Gula Darah Langsung Turun, Cukup dengan Air Rebusan Jahe Ditambah Lemon!

Gula Darah Langsung Turun, Cukup dengan Air Rebusan Jahe Ditambah Lemon!

Menjadi salah satu racikan minuman herbal yang cukup populer, air jahe dan lemon dikenal banyak manfaat sehat untuk tubuh. Kombinasi dua bahan tradisional tersebut tak hanya memberi kesegaran tapi juga bisa memberikan manfaat untuk mengobati beberapa kondisi kesehatan.


Dikutip dari Healtheries, air rebusan jahe dan lemon dapat menenangkan sistem pencernaan, meredakan mual ringan, dan menenangkan perut. Selain itu, racikan minuman tersebut juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, sehingga banyak yang menjadikannya sebagai minuman kesehatan musim dingin atau ketika sedang tidak enak badan. Lalu, apa saja manfaat air rebusan jahe dan lemon untuk kesehatan? Benarkah dapat menurunkan gula darah? Simak ulasan selengkapnya.


1.Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat utama air rebusan jahe dan lemon adalah dapat membantu mengurangi risiko kerusakan ginjal dan menurunkan risiko diabetes. Tanaman herbal dengan rasa yang pedas ini memiliki kandungan zinc (seng) yang berperan penting terhadap sekresi insulin.

Jika anda ingin mendapatkan hasil maksimal, anda bisa menggunakan jahe merah. Sebab tanaman jahe merah memiliki senyawa antioksidan yang dapat menurunkan kadar gula pada penderita secara maksimal.


2.Menenangkan Gangguan Pencernaan

Air rebusan jahe merah dan lemon bisa digunakan untuk mengatasi beberapa kondisi terkait gangguan pencernaan. Racikan minuman sehat tersebut sudah lama digunakan sebagai obat herbal untuk berbagai keluhan gastrointestinal, seperti mual, mabuk perjalanan, muntah, serta gangguan pencernaan.

Bahkan studi klinis menunjukkan, jahe merah dalam berbagai bentuk olahan, termasuk air lemon dan jahe, bisa menjadi ramuan yang efektif mengatasi mual, muntah, bahkan kondisi mual pada kehamilan dan kemoterapi.


jahe merah

Sumber foto: Google


3.Meredakan Sembelit

Manfaat berikutnya dari air rebusan jahe merah dan lemon yakni dapat digunakan untuk mengatasi sembelit. Umumnya sembelit dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk dehidrasi dan diet rendah serat.

Ketika sembelit disebabkan oleh dehidrasi, anda bisa mencoba meringankan gejalanya dengan minum secangkir racikan jahe dan lemon yang hangat. Racikan air jahe dan lemon dapat membantu mengatasi sembelit karena kandungan airnya yang bisa membantu tinja melewati saluran pencernaan dengan lebih mudah.


4.Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Perpaduan air rebusan jahe dan lemon juga diyakini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal tersebut, lantaran lemon kaya akan vitamin C dan antioksidan, yang keduanya merupakan komponen yang dapat meningkatkan imun. Sementara jahe merah tak hanya meningkatkan imun, tapi juga bisa membantu tubuh melawan sejumlah bakteri.

 

5.Meredakan Nyeri dan Peradangan

Manfaat lain dari air lemon dan jahe adalah membantu meredakan nyeri yang berkaitan dengan peradangan, sakit kepala, dan arthritis.

Hal tersebut dipengaruhi oleh kandungan senyawa Gingerol, yang terdapat di dalam jahe dan memiliki sifat antiinflamasi serta antioksidan. Sementara itu, beberapa orang juga menikmati air lemon dan jahe merah guna membantu meredakan nyeri otot setelah berolahraga atau nyeri saat menstruasi.

 

Demikian beberapa manfaat rebusan air jahe dan lemon untuk kesehatan. Untuk hal ini, anda bebas menggunakan jahe merah, atau jahe putih. Pada intinya kombinasi jahe dan lemon memiliki manfaat sehat yang baik untuk mengobati berbagai penyakit. Jika anda butuh produk makanan sehat, kunjungi Healthy Choice, atau klik di sini untuk berbelanja.

 

Baca juga: Kenali Manfaat dan Risiko Jahe Merah untuk Ibu Hamil Agar Tidak Salah Kaprah

Baca juga: Efektif Mengatasi Mual, Ini Khasiat Jahe Merah Menurut Peneliti


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published