Ini Bedanya Kalori Bubur Kacang Hijau Tanpa Ketan dan Pakai Ketan

Ini Bedanya Kalori Bubur Kacang Hijau Tanpa Ketan dan Pakai Ketan

Bubur kacang hijau organik merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang banyak digemari. Makanan ini biasa disajikan sebagai dessert atau makanan penutup manis. Selain rasanya yang lezat, bubur kacang hijau juga memiliki banyak nutrisi sehingga menyehatkan tubuh.

Bubur ini biasanya berisi biji kacang hijau dan bubur putih yang disiram kuah santan dan gula merah. Selain disukai banyak orang, makanan satu ini ternyata cukup rendah kalori, lho. Namun, kalori bubur kacang hijau organik akan berbeda jika kamu menyajikannya bersama ketan hitam.

Berapa Jumlah Kalori Bubur Kacang Hijau Tanpa Ketan dan Pakai Ketan?

Makanan yang bisa dikonsumsi orang dewasa maupun anak-anak ini kaya akan protein. Selain itu, tubuh juga akan mendapatkan asupan vitamin, mineral, dan enzim yang terdapat di dalam kacang hijau.

Semangkuk bubur kacang hijau organik dapat mencukupi kebutuhan vitamin C harian. Selain itu, kacang hijau juga mengandung zat besi yang bisa membantu mencegah anemia. Namun, semangkuk bubur kacang hijau memiliki kalori cukup tinggi.

Dalam 100 gram kacang hijau memiliki kalori sebanyak 323 kkal. Namun, jika ditambahkan ketan jumlah kalorinya akan semakin tinggi. Pasalnya, semangkuk ketan terdapat 169 kalori. Karena itulah, jika kamu sedang menjalani program diet, sebaiknya konsumsi bubur kacang hijau tanpa ketan ya.

Apa Saja Manfaat Kacang Hijau Organik untuk Kesehatan?

Sumber foto: Google

Meski kalorinya cukup tinggi, kacang hijau organik juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya. Kacang hijau merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik. Selain itu, kacang ini juga menyimpan asam amino esensial, seperti lisin, leusin, isoleusin, fenilalanin, arginin, dan lainnya. Karena kandungannya tersebut, berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi bubur kacang hijau yang bisa kamu dapatkan:

  • Kaya Kandungan Antioksidan
  • Kacang hijau memiliki banyak kandungan antioksidan sehat, termasuk flavonoid, fenolik, asam cinnamic, dan asam caffeic. Antioksidan akan membantu menetralkan molekul berbahaya yang biasa disebut radikal bebas.

    Dalam jumlah yang tinggi, radikal bebas bisa berinteraksi dengan komponen seluler dan meningkatkan risiko penyakit berbahaya. Kerusakan ini telah dikaitkan dengan penyakit jantung, peradangan kronis, hingga kanker. Antioksidan dalam kacang hijau organik mampu menetralkan kerusakan sel-sel dalam tubuh akibat radikal bebas yang terkait dengan kanker di perut dan sel paru-paru.

  • Membantu Mengontrol Tekanan Darah
  • Tekanan darah tinggi merupakan masalah kesehatan serius karena bisa memicu risiko penyakit jantung. Kacang hijau adalah salah satu makanan yang mampu menurunkan tekanan darah.

    Jenis kacang satu ini merupakan sumber serat, potassium, dan magnesium yang baik bagi tubuh. Berkat kandungan nutrisinya itu, tekanan darah tinggi akan menurun dengan signifikan.

  • Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat dalam Tubuh
  • Kolesterol tinggi, terutama low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat, bisa menjadi penyebab penyakit jantung. Menariknya, studi membuktikan bahwa kacang hijau mungkin bisa menurunkan kadar LDL dalam tubuh.

    Penelitian pada hewan misalnya, menunjukkan bahwa kandungan antioksidan pada kacang hijau bisa menurunkan kadar LDL dalam darah dan melindungi partikel LDL dari paparan radikal bebas yang tidak stabil.

    Itu dia penjelasan singkat tentang kalori bubur kacang hijau. Ingin mulai konsumsi kacang hijau organik? langsung saja dapatkan di Healthy Choice. Kamu bisa mulai mengonsumsi makanan sehat lewat Healthy Choice. Tunggu apa lagi? Yuk segara klik di sini!

     

    Baca juga: Ampuh Atasi Masalah Kulit, Coba Perawatan Kecantikan dengan Kacang Hijau

    Baca juga: Apakah Boleh Memberi Kacang Hijau Organik pada Bayi? Ini Faktanya


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published