Pakai Masker Wajah dari Bahan Alami, Ternyata Buat Hidup Sehat dan Praktis

hidup sehat

Masker wajah bisa dibilang adalah produk skincare paling beragam di pasaran. Tapi, selain produk-produk yang sudah tersedia, kamu pun sebenarnya bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan alami di rumah.

Apa Saja Manfaat Masker Wajah Alami?

hidup sehat

Sumber foto: Google

Produk perawatan wajah alami memang memiliki daya tarik tersendiri. Mungkin ini juga alasan mengapa produk pelembab, masker, hingga scrubbing dari bahan alami seakan tidak pernah kehilangan para penggemarnya.                                                                                                                                                                                     

Tapi tidak sedikit juga orang yang memilih perawatan medis demi mendapatkan kulit cantik dan sehat. Metode ini memang sangat ampuh dan memberikan hasil dalam waktu lebih singkat. Namun tidak bisa dipungkiri, biaya yang harus dikeluarkan setiap perawatan juga tidaklah murah.

Penggunaan bahan alami sebagai masker mungkin tidak memberikan hasil cepat seperti perawatan medis. Meski begitu, bahan-bahan alami ini bisa memberikan manfaat dasar untuk kulit.

Kadar air yang cukup tinggi di dalam produk masker dari bahan alami bisa melembabkan serta meremajakan kulit. Kandungan vitamin, mineral, dan berbagai nutrisi lain di dalamnya juga akan mendorong pembentukan sel-sel baru di dalam kulit.

Beberapa bahan alami yang biasa digunakan dalam masker juga memiliki butiran yang berfungsi seperti scrub. Butiran lebih besar mampu melakukan eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati, sedangkan butiran kecilnya akan membersihkan pori-pori.

Secara umum, masker wajah alami ini ampuh untuk membersihkan, mengencangkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati, melembutkan dan mencerahkan kulit.

5 Bahan Alami untuk Masker Wajah

Kamu bisa membuat masker alami sendiri dari berbagai bahan, mulai dari biji-bijian hingga bumbu yang biasa digunakan dalam masakan. Nah, berikut beberapa bahan yang biasa digunakan sebagai masker wajah.

  1. Masker Cokelat

Selain rasanya enak, cokelat ternyata juga bisa lho digunakan sebagai masker wajah. Menurut penelitian dari Journal of Nursing and Health Science, terutama dark chocolate (cokelat hitam) tinggi akan kandungan antioksidan.

Salah satu jenis antioksidan di dalamnya adalah flavonoid yang mampu mengatasi peradangan pada kulit. Itulah mengapa cokelat bisa dijadikan masker alami untuk perawatan anti-aging.

  1. Masker Beras

Air beras organik cukup populer dalam produk anti-aging karena kandungan antioksidannya, terutama asam fitat dan flavonoid. Bahkan, kedua kandungan tersebut juga sering ditemukan dalam produk skincare.

  1. Lidah Buaya

Gel lidah buaya merupakan pelembab alami yang dapat meningkatkan produksi kolagen sekaligus membuat kulit lebih kenyal dan elastis. Masker lidah buaya juga dapat melindungi kulit dari efek negatif sinar UV yang menyebabkan keriput di wajah.

  1. Masker Kunyit

Masker kunyit akan membantumu melindungi wajah dari efek buruk radikal bebas berkat kandungan kurkumin di dalamnya. Radikal bebas sendiri bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit.

  1. Lemon

Air lemon sangat ampuh untuk mengatasi kulit berminyak. Air lemon tinggi akan vitamin C yang dapat membantu mengangkat kotoran dan debu. Selain itu, buah satu ini juga efektif untuk memutihkan kulit.

Kamu bisa mengoleskan air lemon secara langsung atau mencampurnya dengan bahan-bahan lain. Untuk membersihkan pori-pori dan komedo, kamu bisa mencampur air lemon dengan putih telur.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk masker wajah. Memakai masker alami juga bisa menjadi cara hidup sehat dengan menghindari penggunaan bahan-bahan kimia.

Namun meski aman, ingat jangan gunakan secara berlebihan karena bisa membuat kulit iritasi. Pakai masker alami antara 1-3 kali seminggu, dan jangan pula memakainya semalaman.

Nah dari beberapa bahan di atas, kamu bisa mendapatkan beras organik untuk masker wajah di Healthy Choice ya. Selain itu, Healthy Choice juga menyediakan aneka bahan pangan lainnya yang mendukung pola hidup sehat mu.

 

Baca juga: Pola Hidup Sehat Untuk Turunkan Berat Badan, Ini Bedanya Diet Ketogenik dan Diet Ketofastosis

Baca juga: Cegah Gagal Jantung Sedini Mungkin, Ini Pola Hidup Sehat yang Tepat


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published