Mudah Didapatkan, Ini Daftar Makanan Sehat yang Mengandung Zinc

Mudah Didapatkan, Ini Daftar Makanan Sehat yang Mengandung Zinc

Makanan sehat yang mengandung zinc sangat dibutuhkan karena senyawa ini berperan penting dalam mendukung sistem imun tubuh, penyembuhan luka, DNA dan sintesis protein, serta fungsi tubuh lainnya. Selama ini gandum utuh dikenal sebagai salah satu makanan sumber zinc yang baik.

Namun nyatanya, masih ada beberapa makanan lain yang juga kaya akan kandungan nutrisi satu ini. Apa saja daftar makanan yang mengandung zinc? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Makanan yang Mengandung Zinc

Zinc adalah mineral penting yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan tubuh. Mineral satu ini juga diperlukan untuk mendorong fungsi enzim dan proses penting lainnya di dalam tubuh.

Karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, kita pun harus memenuhi kebutuhan asupan ini dari makanan maupun suplemen. Berikut ini beberapa makanan yang kaya akan kandungan zinc.

  • Kerang-kerangan
  • Selain sumber zinc, kerang-kerangan juga rendah kalori. Oysters tinggi nutrisi, dimana 6 oysters mengandung 32 mg zinc. Jenis kerang lainnya mungkin mengandung lebih sedikit zinc dibandingkan oysters namun masih menjadi sumber yang baik.

    Bagi ibu hamil, pastikan konsumsi kerang matang untuk meminimalisir risiko keracunan makanan. Selain itu, kepiting, udang, dan kerang hijau juga merupakan sumber zinc yang baik.

  • Daging Merah
  • Daging merah merupakan makanan yang tinggi kandungan zinc, dimana dalam 100 gram daging giling mentah terdapat 4,8 mg zinc. Bukan hanya zinc, daging merah juga mengandung vitamin B, zat besi, dan kreatin.

    Perlu diperhatikan bahwa konsumsi daging merah yang berlebihan, terutama daging olahan, banyak dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung. Jadi, batasi konsumsinya dalam batas normal dan barengi dengan makan buah, sayur, serta serat ya.

  • Whole Grain
  • Gandum utuh, quinoa, oat, dan beras adalah jenis whole grain yang mengandung zinc. Selain itu, makanan ini juga mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin B, serat, magnesium, selenium, mangan, fosfor, dan zat besi.

    Mengonsumsi whole grain seperti gandum utuh telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, seperti menurunkan risiko diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit jantung.

    Sumber foto: Google

  • Kentang
  • Secara umum, buah dan sayuran bukan sumber zinc yang maksimal. Namun, beberapa jenis sayuran mengandung zinc yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian, terutama kalau kamu tidak mengonsumsi daging.

    Kentang mengandung 1 mg zinc yang dapat membantu mencukupi 9% kebutuhan harian. Kacang hijau organik dan kangkung juga mengandung zinc meski dalam jumlah lebih sedikit.

  • Biji-bijian
  • Dalam 30 gram biji rami terkandung 31% dan 43% dari kebutuhan zinc harian yang disarankan untuk pria dan wanita. Selain sumber zinc, biji-bijian juga mengandung lemak sehat, vitamin, mineral, dan serat yang menjadikannya sebagai makanan tambahan yang bagus untuk diet. Kamu bisa menambahkannya ke dalam sup, salad, yoghurt, atau makanan lain.

  • Kacang-kacangan
  • Kacang tanah, kacang pinus, kacang hijau organik, mete, dan almond ternyata dapat meningkatkan asupan zinc harian lho. Kacang juga kaya akan nutrisi sehat lain, termasuk serat, lemak, vitamin, dan mineral.

    Kacang mete adalah pilihan terbaik karena paling tinggi kandungan zinc-nya. 28 gram kacang mete bisa membantu mencukupi 15% kebutuhan zinc harian.

    Nah, itu dia beberapa makanan sehat yang mengandung zinc. Kamu bisa mendapatkan beberapa produk bahan makanan yang mengandung zinc seperti gandum utuh, kacang hijau organik, beras, dan beberapa jenis kacang dan biji-bijian lainnya di Healthy Choice. Apalagi yang ditunggu? Yuk langsung klik produknya di sini.

     

    Baca juga: Rekomendasi Makanan Sehat yang Aman Dikonsumsi Pengidap Dispepsia

    Baca juga: Beralih Ke Makanan Sehat dan Hindari Makanan ini agar Awet Muda


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published