Kaum Hawa Harus Coba! Ini Makanan Sehat yang Baik untuk Kesehatan Payudara

Kaum Hawa Harus Coba! Ini Makanan Sehat yang Baik untuk Kesehatan Payudara

Setiap perempuan pastinya tak hanya ingin mendapatkan bentuk tubuh ideal saja tapi juga sehat. Terutama bagian payudara yang cukup rentan terkena penyakit. Payudara yang sehat biasanya ditandai dengan tidak memiliki benjolan, tidak mengeluarkan cairan di luar masa menyusui dan tidak nyeri saat disentuh.

Ciri lain payudara sehat bisa dilihat dari kondisi kulit di sekitar payudara. Umumnya, payudara yang sehat tampak halus dan tidak kering atau pecah-pecah, berkerut, bersisik, kemerahan, serta tidak terasa gatal.

 

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Payudara

Kanker payudara menjadi salah satu kasus penyakit yang paling tinggi di penjuru dunia. Selain disebabkan pola hidup yang kurang sehat, kanker payudara dapat terjadi akibat pertumbuhan abnormal dari sel-sel pada payudara. Dimana sel tersebut diduga disebabkan oleh mutasi gen yang diturunkan secara genetik. Dimana gen paling terkenal adalah gen kanker payudara 1 (BRCA1) dan gen kanker payudara 2 (BRCA2), keduanya secara signifikan meningkatkan risiko penyakit dan ovarium.

Lantas, bagaimana menjaga kesehatan payudara, terutama untuk mencegah kanker payudara? Nah, selain menjaga pola hidup yang baik dengan tidak mengonsumsi alkohol, tidak merokok, dan senantiasa berolahraga, Anda juga perlu mengonsumsi beberapa makanan sehat berikut ini. 

 

1. Gandum Utuh

Dilansir dari Whole Grain Consumption for the Prevention and Treatment of Breast Cancer, menyatakan bahwa mengonsumsi gandum utuh atau rolled oat whole grain lebih dari 7 kali per minggu efektif mencegah kanker payudara.

 

Bahkan studi lain mengatakan bahwa sekitar 30 gram yang dikonsumsi setiap hari cukup bagi wanita untuk mengurangi risiko kanker payudara. Hal ini dibuktikan dari wanita pra-menopause yang mengonsumsinya memiliki 41% penurunan risiko kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi bentuk serat lainnya.

Penelitian lain di Studi Cohort wanita Inggris menemukan bahwa diet kaya serat dengan buah dan biji-bijian sangat penting bagi perempuan untuk mencegah kanker payudara. Rolled oat whole grain bisa dikonsumsi dalam bentuk roti, maupun makanan sehat lainnya yang mudah diolah.

 

2. Brokoli dan Sayuran Lain

Selain gandum utuh, sayuran seperti brokoli, kubis, dan kembang kol juga baik untuk mencegah kanker payudara. Pasalnya berbagai sayuran tersebut mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu menghilangkan racun dan karsinogen yang dapat memicu kanker payudara.

 

3. Biji Rami

Selain sayuran, biji rami juga bisa menjadi pilihan makanan sehat. Pasalnya, biji rami mengandung omega-3 dan lignan yang cukup tinggi. Lignan merupakan senyawa tanaman tinggi serat dan antioksidan fitoestrogen. Keduanya memiliki kandungan sehat yang dapat menekan pertumbuhan sel abnormal pemicu kanker.

 

4. Ikan

Kandungan omega-3 yang dapat menekan pertumbuhan sel kanker juga bisa didapatkan dari ikan. Selain itu, daging ikan juga mengandung vitamin D yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Kombinasi keduanya efektif menghentikan pembentukan pembuluh darah di dalam tumor dan mencegah penyebarannya.

Jenis ikan yang mengandung vitamin D dan omega-3, diantaranya ikan salmon, sarden, tuna, teri dan mackerel. Meski setiap ikan memiliki kandungan sehat, akan tetapi sebaiknya hindari konsumsi ikan dengan kandungan merkuri agar mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

 

5. Buah Beri

Sebagai pelengkap menu makan sehat Anda, untuk mencegah kanker payudara, Anda bisa mengonsumsi buah beri. Kelompok buah beri seperti stroberi, blueberry, dan raspberry termasuk jenis makanan yang baik untuk kesehatan payudara. Pasalnya, jenis buah ini mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Kelompok buah ini juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel. Buah ini dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan sebagai campuran yogurt, sereal, smoothie dan berbagai olahan lainnya.


Sebagai kaum hawa yang rentan terkena kanker payudara, sebaiknya senantiasa mengonsumsi makanan sehat diatas. Hampir semuanya mudah didapatkan, terutama gandum utuh. Anda bisa mendapatkannya di Healthy Choice, atau klik di sini untuk mencari berbagai bahan makanan sehat lainnya.

 

Baca juga: Terkenal Khasiat Sehatnya, Ini Fakta Minyak Zaitun Bisa Cegah Kanker Payudara

Baca juga: Jadi Menu Makanan Sehat, Berapa Banyak Kalori Pada Roti Gandum


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published