Lebih Sehat dari Terigu, Ini Manfaat Tepung Beras untuk Pola Hidup Sehat

pola hidup sehat

Umumnya jajanan Indonesia terbuat dari tepung beras. Selain memiliki tekstur yang lebih halus dibandingkan tepung terigu, tepung beras juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Apa saja kah itu? Mari simak beberapa manfaat tepung beras untuk kesehatan.


Perbedaan Tepung Beras dengan Tepung Terigu

Paling umum dikonsumsi sehari-hari adalah tepung terigu karena sifatnya yang serba guna. Anda bisa menggunakan tepung ini untuk berbagai macam panganan, mulai dari kue, gorengan, roti, maupun mie. Tepung terigu memiliki warna putih bersih dan terbuat dari biji gandum yang digiling sampai teksturnya halus. Sementara tepung beras organik terbuat dari beras putih atau beras merah yang digiling halus.


Karena terbuat dari bahan yang berbeda, kandungan nutrisi dari masing-masing tepung ini juga berbeda. Nah, berikut ini perbedaan kandungan nutrisi antara kedua jenis tepung ini.


  • Kalori
  • Perbedaan paling mencolok antara tepung beras dan tepung terigu adalah kandungan kalori di dalamnya. Kedua jenis tepung ini mengandung kalori yang tinggi. Namun, tepung beras diketahui memiliki kalori yang lebih tinggi ketimbang tepung terigu biasa.


    Bahkan dalam satu cangkir tepung beras menyimpan setidaknya 578 kalori. Sementara dalam satu cangkir tepung terigu biasa, kalori yang terkandung di dalamnya sebanyak 400 kalori. Meski demikian, kabar baiknya kedua tepung tersebut sama-sama rendah lemak.


  • Karbohidrat
  • Sebagian besar kalori yang dimiliki tepung ini berasal dari karbohidrat. Ketimbang tepung terigu biasa, tepung beras mengandung karbohidrat yang lebih tinggi. Dalam satu cangkir, tepung beras mengandung 127 karbohidrat, sedangkan tepung terigu 84 gram karbohidrat.


  • Serat
  • Karena tepung terigu terbuat dari gandum, maka kandungan seratnya lebih banyak daripada tepung yang terbuat dari beras. Secangkir tepung terigu mengandung serat sebanyak 12 gram. Terpaut jauh dari tepung beras yang hanya mengandung 4 gram serat.


  • Protein
  • Perlu diketahui bahwa tepung terigu mengandung protein sedikit lebih banyak ketimbang tepung beras. Secangkir tepung terigu diketahui mengandung sekitar 16 gram protein, sementara tepung yang terbuat dari beras hanya mengandung 9 gram protein.


    Manfaat Tepung Beras untuk Kesehatan

    pola hidup sehat

    Sumber foto: Google

    Sebagai bahan makanan sehat, tepung beras organik memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Terlebih jika diolah dengan baik. Nah, berikut ini manfaat sehat tepung beras yang perlu anda ketahui.


    1.Dapat Mencegah Gula Darah naik

    Seperti yang sudah dijelaskan diatas, tepung ini bisa terbuat dari beras merah maupun putih. Faktanya, tiap jenis beras yang diolah menjadi tepung mengandung nutrisi yang berbeda. Jika anda khawatir gula darah naik secara drastis, anda bisa memilih tepung beras organik yang berasal dari beras merah. Pasalnya, beras merah mengandung lebih banyak serat serta rendah gula dibandingkan beras putih. Alhasil, konsumsi beras merah jauh lebih baik bagi anda yang sedang membatasi asupan gula.


    2.Bebas Gluten

    Perlu diketahui bahwa tepung terigu mengandung protein yang disebut gluten. Bagi anda yang alergi terhadap gluten, mengonsumsi tepung terigu bisa jadi masalah. Hal ini berbanding balik dengan tepung beras yang justru bebas gluten. Tentu saja hal ini menjadi kabar baik bagi orang yang memang memiliki riwayat alergi gluten dan penyakit Celiac.


    Penyakit tersebut merupakan gangguan autoimun yang menyerang saluran pencernaan. Jika anda memiliki penyakit ini, mengonsumsi makanan yang mengandung gluten akan memicu respon sistem imun untuk menyerang jaringan sehat di usus kecil.


    Jika dibiarkan kondisi ini dapat merusak lapisan usus yang pada akhirnya dapat memengaruhi proses penyerapan nutrisi penting di dalam tubuh. Alhasil, orang dengan penyakit ini sangat rentan mengalami gangguan pencernaan, seperti diare, sakit perut, kembung dan sebagainya.


    Setelah mengetahui kandungan gizi dan manfaat dari tepung beras organik, tak ada salahnya anda mencoba mengolahnya menjadi menu makan sehat untuk keluarga. Jika ingin lebih praktis anda klik di sini atau kunjungi Healthy Choice untuk mendapatkan produk makanan sehat.

     

    Baca juga: Bisa Jadi Camilan Sehat, Kenali Manfaat Tepung Beras Organik untuk Kesehatan Tubuh

    Baca juga: Cegah Anemia, Ini Rekomendasi Minuman Penambah Darah untuk Pola Hidup Sehat


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published