Benarkah Minyak Zaitun Berkhasiat Meredakan Sembelit? Cek Faktanya

minyak zaitun

Minyak zaitun dikenal sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung, rambut, dan kulit. Namun selain itu, ternyata minyak alami ini juga berkhasiat untuk mengatasi sembelit alias susah BAB. Bagaimana caranya? Yuk, simak manfaat minyak zaitun untuk mengobati sembelit berikut ini.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Mengatasi Sembelit

Dikenal juga dengan nama olive oil, minyak yang terbuat dari ekstrak buah zaitun ini biasa digunakan untuk memasak atau bahan dasar pembuatan kosmetik. Namun pada 2015 lalu, studi pada Journal of Renal Nutrition membuktikan bahwa minyak ini mampu mengatasi sembelit.

Sembelit sendiri adalah gangguan pencernaan yang bukan hanya menyebabkan susah BAB, tapi juga menimbulkan gejala perut kembung dan mulas. Beberapa penyebabnya yaitu karena kekurangan serat, kebiasaan menahan BAB, dan malas olahraga.

Setelah ditelusuri lebih jauh, manfaat minyak zaitun untuk sembelit, antara lain:

  1. Melumasi Lapisan Usus

Bahan aktif di dalam minyak satu ini bekerja seperti obat sembelit. Minyak akan melumasi lapisan usus sehingga makanan bisa bergerak dengan lebih mudah melewati usus besar.

  1. Mendorong Usus untuk Bergerak Lebih Cepat

Sembelit diakibatkan oleh usus yang bergerak lambat. Nah, vitamin E, K, antioksidan, omega 3, dan asam lemak dari olive oil mampu merangsang pergerakan usus. Semakin besar kontraksinya, kotoran yang tersumbat di usus akan terdorong dan dikeluarkan dari tubuh.

  1. Fungsi Kantung Empedu Meningkat

Minyak satu ini kaya akan kandungan lemak. Lemak tersebut berfungsi mendorong kantung empedu untuk melepaskan enzim pencernaan. Dengan begitu, makanan yang masuk pun lebih cepat dicerna. Selain itu, minyak ini juga dapat menangkal efek stres oksidatif yang mempengaruhi produksi empedu.

  1. Mencegah Peradangan

Infeksi dan luka pada lapisan dinding perut bisa disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Jika kondisi tersebut terjadi, salah satu gejala yang ditimbulkan adalah sembelit.

Minyak alami satu ini diketahui tetap stabil saat berada di dalam pencernaan yang asam akibat bakteri itu. Ini membuka peluang lemak tak jenuh dari olive oil untuk memperkuat lapisan lendir pada usus yang melemah.

Bagaimana Cara Mengobati Sembelit dengan Minyak Zaitun?

Kalau kamu ingin mengobati sembelit dengan olive oil, gunakan beberapa cara berikut ini.

minyak zaitun

Sumber foto: Google

  1. Konsumsi Secara Langsung

Mengonsumsi satu sendok makan minyak zaitun setiap pagi, saat perut masih kosong. Lakukan pula pada malam hari sebelum tidur. Ikuti cara satu ini setiap hari selama beberapa minggu hingga kamu merasa lancar buang air besar.

  1. Campurkan dengan Minuman Sehari-hari

Kalau kamu tidak suka menelan minyak zaitun secara langsung, mencampurkannya ke dalam minuman sehari-hari juga boleh kok. Kombinasikan minyak satu ini dengan minuman sehat, seperti:

  • Susu dan Minyak Zaitun
  • Campurkan minyak zaitun dengan susu hangat. Cara ini bisa membantu melunakkan feses. Minuman ini juga memberi efek kelembaban pada usus sehingga mengurangi rasa sakit saat mengejan.

  • Kopi dan Minyak Zaitun
  • Tambahkan dua sendok gula minyak zaitun ke dalam secangkir kopi di pagi hari. Kopi dan kandungan di dalam minyak zaitun berperang sebagai pencahar alami untuk mengatasi sembelit. Selain itu, kopi juga merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu membersihkan usus besar.

  • Jus Buah dan Sayuran
  • Smoothies dari buah dan sayur sangat kaya akan serat, tapi jangan lupa tambahkan dua sendok makan olive oil pada setiap gelasnya. Serat dari sayuran dan buah akan membantu BAB jadi lebih teratur dan lancar.

    Itu dia cara mengatasi sembelit dengan olive oil. Nah, sekarang kamu tinggal mendapatkan minyak zaitun berkualitas di Healthy Choice. Tunggu apalagi? Yuk cek sekarang juga!

     

    Baca juga: 5 Cara Alami Turunkan Demam dengan Minyak Zaitun yang Mudah dan Ampuh

    Baca juga: Ini Aturan Penggunaan Minyak Zaitun untuk Menunjang Kesehatan Si Kecil


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published