Pastikan Ada di Menu Sehat Harian, Ini Jenis Kacang-kacangan Terbaik untuk Bumil

Pastikan Ada di Menu Sehat Harian, Ini Jenis Kacang-kacangan Terbaik untuk Bumil

Ibu hamil butuh camilan sehat? Kacang-kacangan bisa jadi pilihan yang tepat, karena makanan ini punya kandungan asam folat yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Berikut ini beberapa jenis kacang untuk dijadikan menu makan sehat yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan perkembangan janin.

Jenis-jenis Kacang untuk Bumil

Mengonsumsi kacang-kacangan dapat meningkatkan kemampuan kognitif janin. Penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Epidemiology menyebutkan bahwa kacang-kacangan tinggi kandungan asam folat dan asam lemak omega-3 serta omega-6. Zat gizi tersebut dibutuhkan untuk mendukung perkembangan otak janin.

Lalu, jenis kacang-kacangan apa saja yang baik dikonsumsi ibu hamil?

  1.       Kacang Tanah

Kacang tanah bagus untuk bumil karena kandungan protein dan asam folatnya bermanfaat untuk mencegah cacat lahir serta mendorong perkembangan tulang belakang dan otak.

Kacang tanah juga memiliki kandungan triptofan, asam amino yang memproduksi hormon serotonin. Hormon ini berfungsi dalam mengatur suasana hati dan mencegah mood swing ketika hamil.

Selain mudah didapatkan, kacang satu ini juga mudah diolah. Kamu bisa menjadikannya sebagai camilan atau dicampurkan ke dalam masakan.

  1.       Kacang Mete

Untuk membantu perkembangan saraf dan fungsi otak, janin membutuhkan asam lemak. Nah, kacang mete merupakan salah satu sumber asam lemak terbaik.

Pada tahun 2017, beberapa peneliti di Brazil melakukan riset untuk mengetahui manfaat kacang mete terhadap daya ingat.

Mereka meneliti tikus berumur 0,21 dan 61 hari yang mendapat nutrisi asam lemak dari kacang mete. Hasilnya, memori jangka pendek pada tikus meningkat.

Namun, kacang mete juga tinggi lemak dan kalori yang dapat berdampak buruk pada bumil jika dikonsumsi berlebihan.

Supaya lebih aman, konsumsilah kacang mete tidak lebih dari 15 butir atau sekitar 30 gram dalam sehari.

  1.       Kacang Almond

Ingin ngemil tanpa takut berat badan naik berlebih? Coba saja makan kacang almond. Kacang almond rendah lemak serta kalori, namun kaya akan protein dan serat. Protein dan serat bisa membantu merasa kenyang lebih lama dan mengendalikan nafsu makan.

Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau menjadikannya smoothies dengan mencampurkan buah pisang dan susu.

 

  1.       Kacang hijau organik

menu sehat

Sumber foto: Google

Kamu mungkin pernah menjumpai menu makan sehat berbahan hijau di Posyandu. Tidak heran, karena kacang hijau organik mengandung beragam zat gizi.

Kacang hijau memiliki kandungan asam folat, tiamin, dan zat besi. Ketiganya berfungsi untuk mencegah anemia, kelahiran prematur, dan cacat lahir.

Selain itu, kandungan vitamin K dalam kacang hijau bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil.

Berbagai manfaat kacang hijau organik tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengolahnya menjadi camilan atau menu sarapan.

  1.       Kacang Merah

Kacang merah kaya akan protein, serat, dan zat besi. Selain itu, kacang merah juga mengandung asam amino yang merupakan bahan baku protein. Protein sendiri sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel, jaringan, dan organ-organ janin.

Kandungan antioksidan jenis polifenol di dalam juga membantu melawan radikal bebas. Kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai kudapan seperti sop, sayur asem, hingga es kacang merah.

  1.       Kacang Kedelai Jepang (Edamame)

Edamame tinggi akan protein. Dalam 100 gram edamame, mengandung 10 gram protein. Protein tersebut berperan dalam pembentukan zat besi untuk ibu hamil dan janin.

Asupan zat besi yang cukup selama kehamilan bisa membantu mencegah anemia pada bumil, kelahiran prematur, dan berat badan bayi lahir rendah.

Menurut berbagai tips hidup sehat, kacang edamame sebaiknya dikonsumsi dengan cara merebus atau mengukusnya. Tambahkan sedikit garam agar rasanya lebih gurih.

  1.       Kacang Panjang

Sayuran satu ini sangat mudha ditemukan di pasar tradisional terdekat. Meski terlihat sederhana, kacang hijau sebenarnya menyimpan segudang manfaat untuk ibu hamil dan janin.

Sebab, kacang hijau mengandung kalsium dan magnesium. Kedua zat gizi ini dapat meningkatkan fungsi sarat, kekuatan tulang, dan otot janin.

Itulah beberapa jenis kacang yang bisa dijadikan pilihan menu makan sehat untuk ibu hamil. Kini beli kacang-kacangan jadi lebih mudah lewat Healthy Choice. Bahkan tersedia juga kacang hijau organik yang pas dijadikan olahan sehat untuk ibu hamil. Tunggu apalagi? Yuk belanja di Healthy Choice sekarang!

 

Baca juga: Benarkah? Rajin Konsumsi Kacang Hijau Organik Saat Hamil Membuat Rambut Bayi Lebat

Baca juga: Bisa Jadi Menu Sehat dan Praktis, Ini Olahan Oatmeal Paling Nikmat


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published