Dikenal Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Rebusan Air kacang Hijau Organik

Dikenal Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Rebusan Air kacang Hijau Organik

Kacang hijau organik merupakan jenis kacang yang memiliki banyak manfaat. Tak hanya kacang hijaunya yang memiliki banyak khasiat, tetapi juga airnya yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Namun, tak banyak yang tahu apa saja manfaat air rebusan dari kacang hijau.


Memiliki rasa yang pulen dan teksturnya yang lembut membuat kacang hijau sering kali diolah menjadi berbagai jenis makanan, mulai dari rempeyek, isian roti basah, roti kering, bubur kacang hijau, keripik, puding dan segala kudapan lainnya. 


Manfaat Air Rebusan Kacang Hijau untuk Kesehatan

kacang hijau organik

Sumber foto: Google


 

Mengutip dari buku Five in One The Series of Pregnancy (Panduan terlengkap kehamilan) yang mengatakan bahwa air rebusan kacang hijau bisa dikonsumsi oleh siapa saja dan cara membuatnya cukup mudah. 


Untuk membuat rebusan air kacang hijau organik cukup memasak air dan kacang hijau menggunakan panci lalu tunggu sampai mendidih. Setelah itu, diamkan sejenak sampai air berubah warna menjadi kekuningan. Kemudian angkat dan diamkan sampai hangat.


Setelah hangat, bisa langsung meminum air tersebut dan menyisakan kacang hijaunya. Ada banyak sekali manfaat dari air rebusan kacang hijau ini karena mengandung vitamin B, yang dipercaya dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.


Selain itu, masih ada banyak manfaat dari rebusan air kacang hijau yang bisa Anda nikmati. Berikut penjelasan selengkapnya.


  1. Mengatasi Asam Lambung

Bagi Anda yang memiliki asam lambung tak perlu khawatir karena hal ini bisa diatasi dengan air rebusan kacang hijau. Pasalnya, kacang hijau sendiri memiliki kandungan serat tinggi sehingga baik untuk sistem pencernaan dan dapat meredakan asam lambung.


  1. Mencukupi Nutrisi dalam Tubuh

Manfaat air rebusan kacang hijau organik berikutnya adalah mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain mengandung serat dan vitamin B, terdapat kandungan lain, yaitu vitamin C, zinc, asam folat, kalsium, zat besi, dan vitamin B 6. Dimana semua kandungan sehat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh.


  1. Membantu Pembentukan Otak Janin

Untuk ibu-ibu hamil yang ingin kesehatan janin terjaga bisa mengonsumsi air rebusan kacang hijau. Kandungan asam folatnya cukup tinggi dan bermanfaat untuk membantu perkembangan saraf dan otak pada janin. Air rebusan kacang hijau dapat mencegah terjadinya komplikasi saat melahirkan. Namun, sebaiknya tidak mengonsumsi air ini secara berlebihan. Tetap utamakan nutrisi dari makanan sehat.


  1. Mencegah Anemia

Kacang hijau dikenal mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi sendiri sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah yang sehat dan membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Jika tubuh kekurangan zat besi, tentu saja dapat menyebabkan anemia dan kelelahan. Oleh karena itu, rebusan air kacang hijau organik dapat diandalkan untuk meningkatkan asupan zat besi secara alami.


  1. Menjaga Kadar Gula Darah

Kacang hijau memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga air rebusan kacang hijau dapat membantu menjaga kadar gula darah yang sehat. Hal ini penting terutama bagi individu yang memiliki diabetes atau berisiko mengalami diabetes tipe 2. Mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah dapat membantu mengendalikan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.


Nah, itulah manfaat dari air rebusan kacang hijau organik. Selama dikonsumsi dengan baik dan benar maka banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan. Selain itu, kacang hijaunya bisa Anda nikmati sebagai camilan sehat. Jika Anda membutuhkan kacang hijau organik berkualitas, kunjungi Healthy Choice, atau klik di sini untuk berbelanja berbagai produk makanan sehat terbaik.

 

 

Baca juga: Benarkah? Rajin Konsumsi Kacang Hijau Organik Saat Hamil Membuat Rambut Bayi Lebat

Baca juga: Pastikan Ada di Menu Sehat Harian, Ini Jenis Kacang-kacangan Terbaik untuk Bumil


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published