Penting untuk Perkembangan Otak, Ini Manfaat Minyak Zaitun untuk MPASI Si Kecil

minyak zaitun

Minyak alami yang terbuat dari ekstrak buah zaitun ini menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan. Bukan hanya bagi orang dewasa, nutrisi di dalam olive oil alias minyak zaitun juga bagus untuk bayi jika ditambahkan dalam menu MPASI-nya. Dalam setiap sendok olive oil terdapat kandungan:

  • 119 kalori
  • 12,5 gram lemak total
  • 1,9 gram lemak jenuh
  • 1,4 gram asam lemak tak jenuh ganda
  • 9,9 gram lemak tak jenuh tunggal

Meski begitu, kandungan lemak dalam minyak alami satu ini diketahui sangat menyehatkan dan aman dikonsumsi setiap hari.

Minyak Zaitun untuk MPASI

Berikut beberapa manfaat olive oil untuk MPASI sang buah hati, penasaran kan? Simak baik-baik ya.

  1. Mendukung Perkembangan Otak Anak

Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang tinggi di dalam minyak ini diketahui dapat mendorong pertumbuhan sel saraf, sehingga sangat bagus untuk perkembangan otak anak.

  1. Menjaga Fungsi Organ

Tingginya kandungan vitamin E, lemak tak jenuh tunggal, dan fenol di dalamnya sangat baik untuk fungsi pankreas dan jantung. Selain itu, nutrisi lainnya di dalam minyak satu ini juga dikenal mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah si kecil.

  1. Mencegah Pendarahan

Salah satu minyak yang kerap dijadikan pilihan utama para pelaku hidup sehat ini juga mengandung vitamin K. Vitamin K sendiri berfungsi sebagai pembeku darah, dengan begitu si kecil dapat terhindar dari masalah pendarahan, terutama saat ia mulai belajar berjalan. Selain itu, vitamin K juga baik untuk kesehatan tulang.

  1. Mencegah Obesitas

Meski hanya terdiri dari lemak, namun jangan ragu untuk menambahkannya ke dalam menu MPASI si kecil. Kandungan lemak di dalam minyak ini tidak akan membuat si kecil obesitas. Justru kandungan lemak tak jenuh di dalamnya akan membantu menghalangi penumpukan dan pembentukan lemak jahat di dalam tubuh.

  1. Mencegah Infeksi

Kandungan nutrisi di dalam olive oil juga mampu menghambat serta membunuh pertumbuhan bakteri penyebab infeksi, bahkan yang sudah kebal pada antibiotik sekalipun. Dengan menambahkannya ke dalam MPASI, anak akan terhindar dari masalah infeksi. Salah satunya infeksi saluran pencernaan yang berbahaya bagi kesehatan anak.

Kapan Waktu yang Tepat Memberikan Minyak Zaitun untuk Anak?

minyak zaitun

Sumber foto: Google

Meski menyimpan segudang manfaat, kamu tetap harus memberikan minyak zaitun dengan cara dan waktu yang tepat. Kamu bisa memberikannya sebagai MPASI saat si kecil sudah berusia 6 bulan.

Namun, takarannya harus dibatasi. Contohnya, cukup tambahkan satu sendok teh olive oil ke dalam 200 gram cacahan telur rebus atau bubur si kecil. Ingat, jangan memberikannya secara berlebihan karena dapat menyebabkan diare.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya sebagai minyak goreng jika ingin memasak MPASI untuk anak. Misalnya untuk menumis sayuran atau menggoreng telur dadar.

Selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu cara penyimpanan. Sebisa mungkin, pilihlah extra virgin oil, karena jenis ini mempertahankan antioksidan serta senyawa bioaktif dari buah zaitun yang baik untuk anak.

Simpanlah di tempat yang jauh dari paparan sinar matahari langsung dan sejuk. Jangan letakkan di dekat kompor, karena akan membuat minyak tersebut jadi lebih cepat tengik.

Demikian informasi seputar manfaat olive oil untuk MPASI anak. Asupan dengan kualitas terbaik, menjadi keharusan untuk nutrisi si kecil. Nah, sekarang kamu bisa mendapatkan minyak zaitun terbaik dengan mudah dan terjamin hanya di Healthy Choice ya.

 

Baca juga: Ini Aturan Penggunaan Minyak Zaitun untuk Menunjang Kesehatan Si Kecil

Baca juga: Beragam Kegunaan Minyak Zaitun yang Baik untuk Kesehatan Sehari-hari


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published