Mitos atau Fakta Minum Jahe Merah Dapat Melegakan Hidung Tersumbat

Mitos atau Fakta Minum Jahe Merah Dapat Melegakan Hidung Tersumbat

Aktivitas terganggu karena hidung tersumbat? Selain mengganggu aktivitas, hidung tersumbat juga bisa memengaruhi kualitas tidur lho. Biasanya hidung tersumbat terjadi akibat jaringan dan pembuluh darah di sekitar hidung membengkak karena cairan berlebih. Sehingga tidak jarang hidung tersumbat disertai dengan gejala lain, seperti keluarnya ingus.

Hidung tersumbat bisa disebabkan oleh berbagai masalah, seperti pilek, alergi, flu, hingga sinusitis. Jika kondisimu masih tergolong ringan, sebaiknya tunda dulu mengonsumsi obat-obatan. Nah, minum teh jahe merah disebut dapat melegakan hidung tersumbat. Lalu, bagaimana faktanya? Benarkah jahe merah bisa mengatasi hidung tersumbat?

Jahe Mampu Mengatasi Hidung Tersumbat

Tanaman rempah satu ini mudah ditemukan di Indonesia. Dengan aroma dan rasanya yang khas, jahe merah sangat mudah dikenali. Selain sebagai bahan minuman atau makanan, jahe juga banyak digunakan sebagai tanaman herbal yang diyakini dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Menurut Medical New Today, jahe merupakan tanaman herbal yang tinggi kandungan antioksidan. Kandungan ini dapat membantu mengatasi gangguan pada sendi, mengurangi gejala peradangan pada tubuh, hingga menurunkan risiko infeksi.

Fakta lainnya, berdasarkan penelitian dari BMC Complementary Medicine and Therapies, jahe juga bermanfaat untuk mengatasi hidung tersumbat. Hidung yang tersumbat bisa terjadi karena beberapa sebab, salah satunya karena penyakit flu. Penyakit flu sendiri diakibatkan oleh infeksi virus pada sistem pernapasan.

Berkat kandungan di dalamnya, jahe berfungsi sebagai antibakteri, anti virus, anti peradangan, dan berbagai fungsi lainnya untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Jadi, kalau kamu mengalami hidung yang tersumbat akibat infeksi virus, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi jahe. Kamu bisa mengonsumsi jahe segar maupun ekstrak jahe merah yang diseduh sebagai minuman.

Mengutip dari Hindawi, efek hangat yang dimiliki jahe juga menjadi alasan lain yang bisa membantu kamu untuk mengobati hidung tersumbat karena penyakit flu.

Kandungan anti inflamasi yang tinggi pada jahe juga bisa kamu manfaatkan untuk meredakan hidung yang tersumbat. Selain dikonsumsi, cara lain untuk melegakan hidung tersumbat dengan jahe merah yaitu mengompres bagian hidung dengan air jahe.

Untuk mengompres, caranya rebuslah beberapa potong jahe selama 15 menit. Setelah cukup dingin, celupkan kain bersih untuk kompres, kemudian letakkan pada bagian hidung.

Manfaat Jahe Merah Lainnya

Sumber foto: Google

Jahe merah tidak hanya bisa digunakan untuk melegakan hidung tersumbat. Ada berbagai manfaat jahe lainnya untuk kesehatan yang perlu kamu tahu. Melansir Healthline, jahe bermanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti dyspepsia.

Bagi wanita, konsumsi jahe merah selama masa pra menstruasi dapat mengurangi kram perut. Kandungan antioksidannya yang tinggi juga dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit kanker.

Namun, selain rutin mengonsumsi jahe merah, jangan lupa selalu perhatikan pola makan dan terapkan pola hidup sehat agar kebutuhan nutrisi dalam tubuh selalu tercukupi. Dengan begitu, kamu bisa terhindari dari berbagai penyakit.

Selain itu, segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat jika kamu memiliki keluhan kesehatan. Dengan pendeteksian penyakit lebih awal, gangguan kesehatan yang dialami pun akan lebih mudah ditangani.

Nah, kamu ingin mulai menerapkan pola hidup sehat dengan rutin mengonsumsi jahe merah setiap hari? Sekarang tersedia cara praktis untuk mengonsumsinya, karena sudah tersedia ekstrak jahe merah di Healthy Choice. Bahan makanan sehat jadi lebih mudah didapatkan hanya dengan sekali klik di sini!

 

Baca juga: Tips Mudah Meredakan Migrain, Benarkah Jahe Merah Lebih Ampuh

Baca juga: Efektif Mengatasi Mual, Ini Khasiat Jahe Merah Menurut Peneliti


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published