Hindari! Beberapa Kesalahan Diet yang Tidak Sehat

diet

Diet merupakan sebuah upaya untuk menurunkan berat badan atau mengurangi jenis makanan tertentu, namun diet yang tidak sehat dapat mengakibatkan timbulnya penyakit berbahaya pada tubuh. Diet tersebut umumnya diakibatkan karena tata cara yang tidak sesuai dengan kondisi tubuh, setiap orang memiliki kapasitas diet yang berbeda-beda.

Berkonsultasi langsung pada dokter menjadi pilihan yang tepat untuk mengetahui kondisi tubuh, agar tidak sembarangan dalam menjalankan diet. Hal ini juga akan menghindari tubuh terserang penyakit karena salah mengatur pola makan dengan cara yang tepat. Kamu juga harus menghilangkan kebiasaan yang tidak baik bagi kondisi kesehatan.

Kebiasaan buruk tersebut seperti merokok dan minum-minuman bersoda menjadi hal yang harus dihindari, karena diet akan menjadi kurang maksimal ketika kamu mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula. Kesehatan yang baik hanya dapat dicapai dengan kombinasi diet seimbang, olahraga teratur, serta menghindari stress.

Beberapa Kesalahan Diet yang Dapat Picu Penyakit pada Tubuh

  • Mengkonsumsi Pil Pelangsing secara Asal

  • diet
    Sumber foto: Canva.com

    Terdapat berbagai macam pil pelangsing atau penurun berat badan yang dijual secara bebas, namun diantara pil diet yang beredar memiliki harga yang sangat murah dengan iming-iming penawaran dapat melangsingkan tubuh secara cepat tanpa kandungan yang jelas. Meminum pil pelangsing yang belum teruji kandungannya merupakan kesalahan diet yang tidak sehat.

    Selain itu, pil diet yang sembarangan dapat mengakibatkan kecanduan. Jika kamu meminum pil diet tanpa anjuran dokter, nilai gizi yang tidak jelas dan tidak memperhatikan asupan harian, maka hasilnya akan sama saja. Akan lebih baik jika kamu melakukan diet sehat tanpa mengandalkan pil pelangsing.

  • Banyak Aturan yang Berlebihan

  • Diet mengharuskan seseorang untuk tidak mengkonsumsi makanan tertentu dan membatasi porsi makan yang berlebihan. Namun jika segala jenis makanan tidak dikonsumsi sekalipun makanan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang baik, maka cara ini merupakan kesalahan diet sehingga dapat mengurangi keseimbangan gizi di dalam tubuh.

    Akan sulit mempertahankan kebiasaan diet yang terlalu banyak aturan, efek hasil dari diet yang dilakukan pun menjadi kurang maksimal. Sebaiknya kamu melakukan diet secara alami sesuai kesanggupan tubuh.

  • Menghilangkan Kebiasaan Sarapan

  • diet
    Sumber foto: Canva.com

    Sarapan penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian, sehingga menjalankan aktivitas akan terasa lebih ringan dan tidak lemas. Akan kurang baik, jika kamu menghilangkan sarapan hanya karena sedang diet, kebiasaan ini dapat mengurangi metabolisme dan mengurangi gizi yang harus dipenuhi tubuh.

  • Kurang Memperhatikan Hasil Diet

  • Penting bagi seseorang yang sedang menjalankan diet untuk memperhatikan hasil dietnya, sehingga dapat menjadi motivasi agar lebih semangat untuk kedepannya. Selain  menjaga pola makan yang cukup, kamu juga harus menambahkan kebiasaan berolahraga untuk membentuk massa otot dan kondisi badan menjadi lebih berstamina.

  • Tidak Mengkonsumsi Makanan Tertentu demi Menjaga Diet

  • diet
    Sumber foto: Canva.com

    Beberapa metode diet yang ada diantaranya ada yang menghilangkan makanan tertentu contohnya produk susu atau karbohidrat. Padahal tubuh tetap membutuhkan nutrisi yang terkandung dalam makanan yang mengandung karbohidrat.

    Jika dibiarkan maka dapat menyebabkan seseorang kekurangan nutrisi, kuncinya konsumsi makanan mengandung karbohidrat dalam jumlah terbatas. Selain karbohidrat, ada pula diet yang menghindari lemak secara lengkap yang dipercaya dapat menurunkan berat badan lebih cepat.

    Akan tetapi tubuh juga membutuhkan nutrisi seperti lemak sehat yang dapat menutrisi tubuh. Untuk itu kamu tetap dapat mengkonsumsi lemak sehat yang terdapat pada makanan seperti buah kelapa dan alpukat, namun tetap memperhatikan batas konsumsinya.

  • Target Diet yang Kurang Realistis

  • Sebagian besar orang menjalankan diet kurang memperhatikan dan memperhitungkan apakah dengan proses diet yang dilakukan dapat memberi hasil maksimal, sehingga memberi target yang ekstrim dan kurang realistis. Memberi target diet memang boleh saja dilakukan, namun tetap memperhitungkan apakah kondisi tubuh dapat menerima diet yang diterapkan atau tidak.

     

    Baca juga: Trik Sarapan Sehat untuk Program Diet

    Baca juga: Tips Menyiapkan Sarapan Sehat untuk Keluarga


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published