Ini Alasan Jahe Merah Dipercaya bisa Obati Gastroenteritis

jahe merah

Gastroenteritis merupakan infeksi pada lambung dan usus yang disebabkan oleh beberapa jenis virus dan bakteri. Umumnya kondisi ini dikenal dengan istilah flu perut atau flu lambung. Jika anda terserang penyakit ini, biasanya akan mengalami beberapa gejala, seperti merasa mual dan muntah. 


Meski sudah banyak obatnya, namun penyakit Gastroenteritis dapat diatasi secara alami, salah satunya dengan jahe merah. Hal ini disebabkan kandungan sehat yang terdapat pada jahe merah.


Kenali Penyebab Gastroenteritis

Ada beberapa bakteri penyebab gastroenteritis, seperti bakteri salmonella, rotavirus, dan norovirus. Berbagai bakteri tersebut sering ditemukan pada makanan dan air. Selain itu, makanan matang yang dibiarkan terlalu lama dalam suhu kamar juga bisa menyebabkan munculnya bakteri gastroenteritis.


Seseorang dapat terkena penyakit perut ini bila mengonsumsi makanan dan air yang sudah terkontaminasi bakteri penyebab gastroenteritis atau tertular melakukan kontak langsung dengan pengidap.


Ciri-ciri Munculnya Gastroenteritis

Infeksi ini seringkali muncul dengan ditandai rasa mual, muntah, dan diare. Meskipun sebenarnya gastroenteritis jarang menyebabkan komplikasi. Namun, penyakit ini bisa sangat berbahaya, bahkan berisiko menyebabkan kematian bila pasien terus-menerus muntah dan diare. Pasalnya, muntah dan diare membuat pengidap tidak mampu mengonsumsi atau menyerap obat untuk mengobati infeksi.


Selain itu, jika dibiarkan terlalu lama, pengidap bisa mengalami dehidrasi. Bahkan jika penyakit ini sering dialami oleh anak kecil dan orang dewasa dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Itu sebabnya gejala gastroenteritis perlu diobati segera.


Benarkah Jahe Merah Ampuh Atasi Gastroenteritis?

jahe merah

Sumber foto: Google


Hasil uji klinis yang dilakukan sejumlah ilmuwan Eropa menyatakan bahwa jahe merah efektif untuk meredakan muntah yang parah, sehingga bisa dijadikan pertolongan pertama untuk mengatasi gastroenteritis. Studi yang dilakukan pada anak-anak dengan masalah gastroenteritis ini, mendapatkan hasil bahwa jahe merah dapat mengurangi keparahan dan frekuensi muntah. 


Hal ini berkat kandungan anti-inflamasi yang terdapat dalam jahe merah mampu memberikan efek antiemetik (anti-muntah).


Jadi, salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi gejala mual dan muntah yang disebabkan gastroenteritis adalah dengan mengonsumsi minuman rehidrasi, seperti jahe merah. Dengan demikian, obat dan makanan yang Anda konsumsi juga dapat diserap tubuh dengan optimal. 


Nah, untuk mencegah gastroenteritis ada baiknya Anda juga harus menyimpan stok jahe merah di rumah. Anda bisa berbelanja melalui Healthy Choice, atau bisa langsung klik di sini. Tersedia berbagai bahan makanan organik yang baik untuk menunjang kesehatan Anda.

 

Baca juga: Ini Manfaat Jahe Merah Di Balik Kelezatan Saat Makan Sushi

Baca juga: Jahe Merah Dipercaya Dapat Meningkatkan Kesuburan Pria. Cek Faktanya


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published