Beralih Ke Makanan Sehat dan Hindari Makanan ini agar Awet Muda

makanan sehat

Setiap orang pasti memimpikan wajah yang awet muda. Karena itu, tidak sedikit yang melakukan serangkaian perawatan untuk menjaga kulit agar terlihat tetap merona.

Namun selain perawatan wajah, apa yang kamu makan ternyata juga mempengaruhi kondisi kulit, lho. Nah, agar terlihat awet muda dan tidak mudah sakit, sangat penting untuk menjaga pola hidup sehat.

Makanan yang Harus Dihindari Agar Awet Muda dan Tubuh Sehat

Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat dan gula bisa mengakibatkan kerusakan kolagen kulit. Padahal, kolagen adalah senyawa yang melawan kerutan dan membuat kulit kenyal. Untuk itu, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari. Apa saja?

  1. Kentang Goreng

Camilan yang disukai banyak orang ini biasanya digoreng menggunakan minyak bersuhu tinggi sehingga dapat melepaskan radikal bebas penyebab kerusakan sel pada kulit.

Paparan radikal bebas sendiri dapat mempercepat proses penuaan dan mempengaruhi DNA serta menurunkan elastisitas kulit. Selain itu, kentang goreng yang tinggi garam dapat membuat kulit dehidrasi dan lebih mudah kerutan.

  1. Daging Olahan

Sesekali makan daging olahan seperti pepperoni atau hot dog boleh-boleh saja kok. Tapi, sebaiknya dibatasi konsumsinya, ya. Sebab, daging olahan juga berbahaya bagi kulit. Sebab, daging olahan tinggi kandungan lemak jenuh, nitrat, dan rendah serat.

  1. Daging Berlemak

Jenis daging yang biasanya mengandung lemak jenuh (LDL) tinggi ini buruk bagi kulit dan kesehatan loh. Salah satunya dapat mengakibatkan peradangan.

makanan sehat

Sumber foto: Google

  1. Margarin

Menurut penelitian, orang yang tidak mengonsumsi margarin lebih terhindar dari kerutan dan kerusakan kulit. Ini mungkin karena margarin mengandung kadar minyak terhidrogenasi parsial yang cukup tinggi. Asam lemak trans ini bisa menyebabkan kulit lebih rentan terhadap iritasi ultraviolet yang dapat merusak elastisitas dan kolagen pada kulit.

  1. Makanan Manis dan Gula

Gula merupakan salah satu penyebab masalah kulit, seperti jerawat. Lebih buruknya lagi, gula ikut berperan dalam pembentukan produk akhir glikasi lanjutan (AGEs) yang merusak kolagen. Jadi, kalau biasanya kamu suka menjadikan makanan manis sebagai camilan, mulai sekarang yuk beralih ke snack sehat.

  1. Soda dan Kopi

Secara tidak langsung soda dan kopi juga bisa mempercepat penuaan, lho. Kedua minuman ini akan memperburuk kualitas tidur kamu. Seperti kita tahu, kualitas tidur yang buruk banyak dikaitkan dengan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus, keriput, dan lingkar hitam pada mata.

  1. Alkohol

Sejak lama alkohol sudah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan. Pada kulit, alkohol bisa mengakibatkan hilangnya kolagen, kerutan, kemerahan, dan bengkak. Itu karena alkohol menghabiskan nutrisi hingga kadar vitamin A di kulit.

  1. Makanan Rendah Antioksidan

Makanan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi memang baik bagi kesehatan. Dengan mengonsumsinya, tubuh pun menerima manfaat sehatnya, seperti menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab penuaan.

Hindari makanan rendah antioksidan kalau ingin awet muda. Sebaliknya, penuhi piring makanmu dengan menu sehat seperti sayur dan buah-buahan. Selain awet muda, makanan ini juga akan mencegah berbagai penyakit.

Itu dia beberapa makanan yang sebaiknya dihindari jika ingin tetap awet muda dan jauh dari masalah kesehatan.

Mulai sekarang mari terapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi menu makanan bernutrisi dan memilih camilan sehat. Bingung belanja bahan makanan sehat dimana? Langsung saja ke Healthy Choice! Di sini juga tersedia snack sehat yang praktis dibawa dan dikonsumsi kapanpun loh.

 

Baca juga: 10 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Kesehatan Penglihatan Si Kecil

Baca juga: Manfaat Diet Vegetarian dan Jenis Makanan Sehat untuk Pasien Kanker


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published