Cara Memasak Nasi Hitam yang Tepat Agar Pulen dan Enak

Cara Memasak Nasi Hitam yang Tepat Agar Pulen dan Enak

Beras hitam merupakan salah satu jenis beras yang memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh. Beras hitam juga kerap kali digunakan untuk dikonsumsi bagi yang sedang menjalankan diet sehat, berbeda dengan beras putih pada umumnya yang memiliki kandungan gula yang cukup banyak.

Beras hitam memiliki kandungan yang kaya akan serat dan memiliki kandungan gizi yang dapat mengontrol kadar kolesterol agar tidak berlebih dalam tubuh. Selain itu beras hitam juga dapat dijadikan sebagai salah satu solusi untuk menjaga gula darah dalam tubuh agar tetap stabil.

Berbeda dengan beras lain pada umumnya, beras hitam memerlukan proses yang sedikit lebih rumit. Karena beras hitam memiliki jenis yang berbeda dan memiliki warna yang lebih pekat. Sehingga proses mencucinya pun juga harus sangat diperhatikan. Pastikan sebelum memasak nasi anda sudah mencuci beras hitam hingga warna air tidak keunguan lagi.

Beras hitam

Selain itu, anda juga harus memperhatikan perbandingan air yang dibutuhkan saat memasak nasi hitam. Perbandingannya adalah 1:2, 1 gelas beras dengan 2 gelas air untuk memasak nasi. Setelah nasi hitam matang, jangan langsung dimakan, tunggulah hingga kurang lebih 10 hingga 15 menit sebelum memakannya. 

Terdapat dua cara memasak beras hitam dengan tepat, yaitu menggunakan panci ataupun menggunakan rice cooker. Tergantung anda memiliki wadah dan lebih terbiasa memasak dimana. simak ulasan selengkapnya mengenai beberapa cara memasak nasi dengan benar.

Beberapa Langkah-langkah Memasak Nasi dengan Tepat

1. Memasak Nasi Hitam dengan Menggunakan Panci

Beras hitam

Menggunakan panci ketika memasak tentu merupakan salah satu cara yang sering digunakan khususnya di Indonesia. Cara ini dianggap cukup efektif untuk memasak nasi dengan jenis beras apapun, baik beras putih, beras merah, beras organik, hingga beras hitam. Berikut ini merupakan langkah-langkah memasak dengan menggunakan panci.

  • Cuci beras hingga benar-benar bersih, pastikan anda menggunakan air mengalir. Tips untuk memasak nasi hitam yang pulen adalah dengan cara merendam beras setelah mencucinya. Diamkan selama kurang lebih satu jam sebelum dimasak
  • Langkah selanjutnya adalah memperhatikan perbandingan rasio air yang digunakan untuk memasak. Yaitu perbandingan nasi dan air sebanyak 1:2
  • Masukan beras dan air kedalam panci kemudian masak dengan api yang sedang. Ubah kecilkan sedikit api dan masak hingga kurang lebih 20 hingga 30 menit hingga seluruh air meresap ke nasi.
  • Jika sudah, matikan api dan tunggu hingga kurang lebih 15 menit 
  • Buka tutup panci dan tunggu hingga seluruh uap keluar sebelum langsung dihidangkan

2. Memasak Nasi Hitam dengan Menggunakan Rice Cooker

Beras hitam

Cara kedua adalah memasak dengan menggunakan rice cooker. Dimana cara ini dirasa lebih mudah dan lebih hemat bahan bakar gas. Waktu memasak pun hampir sama dengan menggunakan panci. Berikut ini langkah-langkah memasak nasi hitam dengan rice cooker.

  • Cuci beras hitam hingga bersih hingga air bilas tidak lagi berwarna keunguan. Anda juga harus memastikan bahwa sudah tidak ada lagi kotoran yang menempel pada butiran beras. Cara mencuci beras diatas juga dapat anda terapkan untuk memasak beras hitam di rice cooker, yaitu dengan cara merendamnya selama kurang lebih 30 menit hingga 60 menit
  • Masak beras hitam dengan rasio 1:2, kemudian nyalakan rice cooker
  • Masak hingga kurang lebih 25 hingga 30 menit, tergantung porsi yang anda inginkan
  • Tunggu hingga matang dan biarkan selama 10 menit
  • Aduk-aduk nasi hingga uap nasi keluar, kemudian anda dapat menyajikannya.

Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published