Cukup Sarapan Sehat, Ini Cara Cegah Gula Darah Naik untuk Penderita Diabetes

Cukup Sarapan Sehat, Ini Cara Cegah Gula Darah Naik untuk Penderita Diabetes

Kamu sering melewatkan sarapan? Hmm, mulai sekarang jangan diulangi lagi ya, karena sarapan sangat penting dalam membantu menjaga kesehatan tubuh. Entah itu sarapan buah, roti dari tepung gandum utuh, atau nasi dengan telor ceplok, pokoknya jangan dilewatkan.

Termasuk bagi penderita diabetes, tapi sarapan apa saja sih yang sebaiknya dikonsumsi penderita diabetes? Simak daftarnya berikut ini.

Tips Sarapan Sehat bagi Pengidap Diabetes

Beberapa pengidap diabetes mengalami lonjakan gula darah pada pagi hari karena organ hati memecah cadangan gula saat malam. Pada waktu ini, sel-sel juga menjadi lebih kebal terhadap insulin, hormon pengontrol gula darah.

Nah, di bawah ini ada beberapa aturan sarapan yang perlu diterapkan penderita diabetes. Apa saja?

  • Kenali Gizi Lengkap
  • Seperti prinsip sarapan pada umumnya, penderita diabetes juga harus makan menu sarapan yang lengkap. Ini sangat penting diperhatikan untuk memenuhi kebutuhan energi harian tubuh agar maksimal.

    Golongan makanan yang direkomendasikan masuk dalam menu sarapan adalah karbohidrat, protein, dan serat. Kamu juga harus memilih bahan makanan dengan cermat supaya kadar gula darah tidak melonjak tinggi.

  • Pilih Karbohidrat yang Kaya Serat
  • Untuk menghindari naiknya kadar gula darah, usahakan memilih sumber karbohidrat yang tinggi kandungan serat. Misalnya oatmeal atau roti dari rolled oat whole grain yang bisa menjadi pilihan tepat untuk makan pagi.

    Kalau ingin mengonsumsi nasi, pilihlah nasi yang kaya serat seperti beras merah yang bisa menjadi pilihan tepat bagi pengidap diabetes.

    sarapan sehat

    Sumber foto: Google

  • Batasi Konsumsi Karbohidrat Sederhana
  • Hindarilah karbohidrat manis pada menu sarapan, seperti makan roti tawar dengan madu. Selain makanan, menambahkan gula pada minuman ketika sarapan juga harus dibatasi. Sebaiknya minum minuman tanpa pemanis, misalnya teh tanpa gula atau susu segar tawar.

  • Perbanyak Konsumsi Serat dan Buah
  • Tujuan sarapan yaitu membuat kita merasa kenyang hingga jam makan siang. Tubuh mencerna protein dan serat dengan lambat sehingga membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan mencegah hormon lapar.

    Sarapan sehat yang mengandung tinggi serat bisa membantu mengurangi keinginan makan sebelum jam makan siang dan menjaga gula darah tetap terkontrol.

    Kacang merah, kacang hijau, gandum utuh atau rolled oat whole grain, atau buah segar tentu bisa menjadi pilihan tepat untuk mencukupi kebutuhan serat ketika sarapan.

    Menambahkan kacang merah ke dalam sup sayur atau mencampurkan buah segar rendah gula seperti kiwi dan apel ke dalam oatmeal, tentu bisa menjadi menu sarapan sehat bagi penderita diabetes.

  • Konsumsi Lemak Sehat
  • Lemak bermanfaat untuk membuat rasa kenyang lebih lama, tapi sebaiknya konsumsi lemak tak jenuh (lemak sehat) untuk pengidap diabetes.

    Menggoreng telur dan sosis dengan mentega mengandung lemak jenuh cukup tinggi yang bisa berisiko mengganggu kesehatan jantung. Sebagai solusinya, gorenglah telur dengan sedikit minyak zaitun atau pilih sosis ayam.

    Selain itu, kamu juga memilih lemak sehat dari alpukat, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

  • Batasi Konsumsi Gula dan Biji-bijian Olahan
  • Kalau kamu terbiasa sarapan sereal, sebaiknya pilihlah yang rendah gula tambahan (setidaknya kurang dari 5 gram setiap porsi) dan lebih tinggi serat (sekitar 3 gram setiap porsi). 

    Atau kamu bisa memilih sereal yang terbuat dari rolled oat whole grain, karena lebih kaya serat dan padat nilai gizi. Dengan membatasinya, itu berarti kamu menghindari sereal dan kue kering saat sarapan.

    Nah, itulah beberapa tips sarapan sehat untuk penderita diabetes yang perlu kamu tahu. Bingung cari bahan makanan sehat, seperti gandum utuh, kacang hijau organik atau kacang hijau organik? Langsung saja kunjungi Healthy Choice di sini. Semoga informasinya membantu ya.

     

    Baca juga: Resep Sederhana Untuk Membuat Sarapan atau Camilan Sehat dengan Rolled Oat Whole Grain

    Baca juga: Si Kecil Makin Cerdas, Ini Rekomendasi Menu Sarapan Sehat Menurut Ahli Gizi


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published