Jadi Tidak Sehat, 10 Kesalahan Membuat Overnight Oats yang Wajib Diketahui

Jadi Tidak Sehat, 10 Kesalahan Membuat Overnight Oats yang Wajib Diketahui

Overnight oat sering direkomendasikan sebagai salah satu menu sarapan sehat. Kamu juga sering mengonsumsi BRM GF Steel Cut Oats? Apakah cara kamu membuatnya sudah benar?

Oat atau gandum dikenal sebagai pilihan karbohidrat sehat yang menawarkan banyak manfaat kesehatan. Overnight oat sendiri adalah oats yang direndam selama semalam lalu disimpan dalam kulkas. Biasanya, oat direndam dalam yogurt atau susu.

Dengan begitu, oat akan melunak dan jadi sarapan yang lembut dan enak untuk esok paginya.

10 Kesalahan dalam Membuat Overnight Oat

Meski cara membuatnya mudah, namun tidak sedikit orang yang masih melakukan kesalahan saat membuatnya. Hal ini tentu membuatnya tidak sehat lagi untuk dikonsumsi. Teksturnya juga bisa menjadi terlalu lembek dan rasanya kurang enak.

Nah, berikut ini beberapa kesalahan yang perlu kamu hindari saat membuat overnight oat.

  1. Proporsi cairan yang digunakan tidak tepat, sehingga hasilnya kering atau terlalu lembek. Rasio ideal antara oat dan cairan adalah 1:1.
  2. Menggunakan instant oat sehingga teksturnya terlalu lembek. Pilih BRM GF Steel Cut Oats karena memiliki tekstur sempurna.
  3. Terlalu sebentar merendamnya. Idealnya overnight oat membutuhkan waktu 4-6 jam supaya cairan meresap ke dalam oat dengan baik.
  4. Tidak menambahkan perisa seperti kayu manis, vanila, atau sirup maple sehingga aroma dan rasanya hambar.
  5. Tidak mengaduknya setelah direndam, sehingga semua bahan tidak tercampur rata dan teksturnya keras.
  6. Menambahkan buah-buahan yang cepat lembek, sehingga overnight oat terasa kurang nikmat. Sebagai pilihan, kamu bisa menggunakan apel atau pisang.
  7. Tidak menambahkan pemanis yang membuat rasa overnight oat hambar. Madu atau gula kelapa boleh kamu tambahkan ke dalam menu satu ini.
  8. Menyimpannya dalam wadah yang tidak tertutup rapat sehingga menjadi kering dan terkontaminasi bau makanan lain dalam kulkas.
  9. Terlalu banyak menambahkan bahan bisa membuat rasanya tidak menyatu. Jadi, tambahkan bahan-bahan yang kamu inginkan secukupnya saja, ya.
  10. Tidak memerhatikan konsistensi atau tekstur. Cobalah membuat overnight oat beberapa kali dengan proporsi cairan yang berbeda hingga menemukan konsistensi yang disuka.

Cara Membuat Overnight Oat

Membuat overnight oat sangatlah mudah, kamu hanya perlu mencampurkan BRM GF Steel Cut Oats dengan bahan lainnya di dalam wadah. Kemudian tutup rapat dan simpanlah di dalam kulkas.

Umumnya, bahan-bahan yang digunakan adalah oat dan susu atau yogurt. Masukkan bahan-bahan tersebut secara berlapis.

Demi memperoleh manfaat yang optimal, kamu bisa menambahkan topping sesuai selera. Tambahkan potongan buah segar, kacang dan biji-bijian agar lebih sehat.

Manfaat Overnight Oat

Biasa dikonsumsi untuk sarapan, berikut ini manfaat overnight oat bagi kesehatan:

  • Mengatasi sembelit
  • Oats kaya akan serat yang dapat membantu pergerakan usus. Ini membuatnya lebih mudah melewati usus besar karena sifat oat yang lembut. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari sembelit.

  • Mengontrol gula darah
  • Karena tinggi kandungan serat dan karbohidrat kompleks, BRM GF Steel Cut Oats bisa membantu menghambat proses konversi makanan jadi gula sederhana.

    Selain itu, beta-glukan di dalamnya juga membantu mengontrol kadar gula darah saat sebelum dan sesudah makan.

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Manfaat oat yang paling terkenal adalah dapat menyehatkan jantung. Manfaat ini didapatkan karena oat mampu membasmi kolesterol.

    Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition and Metabolism, beta-glukan terbukti bisa mengurangi jumlah kolesterol hingga 5-10%.

    Itulah beberapa informasi tentang overnight oat yang mesti kamu tahu. Agar tidak salah pilih, kamu bisa menggunakan BRM GF Steel Cut Oats dari Healthy Choice. Selamat mencoba menu sehat ini ya!

     

    Baca juga: Resep Sederhana Untuk Membuat Sarapan atau Camilan Sehat dengan Rolled Oat Whole Grain

    Baca juga: Sekilas Mirip, Kenali Perbedaan Gandum dan Oat Beserta Manfaatnya untuk Hidup Sehat


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published