Bisa Mengobati Infeksi Kulit Jamur, Ini Kandungan Sehat Virgin Coconut Oil (VCO)

Virgin Coconut Oil

VCO (Virgin Coconut Oil) alias minyak kelapa adalah salah satu bahan alami yang mengandung segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya yaitu membantu mengobati infeksi kulit akibat jamur. Selain itu, minyak kelapa juga mampu mencegah kerusakan gigi dan gusi berdarah.

Namun, apakah benar kandungan VCO seampuh itu? Berikut ini penjelasan tentang manfaat minyak kelapa dalam mengobati infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur. Simak baik-baik, ya!

Bagaimana Cara Minyak Kelapa Mengobati Infeksi Kulit Akibat Jamur?

Selain memicu rasa gatal yang membuat tidak nyaman, infeksi jamur di kulit juga menyebabkan sensasi panas di area yang terinfeksi. Gangguan kesehatan ini sebetulnya bisa diatasi dengan mudah menggunakan krim antijamur yang tersedia di pasaran. Namun, kalau kamu ingin mengobati infeksi kulit akibat jamur secara alami, VCO (Virgin Coconut Oil) bisa menjadi jawabannya.

Banyak orang yang lebih memilih bahan alami untuk mencegah risiko efek samping akibat penggunaan obat-obatan kimia. VCO memiliki kandungan asam lemak rantai sedang (MCT) yang mudah diserap hati dan metabolisme.

Selain itu, minyak yang kerap dijadikan alternatif pengganti minyak sawit dalam pola hidup sehat ini juga bersifat antijamur dan antibakteri. Dengan begitu, minyak kelapa mampu meredakan berbagai infeksi pada kulit.

Menurut sebuah penelitian, kandungan MCT di dalamnya efektif dalam mengatasi infeksi jamur Candida albicans. Bahkan, hasil penelitian tersebut juga membuktikan bahwa pengobatan dengan minyak kelapa lebih efektif dibandingkan krim antijamur fluconazole.

Sampai sini, apakah kamu berniat mengikuti tips sehat menggunakan VCO untuk mengobati infeksi kulit?

Cara Menggunakan VCO (Virgin Coconut Oil) untuk Mengobati Infeksi Kulit

Virgin Coconut Oil

Sumber foto: Google

Tidak semua bahan alami harus dikonsumsi untuk merasakan khasiatnya. Begitu pula dengan minyak kelapa untuk mengobati infeksi kulit jamur. Jika infeksinya hanya di permukaan kulit, kamu bisa mengoleskan langsung pada area yang terkena.

Agar hasilnya maksimal, gunakan secara rutin dan sesering mungkin hingga gejala mereda. Berbeda jika infeksi jamur di dalam mulut. Begini cara pemakaian yang harus kamu lakukan:

  • Panaskan VCO (Virgin Coconut Oil)
  • Diamkan dahulu hingga suhu hangat
  • Gunakan untuk berkumur, diamkan sekitar 30 detik
  • Buang VCO, dan jangan makan apapun dalam waktu setengah jam setelah penggunaan

Jika yang terinfeksi pada bagian vagina, kamu bisa mengoleskan langsung VCO di area kulit yang terkena selama 4-5 hari secara rutin.

Cara lainnya, kamu bisa mengoleskan VCO pada tampon, kemudian masukkan ke dalam vagina sampai mencapai mulut rahim.

Sebelum melakukan langkah yang kedua ini, kamu bisa menanyakannya lebih dahulu dengan dokter. Selain itu, pastikan gunakan VCO (Virgin Coconut Oil).

Jangan Gunakan Dalam Waktu Lama

Meski efektif dalam mengobati infeksi kulit, namun hingga kini belum ada riset medis yang pasti tentang risiko dan efek samping penggunaan minyak kelapa apabila dilakukan dalam jangka waktu lama.

Kemungkinan risiko dan efek samping tetaplah ada. Nah, untuk menghindari hal yang tak diinginkan, sebaiknya diskusikan dahulu dengan dokter sebelum memutuskan menggunakan VCO untuk mengatasi jamur di kulit. Agar terhindar dari infeksi kulit akibat jamur, sebaiknya selalu terapkan pola hidup sehat dengan selalu menjaga kebersihan diri, ya.

Apalagi, sekarang minyak kelapa bisa dibeli dengan mudah lewat Healthy Choice. Selain praktis karena bisa beli secara online, VCO (Virgin Coconut Oil) di Healthy Choice juga terjamin kualitasnya. Ingin tahu lebih detail? Langsung klik di sini, yuk!

 

Baca juga: Fakta Seputar Virgin Coconut Oil yang Diyakini Baik untuk Kecantikan

Baca juga: Benarkah Menambahkan Virgin Coconut Oil (VCO) saat Memasak Nasi Bisa Kurangi Karbohidrat


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published