Beragam Keunggulan Beras Organik dibandingkan Beras Biasa

Beragam Keunggulan Beras Organik dibandingkan Beras Biasa

Nasi menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat khususnya di Indonesia. Ada beragam jenis beras mulai dari beras yang umumnya dimakan yaitu beras putih dan beras merah. Hingga beras lainnya yang lebih sehat seperti beras hitam, beras coklat, dan beras organik. Setiap beras memiliki jenis bibit yang berbeda-beda, kecuali antara beras putih dengan beras organik.

Beras putih dengan beras organik memiliki jenis bibit yang sama, hanya saja kedua prosesnya berbeda. Sehingga menghasilkan beras yang berbeda kualitasnya. Jika beras biasa menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya untuk mengusir hama tanaman, berbeda dengan beras organik yang secara keseluruhan proses pengolahannya menggunakan bahan-bahan organik dan alami.

Mulai dari proses penanaman yang lebih menggunakan pupuk kompos yang dibuat dari sisa buah-buahan dan daun-daunan yang diolah hingga menjadi sebuah pupuk yang baik untuk pertumbuhan padi secara alami. Selain pupuk yang alami, beras organik juga menggunakan pengusir hama yang alami, yang terbuat dari buah-buah dan daun yang difermentasi alami.

Tidak hanya itu, penggunaan air untuk mengaliri air juga terbuat dari air yang alami dan bebas dari bahan kimia yang dapat mempercepat pertumbuhan padi secara instan. selain itu penggunaan air khusus ini juga berpengaruh terhadap gizi yang diserap tanaman padi sehingga menghasilkan padi yang lebih sehat dan baik untuk tubuh.

Semua proses pengolahan dari beras organik sangat berbeda jauh dengan beras biasa. Karena menggunakan bahan-bahan alami, sehingga pengelolaan dari beras yang organik juga harus diperhatikan secara rutin agar tidak ada hama dan tetap menjaga kondisi padi agar tetap subuh hingga masa panen tiba.

Cara yang alami inilah pula yang menghasilkan beras-beras yang berkualitas, sehingga beras ini juga menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan dan menghindari berbagai penyakit yang dapat disebabkan karena faktor mengkonsumsi beras putih biasa yang banyak mengandung gula. Berikut ini merupakan beberapa keunggulan dari beras organik.

Beberapa Manfaat dan Keunggulan Beras Organik

  • Mendukung Kesehatan yang Lebih Baik untuk Tubuh

beras organik

Beras organik merupakan beras yang dikelola secara alami tanpa menggunakan bahan-bahan kimia yang dapat mempengaruhi kesehatan. Sehingga akan sangat baik dan cocok untuk dikonsumsi keluarga. Beras organik juga sangat aman dan baik bagi kesehatan anak untuk mencukupi gizi yang dibutuhkan.

Berbeda dengan beras biasa yang banyak mengandung bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu beras putih juga mengandung banyak gula yang dapat menjadi pemicu penyakit diabetes. Dengan mengkonsumsi beras organik, tubuh akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

  • Membantu Petani Lokal untuk Menerapkan Pertanian Organik

beras organik

Pengelolaan yang baik dan sangat diperhatikan dapat membuat banyak orang mencari beras ini. Karena permintaan yang tinggi terhadap beras sehat ini, tentu akan semakin banyak petani yang akan mengelola beras organik. Selain itu pendapatan pun juga menjadi lebih baik karena beras organik memiliki harga yang lebih mahal dibanding dengan beras biasa.

Saat ini pun tidak sulit untuk mendapatkan beras organik, baik di supermarket maupun melalui aplikasi online. Kamu dapat membeli beras organik di Healthy Choice. Selain itu, masih banyak tersedia berbagai pilihan bahan-bahan makanan yang sehat dan organik.

  • Nasi yang Dihasilkan Lebih Awet
  • Beras organik memiliki keunggulan dimana beras yang dimasak menjadi nasi lebih tahan lama dan tidak cepat basi. Sehingga beras lebih awet meski tidak dihangatkan setiap saat.

  • Membantu Mencegah Berbagai Macam Penyakit
  • beras organik

    Keunggulan lainnya dari beras organik adalah dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit yang dapat disebabkan karena mengkonsumsi berbagai makanan yang kurang sehat. Terutama penyakit degeneratif yang disebabkan oleh pupuk sintetis, pestisida kimia sintetis dan GMO (Genetic Modified Organism).


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published