Ciri-ciri Beras Merah yang Bagus dan Alami Seperti Apa?

beras merah

Beras merah mengandung banyak sekali manfaat, tidak heran kalau banyak orang yang mulai beralih dengan menjadikannya sebagai menu harian. Beras merah juga bisa ditemukan dengan mudah di toko-toko bahan pangan maupun supermarket.

Tapi sebelum membelinya, kamu harus ketahui lebih dulu ciri-ciri beras merah yang bagus dan alami serta layak konsumsi. Penasaran? Langsung saja simak di sini!

  • Perhatikan Warna Beras
  • Beras merah memiliki dua warna, ada yang merah gelap dan merah cerah, namun keduanya tidak terlalu berbeda. Karena yang membedakan hanyalah pada proses penggilingannya saja, warna yang lebih gelap dikarenakan hanya melewati satu kali proses penggilingan saja. Sedangkan yang lebih cerah melewati dua kali proses penggilingan.

    Sehingga beras merah dengan warna cenderung gelap mengandung nutrisi lebih tinggi ketimbang yang cerah. Sebab, proses penggilingan dua kali pada beras merah yang berwarna cerah menyebabkan banyak nutrisi di dalamnya terbuang.

    Namun jika beras sudah berubah sedikit kecoklatan itu menandakan kualitasnya sudah menurun. Bahkan jika sudah berubah warna, beras tersebut bisa saja mengandung racun yang membahayakan tubuh.

  • Tekstur Beras Merah
  • Ciri-ciri beras merah yang bagus berikutnya yaitu terletak pada teksturnya. Tekstur beras yang baik adalah tidak mudah hancur ketika di tekan dan menempel di tangan. Sebab, beras yang menempel pada tangan bisa menjadi tanda bahwa tidak ada kandungan pelicin berbahaya.

  • Cek Harganya
  • Siapa nih yang suka beli karena tergiur harga murah? Nah, ini adalah masalah yang kerap kita jumpai, terutama ibu-ibu. Biasanya kita cenderung membeli karena tergiur dengan harga yang lebih murah. Karena itu berhati-hatilah dengan harga yang murah, karena ditakutkan kualitasnya tidak bisa dipertanggung jawabkan.

    beras merah

    Sumber foto: Google

  • Buktikan Keasliannya
  • Ciri-ciri beras merah yang bagus selanjutnya yaitu dengan memastikan keasliannya. Ada dua cara untuk membuktikan keaslian beras merah yang bisa kamu lakukan di rumah.

  • Rendam dengan Air
  • Bukan hanya uang yang bisa dipalsukan, beras merah pun juga bisa palsu. Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui keaslian beras merah di rumah? Salah satunya yaitu dengan merendamnya ke dalam air. Perhatikan kondisi beras saat direndam. Beras palsu mengandung senyawa plastik yang akan mengambang di permukaan air.

  • Panaskan atau Bakar
  • Cara kedua yaitu dengan memanaskan atau membakarnya. Jika dipanaskan atau dibakar, bulir beras lengket dan saling menempel satu sama lain, maka bisa jadi beras tersebut palsu.

  • Beli dari Tempat Terpercaya
  • Di zaman yang serba modern, cepat dan instan ini, belanja secara online sudah menjadi cara yang umum dan banyak dipilih orang. Selain lebih mudah dan praktis, pilihan barangnya pun juga berbagai macam. Rentang harga yang bervariasi juga semakin membuat orang tertarik karena bisa menyesuaikan kondisi kantong.

    Namun, salah satu yang perlu diperhatikan yaitu kualitas dan keasliannya. Karena itu, untuk memastikan keaslian dan kualitas beras merah yang kamu beli, percayakan pada merek yang sudah terkenal dan mendapat review baik dari para pembeli.

    Nah, itulah beberapa ciri-ciri beras merah yang bagus dan layak dikonsumsi. Sebenarnya cara memastikan kualitas beras merah ini hampir sama dengan jenis beras lainnya. Jadi, pastikan untuk berhati-hati dalam membeli atau memilih beras.

    Salah satu tempat terpercaya untuk membeli beras merah organik secara online yaitu di Healthy Choice. Kualitasnya sudah dijamin terbaik dan organik.

     

    Baca juga: Cemilan Sehat Rendah Kalori untuk Kamu yang Hobi Ngemil Tapi Lagi Diet

    Baca juga: 5 Bahan Makanan Organik yang Mudah Diolah untuk Menu Diet Sehat


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published