Bisa Jadi MPASI untuk Bayi, Ini Resep Bubur Kacang Hijau Praktis dan Muda

kacang hijau

Apakah Anda sedang mencari resep MPASI untuk si kecil? Jika ya, Anda wajib simak artikel berikut ini. Memasuki masa MPASI, sering kali dibuat bingung ketika harus menentukan menu sehat apa yang bisa disajikan untuk si kecil. Terlebih banyak pilihan bahan makanan yang bisa diolah sebagai menu MPASI yang sehat. 


Meskipun semua menu MPASI terbilang sehat, namun terkadang ada saja menu MPASI yang tidak cocok pada si kecil. Hal ini bisa dilihat dari efek samping yang ditimbulkan. Salah satunya, perut kembung pada si kecil, intensitas BAB yang tidak normal atau gangguan pencernaan. Itu sebabnya, sebagian orang tua akan selalu mencari resep MPASI yang baik untuk si kecil.


Menu MPASI dari Kacang Hijau Organik

Salah satu makanan yang direkomendasikan untuk bahan MPASI adalah kacang hijau organik. Sekalipun anak-anak sudah besar, Anda bisa nyetok kacang hijau untuk diolah menjadi beragam makanan sehat.


Kacang hijau organik bisa jadi pilihan yang tepat untuk MPASI si kecil, pasalnya jenis kacang ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kemabng bayi. Tak heran bila pemeriksaan bayi di Posyandu, seringkali sudahnya diberikan makanan bubur kacang hijau.


Dikutip dari Solid Starts, kacang hijau merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh si kecil. Kacang hijau juga kaya akan vitamin A, C, K, serta B kompleks. Bahkan di dalam kacang hijau sendiri terdapat kandungan kalsium, magnesium, fosfor, kalium, zinc, asam folat, niasin, dan riboflavin.


Sebagai sumber protein, kacang hijau tak kalah bergizi dibandingkan protein hewani seperti ikan atau ayam. Bahkan menurut laman Parenting Healthy Baby, dalam 100 gram kacang, terdapat 23 gram protein, di mana jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa protein hewani lainnya.


Itu artinya, kandungan protein kacang hijau organik sangat penting untuk membantu perkembangan otot, saraf, dan organ bayi. Disamping itu, kacang hijau juga kaya akan kandungan serat yang mudah dicerna oleh tubuh bayi serta baik untuk saluran pencernaannya. 


Bayi yang mengonsumsi kacang hijau secara rutin kemungkinan lebih tinggi terhindar dari masalah sembelit. Selain itu, kandungan vitamin C serta B kompleks pada kacang hijau pun dapat meningkatkan sistem imun serta metabolisme si kecil. Sehingga buah hati tak mudah terkena virus atau bakteri penyebab penyakit. Oleh karenanya kacang hijau seringkali dijadikan menu MPASI dengan berbagai kreasi.


Resep Bubur Kacang Hijau untuk MPASI Si Kecil

kacang hijau

Sumber foto: Google


Dalam membuat resep bubur kacang hijau untuk MPASI, Anda bisa melakukannya di rumah, dan pastinya mudah sekali.


Bahan-bahan


  • 50 gram jagung manis
  • 50 gram kacang hijau organik, kupas
  • 100 ml ASI susu formula

Langkah-langkah Membuat MPASI

  • Rebus kacang hijau serta jagung sampai teksturnya menjadi empuk
  • Aduk merata kacang hijau dan jagung agar tidak gosong.
  • Jika sudah matang, angkat, lalu tunggu sampai sedikit dingin.
  • Tambahkan ASI atau susu formula pada bubur kacang hijau.
  • Apabila tekstur bubur masih kurang halus, Anda bisa kembali menghaluskannya dengan saringan, food processor, maupun blender.
  • Jika sudah dirasa halus, Anda bisa langsung mencampurkan bahan-bahan tersebut dan sajikan.


Itu dia manfaat kacang hijau organik yang baik untuk si kecil yang bisa diolah menjadi MPASI sehat. Untuk membuat MPASI diatas juga cukup mudah dan praktis. Pastikan sebelum mengolahnya untuk merendam kacang hijau semalam dan mencucinya agar lebih bersih dan pulen.

Nah, jika Anda butuh kacang hijau organik yang baik dan berkualitas untuk bahan MPASI, kunjungi Healthy Choice, atau klik di sini untuk berbelanja.

 

Baca juga: Selain Kesehatan, Ini Khasiat Kacang Hijau Organik untuk Kecantikan Dirimu

Baca juga: Dikenal Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Rebusan Air kacang Hijau Organik


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published