Penting untuk Tubuh! Jenis Makanan Sehat yang Mengandung Amygdalin

Penting untuk Tubuh! Jenis Makanan Sehat yang Mengandung Amygdalin

Vitamin B memiliki jenis yang beragam, seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B9, dan B12. Tapi, pernahkah kamu dengar tentang vitamin B17? Ternyata, vitamin ini cukup kontroversial karena manfaatnya terhadap kesehatan sekaligus efek sampingnya. Lalu, bagaimana cara mendapatkan vitamin B17? Apakah bisa didapatkan dari menu makan sehat biasanya?

Mengenal Vitamin B17

Secara teknis, vitamin B17 bukanlah vitamin murni, melainkan amygdalin yang terdapat pada sumber makanan, seperti kacang atau biji buah yang masih mentah. Saat diolah menjadi suplemen atau obat, barulah disebut vitamin B17.

Mengapa tidak termasuk jenis vitamin? Vitamin ini tidak mempunyai standar banyaknya asupan yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, hingga saat ini kegunaannya juga masih diteliti lebih lanjut.

Selain vitamin B17, amygdalin juga dikenal sebagai Laetrile. Namun, ini adalah sebuah kesalahan, karena Laetrile adalah obat dengan kandungan B17 atau Amygdalin.

Sementara itu, Amygdalin adalah kandungan senyawa tanaman yang menghasilkan hidrogen sianida dan mengandung gula.

Laetrile mulai dikenal setelah salah satu kandungannya, yakni hidrogen sianida diklaim bersifat antikanker. Namun, Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat (FDA) melarang penggunaannya karena efek sampingnya, seperti sakit kepala hingga keracunan apabila dikonsumsi dalam jumlah besar.

Menurut tinjauan Bethesda, MD, dari National Cancer Institute, Laetrile memang menunjukkan aktivitas antikanker pada hewan. Tetapi, tidak ada aktivitas antikanker terhadap manusia.

Makanan Apa Saja yang Mengandung Vitamin B17?

makanan sehat

Sumber foto: Google

Sekarang kamu sudah paham bukan kalau vitamin B17 sebenarnya adalah amygdalin? Nah, berikut ini beberapa bahan menu makan sehat yang dilabeli sebagai vitamin B17:

  • Kacang Merah dan Kacang Hijau Organik
  • Kacang merah dan kacang hijau organik cukup umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kacang hijau biasanya dijadikan bubur, isian kue, atau es. Sedangkan kacang merah umumnya diolah menjadi sup, atau pelengkap sayur krecek.

    Selain amygdalin, kacang merah memiliki kandungan antioksidan dan serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan.

    Tak berbeda jauh, kacang hijau organik juga mengandung berbagai nutrisi lainnya seperti asam folat, vitamin B lengkap, kalium, selenium, zat besi, dan zink. Nutrisi tersebut bisa membantu mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol.

  • Kacang Almond
  • Banyak ditemukan dalam tips hidup sehat, kacang almond mentah juga termasuk makanan yang mengandung amygdalin.

    Nutrisi lainnya dalam kacang almond yaitu vitamin E, antioksidan, mangan, dan magnesium. Manfaatnya mampu mencegah kerusakan sel tubuh akibat stress oksidatif, mengontrol kadar gula darah, tekanan darah, dan kolesterol.

  • Apel
  • Buah apel mengandung vitamin B17, terutama pada bijinya. Penelitian dalam jurnal Food Chemistry menyebutkan bahwa jus apel kemasan mengandung amygdalin paling rendah dibandingkan apel segar. Itulah mengapa memasukkan buah apel segar ke dalam menu makan sehat harian sangat bagus bagi tubuh.

    Apel juga mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin B1, B2, B6, antioksidan, serat, dan kalium. Selain baik untuk imunitas tubuh, nutrisi di dalamnya juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengontrol kadar kolesterol.

    Itulah beberapa makanan yang mengandung vitamin B17 alias amygdalin. Meski aman untuk tubuh, namun penting untuk mengonsumsinya dalam batas wajar ya. Jadi, mulai sekarang yuk konsumsi menu makan sehat yang seimbang untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Apalagi, bahan makanan sehat tersebut bisa didapatkan dengan mudah dan praktis lewat Healthy Choice.

     

    Baca juga: Jadi Menu Makanan Sehat, Berapa Banyak Kalori Pada Roti Gandum

    Baca juga: Jangan Dilewatkan! Ini Makanan Sehat Sumber Protein Nabati untuk Anak


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published