Menu Diet Sehat Anak untuk Menghindari Obesitas Dini

diet sehat

Diet secara harfiah dapat diartikan sebagai pola makan sesuai kondisi kesehatan. Misalnya diet untuk penyakit jantung, diabetes, hingga obesitas. Sehingga diet dapat juga diartikan untuk mengurangi berat badan dengan cara mengurangi makanan berlebih atau menghindari jenis makanan tertentu.

Diet pada anak obesitas memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan berlebih pada anak, selain itu membantu mengatur asupan makanan agar lebih teratur dan mencegah penyakit yang dapat timbul kapan saja. Penyakit tersebut dapat bersumber dari mengkonsumsi makanan yang kurang sehat.

Namun ada perbedaan diet antara orang dewasa dengan anak berusia 6-9 tahun, masih dalam masa pertumbuhan sehingga berbagai macam gizi yang ada pada makanan dibutuhkan untuk membantu memaksimalkan tumbuh kembang si kecil.

Perbedaan diet anak dengan orang dewasa terletak pada jenis makanan, dimana anak-anak juga dianjurkan tidak mengurangi kandungan gizi penting dalam di makanan yang tidak dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dengan program diet.

Beberapa Ide Menu Diet Sehat Anak untuk Menghindari Penyakit Obesitas

  • Tumis Daging Manis

  • diet sehat
    Sumber foto: Canva.com

    Daging sapi atau ayam menjadi salah satu makanan yang tidak hanya enak tetapi memiliki kandungan protein yang baik untuk kesehatan anak. Namun, perlu dipastikan anda memberikan daging yang tidak mengandung lemak yang kurang baik untuk penderita obesitas.

    Baik ayam ataupun daging memiliki kandungan gizi yang dapat anda olah dengan cara ditumis. Resep yakiniku ataupun teriyaki menjadi menu yang mudah disukai anak, anda juga dapat menambah potongan sayur seperti brokoli dan paprika. Sebagai pelengkap anda dapat memilih sumber protein dan lemak hewani sehat seperti ikan dan telur.

  • Sup dengan Campuran Sayuran

  • Sup dengan campuran sayur merupakan makanan yang tepat dan umum dikonsumsi anak-anak, karena terdapat berbagai macam sayur yang baik dikonsumsi. Pilihan sayuran yang dapat anda gunakan diantaranya sawi, brokoli, wortel, kol, dan jagung.

    Jangan lupa menambahkan bawang dan daun bawang yang dibutuhkan pada tambahan rasa pada campuran sup. Anda juga dapat menambahkan tahu sebagai tambahan protein dalam sup. Sebagai variasi lain anda juga dapat menambahkan sosis ke dalam sayur sup.

  • Sereal, Makanan Praktis dan Lezat

  • diet sehat
    Sumber foto: Canva.com

    Sarapan merupakan rutinitas penting untuk memberi stamina dalam beraktivitas tak terkecuali untuk anak. Sereal menjadi salah satu makanan anak yang sering disantap pada pagi hari karena dianggap mudah dibuat, anda dapat menjadikan sereal sebagai menu diet sehat bagi anak.

    Pilihlah sereal gandum dengan susu anak jenis skim yang cair dan beberapa potong buah jadi menu sarapan yang baik untuk anak yang sedang diet. Sereal gandum memiliki serat tinggi untuk membantu anak kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi keinginan untuk makan cemilan maupun makanan berat di luar jam makan.

  • Pasta Bolognese dengan Tambahan Sayur

  • diet sehat
    Sumber foto: Canva.com

    Pasta bolognese merupakan makanan yang tidak hanya enak tetapi juga mudah dibuat. Hanya dengan menambahkan beberapa jenis sayur, pasta bolognese dapat disaji sebagai menu diet yang sehat.

    Ada pun Pasta ini dapat dimakan pada waktu sore hari untuk mengganjal perut, tentunya dengan memperhatikan porsi makan anak. Tambahkan sayuran seperti brokoli dan kembang kol untuk menambah asupan yang sehat berupa serat dan vitamin yang baik untuk kesehatan anak.

     

    Baca juga: Trik Mudah Membuat Olahan Snack Sehat untuk Anak

    Baca juga: Referensi cemilan sehat yang baik untuk jantung


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published