Benarkah? Rajin Konsumsi Kacang Hijau Organik Saat Hamil Membuat Rambut Bayi Lebat

kacang hijau organik

Kacang hijau organik memiliki kandungan gizi yang baik untuk ibu hamil. Itu sebabnya banyak orang percaya bahwa makan kacang hijau saat hamil bisa membuat rambut bayi lebat. Tentu saja anggapan ini didasari dengan informasi mengenai kandungan nutrisi pada kacang hijau yang tinggi dan dipercaya baik untuk mendukung tumbuh kembang janin. Lalu, apakah benar secara medis?


Bayi yang lahir dengan rambut lebat memang lucu dan menggemaskan. Tak heran bila banyak ibu hamil melakukan segala cara agar buah hatinya lahir dengan rambut yang lebat. Mulai dari minum ramuan tradisional hingga konsumsi jenis makanan sehat tertentu, seperti kacang hijau organik.


Beragam Manfaat dan Kandungan Nutrisi Kacang Hijau bagi Kehamilan

Saat memasuki usia kehamilan, Bumil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat secara teratur agar tumbuh kembang janin berjalan optimal. Asupan nutrisi yang tercukupi juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh Bumil dan menambah berat badan saat hamil.


Salah satu makanan sehat yang baik dikonsumsi saat hamil adalah kacang hijau organik. Pasalnya kacang hijau kaya akan folat sehingga sangat baik untuk asupan saat hamil guna mencegah bayi mengalami cacat bawaan lahir, seperti spina bifida dan anensefalus.


Dengan mengonsumsi 1 cangkir (200 gram) kacang hijau sudah cukup memenuhi 40% asupan folat yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Tak hanya itu saja, kacang hijau juga mengandung antioksidan dan beragam nutrisi lain yang baik untuk tumbuh kembang janin, seperti:


  • Protein dan asam amino.
  • Karbohidrat.
  • Serat.
  • Vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin C, dan vitamin K
  • Beragam mineral, seperti mangan, fosfor, magnesium, kalium, selenium, kalsium, zinc dan zat besi.

Fakta Mengonsumsi Kacang Hijau Saat Hamil Membuat Rambut Bayi Sehat

kacang hijau organik

Sumber gambar: Google

Kacang hijau organik baik dikonsumsi untuk mendukung proses pertumbuhan kembang janin. Akan tetapi hingga saat ini belum ada penelitian yang secara spesifik membuktikan bahwa makanan sehat ini membuat rambut bayi menjadi lebih lebat.


Pada dasarnya, belum ada cara yang terbukti benar-benar efektif untuk membuat rambut bayi lebat ketika lahir. Perlu diketahui bahwa warna, bentuk, dan jumlah rambut bayi saat lahir sebagian besar ditentukan oleh faktor genetik atau keturunan.


Saat lahir, umumnya bayi akan mengalami kerontokan rambut hingga usianya sekitar 6 bulan. Hal ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon di dalam tubuhnya. Jadi, anda tak perlu khawatir karena kerontokan rambut bayi merupakan hal yang normal, dan seiring bertambahnya usia bayi, rambut akan tumbuh dengan sendirinya.


Kesimpulannya adalah, mengonsumsi kacang hijau saat hamil tidak akan membuat rambut bayi lebat, dan hal ini hanyalah mitos belaka. Meski demikian, kacang hijau organik tetap baik dikonsumsi ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan nutrisi janin.


Perlu diingat, jangan sampai keinginan untuk memiliki bayi berambut tebal membuat Bumil mengabaikan asupan makanan sehat lainnya. Apapun bentuk rambut bayi nantinya yang paling penting adalah ia lahir dalam keadaan sehat. Jadi, pastikan ibu hamil rutin mengonsumsi makanan sehat. Selain itu rutin berolahraga, istirahat cukup dan hindari merokok maupun minuman beralkohol agar kesehatan janin dan Bumil tetap terjaga dengan baik.


Untuk memenuhi kebutuhan gizi dengan kacang hijau organik setiap hari, kini lebih mudah dan praktis. Anda bisa membelinya melalui Healthy Choice. Klik di sini untuk mendapatkan produk kacang hijau organik terbaik dan berbagai produk makanan sehat  lainnya.

 

Baca juga: Manfaat Kacang Hijau Organik untuk Anak yang Tak Boleh Dilewatkan

Baca juga: Kacang Hijau Organik: Ini Tips Sehat dan Cantik yang Berguna untuk Wajah


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published