing dengan kacang almond. Kacang satu ini bisa dijadikan camilan karena rendah kalori. Dalam 100 gram kacang almond hanya mengandung 160 kalori saja.

    Selain itu, mengonsumsi kacang almond juga dapat membantu mengurangi kolesterol, menurunkan risiko penyakit jantung. Kacang almond juga tinggi kandungan vitamin E, vitamin B2, serat, dan biotin.

  • Kacang Kenari
  • Di antara jenis kacang lainnya, kacang kenari mengandung antioksidan paling tinggi. Selain camilan diet, kamu juga bisa menambahkannya ke dalam berbagai macam resep. Mulai dari hidangan manis hingga asin.

    Kacang kenari mengandung lemak tak jenuh yang sangat bagus untuk tubuh. Jenis lemak sehat ini bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung.

    Mengonsumsinya juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kolesterol jahat (LDL). Bukan itu saja, kacang kenari juga mengandung asam alfa-linolenat omega-3 nabati, yang mampu mensintesis asam lemak omega-3 rantai panjang, EPA dan DHA.

    Mengonsumsi makanan yang tinggi asam lemak omega-3 bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler.

    Camilan Sehat

    Sumber foto: Google

  • Kacang Tanah
  • Jenis kacang satu ini sangat mudah ditemui. Saat menjadikan kacang tanah garing sebagai camilan sehat, kamu akan mendapatkan 6.7 gram protein, 2.3 gram serat, dan 166 kalori.

    Mengonsumsi kacang tanah dapat membantu menurunkan risiko stroke karena kandungan antioksidan di dalamnya akan mendorong produksi alami oksida nitrat. Dengan begitu, pembuluh darah dalam tubuh pun melebar.

    Namun untuk mencegah penyakit kronis ini, kamu juga perlu menerapkan pola hidup sehat seperti rutin berolahraga.

  • Kacang Pecans
  • Pecans mengandung sterol, yaitu senyawa alami yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, kacang satu ini juga tinggi antioksidan, vitamin B, dan asam oleat.

    Bahkan, kacang pecans disebut dapat membantu mengatasi kerontokan rambut. Sebab, pecans juga mengandung zat besi. Jika kekurangan zat besi, maka dapat memicu anemia. Jika tidak diatasi dengan segera, anemia bisa menimbulkan berbagai gejala, salah satunya rambut rontok.

    Karena itulah, mengonsumsi kacang pecans secara rutin dapat mengurangi rambut rontok secara alami. Namun, untuk mengatasi rambut rontok, kamu juga harus menghindari penggunaan produk perawatan rambut kimia yang berlebihan.

  • Kacang Pistachio
  • Pistachio kaya vitamin B6, tembaga, dan mangan, namun rendah kalori serta lemak. Beberapa studi membuktikan bahwa mengonsumsi kacang pistachio dapat menjaga kesehatan jantung, memperpanjang usia dan mengontrol berat badan. Karena itulah, kacang pistachio bagus dijadikan camilan diet.

    Selain itu, kandungan antioksidan jenis lutein dan zeaxanthin yang tinggi di dalamnya bagus untuk menjaga kesehatan mata. Antioksidan juga menurunkan risiko kanker serta mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

  • Kacang Brazil
  • Kacang Brazil mungkin belum populer di Indonesia. Namun, memasukkan kacang Brazil ke dalam menu makan sehat adalah pilihan sempurna bagi pria karena dapat mencegah kanker prostat.  Khasiat ini berkat kandungan selenium dan mineral di dalamnya.

    Itulah beberapa jenis kacang yang bisa dijadikan sebagai pilihan camilan sehat. Meski begitu, kamu juga perlu menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

    Ingin camilan diet yang sehat tapi enak? Yuk langsung ke Healthy Choice! Di sini juga tersedia beberapa jenis kacang-kacangan sebagai pilihan camilan sehat lho.

     

    Baca juga: Daftar Makanan Sehat yang Diolah dari Kacang-kacangan

    Baca juga: Berbahan Dasar Chia Seed, Camilan Sehat ini Wajib Dihidangkan saat Diet


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published