Cukup di Rumah, Begini Cara Menghilangkan Batu Amandel yang Aman dengan Pola Makan Sehat

Cukup di Rumah, Begini Cara Menghilangkan Batu Amandel yang Aman dengan Pola Makan Sehat

Untuk menghilangkan batu amandel dapat dilakukan dengan berbagai metode pengobatan sederhana di rumah, terlebih jika batu amandel sudah memicu rasa tidak nyaman di mulut. Namun, sebelum mengobatinya anda mesti tahu terlebih dahulu tanda-tandanya. Biasanya batu amandel ditandai dengan adanya gumpalan kecil berwarna putih kekuningan yang terletak di celah amandel. Gumpalan tersebut berbentuk seperti kerikil yang terbentuk karena penumpukan bakteri, sisa makanan, sel kulit mati maupun air liur yang mengeras.


Sebagian orang tidak sadar bahwa dirinya memiliki batu amandel, karena sering kali tidak menimbulkan gejala. Namun, penderitanya bisa mengalami bau mulut, batuk, sulit menelan, sakit tenggorokan atau merasa ada yang mengganjal di tenggorokan. 


Bagaimana Cara Menghilangkan Batu Amandel?

Umumnya kasus batu amandel bisa hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan atau perawatan khusus. Meski demikian, untuk mengantisipasi sakit amandel ada baiknya anda harus menjaga kesehatan dengan pola makan sehat. Selain itu, ada beberapa cara menghilangkan batu amandel yang bisa dilakukan sendiri di rumah.


1.Mendorong Batu Amandel dengan Jari atau Cotton Bud

Batu amandel dapat dikeluarkan menggunakan jari tangan atau cotton bud. Namun, saat menekan dan mengeluarkan batu dari celah amandel, anda harus melakukannya secara hati-hati agar amandel tidak terluka atau infeksi.


Pastikan cuci tangan dahulu sebelum anda mendorong batu amandel. Jika anda merasa mual atau bahkan muntah ketika melakukannya, jangan dipaksakan dan sebaiknya konsultasikan ke dokter.


2.Kumur Menggunakan Air Garam

Selain mendorongnya langsung menggunakan tangan, anda juga bisa berkumur dengan air garam untuk menghilangkan batu amandel. Air garam diketahui mampu meredakan keluhan sakit tenggorokan dan bau mulut yang terjadi akibat batu amandel.


Cara membuatnya cukup mudah, anda hanya perlu melarutkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga tercampur rata dan gunakan untuk berkumur.


3.Kumur Larutan Cuka Apel

Selain air garam, berkumur dengan cuka apel juga dapat menghilangkan batu amandel, lho. Hal ini dikarenakan kandungan asam di dalamnya dapat memecah bentukan batu amandel. Larutan cuka apel dapat dibuat dengan cara mencampurkan 1 sendok teh cuka apel ke dalam 250 ml air.

pola makan sehat

Sumber foto: Google

4.Konsumsi Wortel Mentah

Mengonsumsi wortel mentah juga bisa menghilangkan atau mengurangi batu amandel. Hal ini dikarenakan, ketika mengunyah wortel mentah, produksi air liur akan meningkat sehingga bisa mendorong batu amandel untuk keluar. Sebelum mengunyah wortel mentah, anda harus mencucinya terlebih dahulu dengan air mengalir. Selanjutnya, keringkan menggunakan tisu kertas atau kain bersih agar sisa bakteri yang masih menempel di permukaan wortel bisa hilang.


5.Konsumsi Bawang Putih dan Apel

Tak hanya wortel, makanan lain juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan batu amandel, seperti bawang putih dan apel. Kandungan allicin dalam bawang putih dan sifat asam pada apel dapat membunuh bakteri penyebab batu amandel. 


Nah, itulah beberapa cara menghilangkan batu amandel di rumah. Jika semua cara sudah dilakukan namun tidak mampu meredakan keluhan, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Disamping itu, pastikan anda selalu menjaga pola makan sehat setiap hari untuk mencegah batu amandel dan penyakit lainnya. Kunjungi Healthy Choice, atau klik di sini untuk membeli makanan dan camilan sehat.

 

Baca juga: Tips Mengatur Pola Makan Sehat dengan Menu Beras Merah

Baca juga: Menerapkan Pola Makan Sehat Di Usia Lansia, Ini yang Harus Diperhatikan


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published