Ini Alasan Belanja di Supermarket Bisa Ubah Pola Hidup Lebih Sehat

Ini Alasan Belanja di Supermarket Bisa Ubah Pola Hidup Lebih Sehat

Belanja untuk kebutuhan sehari-hari memang harus selektif. Namun, alih-alih camilan sehat, biasanya kita lebih sering membeli produk atau bahan yang kurang baik untuk kesehatan.

Tapi, ada penelitian baru yang menyebutkan bahwa berbelanja di supermarket bisa meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi makanan sehat. Hmm, kok bisa, ya?

Menurut NDTV Food, menurut penelitian, penempatan di supermarket yang menggunakan rak terpisah mendorong orang untuk menerapkan pola hidup sehat. Sebab, bahan atau barang-barang yang kurang sehat, dan makanan sehat terletak secara terpisah. Sehingga masyarakat terdorong untuk membeli makanan yang lebih sehat.

Ada dua studi yang ditemukan oleh Camren Piernas dan temannya dari Universitas Oxford. Pada riset pertama, penelitian yang berupa survei dilakukan di tiga supermarket Inggris. Mereka mempelajari perilaku manusia berdasarkan penempatan, ketersediaan, promosi, dan penandaan produk sehat.

Sedangkan, riset kedua yaitu survei pada orang-orang dengan mengosongkan permen dan cokelat dari beberapa spot di supermarket Inggris.

Penelitian tersebut dilakukan selama tujuh minggu sebelum Hari Paskah. Hasilnya, penjualan makanan manis di toko kontrol meningkat hingga 18% selama menjelang Paskah. Tetapi di toko kecil peningkatan penjualan makanan manis hanya 5% saja.

Artinya, pembeli di toko kecil membeli lebih banyak makanan tidak sehat. Berkat penelitian ini akhirnya pemerintah setempat membentuk pola makan konsumen yang lebih sehat untuk mereka.

Manfaat Belanja di Supermarket untuk Kesehatan

pola hidup sehat

Sumber foto: Google

Kini, orang-orang semakin banyak yang beralih ke belanja online. Bahkan, sayur dan buah saja sekarang juga bisa dibeli secara online.

Meski begitu, supermarket tetap tidak kekurangan pembeli. Selain harganya lebih terjangkau, ternyata belanja di supermarket juga bermanfaat untuk kesehatan, lho. Apa saja?

  • Tubuh Jadi Aktif Bergerak
  • Manfaat pertama dari berbelanja di supermarket yaitu membuat kita jadi lebih aktif bergerak. Aktivitas fisik seperti berjalan memilih bahan makanan atau camilan sehat, dapat membantu mengontrol berat badan. Sebab, aktivitas fisik satu ini dapat membakar cukup banyak kalori. Setidaknya, tanpa disadari kamu dapat menempuh 500-1.000 langkah.

    Selain itu, aktif bergerak juga bisa membantu meningkatkan kesehatan otak, mengurangi risiko penyakit, dan memperkuat otot dan tulang. Bahkan, aktivitas berjalan mampu menekan risiko kematian dini yang dipicu oleh penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

  • Sarana Melepas Stres
  • Berjalan di supermarket juga berkaitan dengan kesehatan mental. Merasakan suasana baru sambil melihat produk-produk yang disukai dapat membantu kamu melepaskan penat dan stress. Efeknya pun sama seperti cuci mata di mal alias retail therapy. Dengan begitu, daya ingat akan meningkat, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan kualitas tidur.

    Meski begitu, ingatlah untuk selalu menerapkan pola hidup sehat yang seimbang agar terhindar dari stress. Kamu juga bisa melakukan hobi atau meditasi untuk membantu mengatasi stress.

    Tips sebelum belanja ke supermarket, buatlah daftar belanjaan agar aktivitas belanja tetap terkendali. Usahakan lebih banyak membeli makanan atau camilan sehat.

    Tidak ingin impulsif dalam berbelanja? Atau ingin yang lebih praktis karena tidak ingin terjebak macet di jalan? Sekarang, kamu bisa belanja aneka bahan makanan dengan lebih mudah lewat Healthy Choice. Selain camilan sehat, di sini juga tersedia aneka bahan pangan yang dapat dibeli secara online. Penasaran? Langsung saja kunjungi websitenya, yuk!

     

    Baca juga: Inilah Pedoman Gizi Seimbang untuk Mewujudkan Pola Hidup Sehat

    Baca juga: Deretan Jenis Gandum Penuh Gizi yang Bermanfaat untuk Pola Hidup Sehat


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published