Mudah Diolah dan Lezat, Ini Contekan Menu Diet Sehat Setiap Hari

menu diet sehat

Menu diet sehat adalah daftar makanan yang nutrisinya disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Bukan hanya bagi pelaku diet, menu ini juga bisa diikuti oleh semua orang yang ingin menjalankan pola hidup sehat.

Tubuh perlu asupan nutrisi seperti karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, protein dan air putih untuk mendukung kinerjanya. Mengapa asupan nutrisi sangat penting bagi tubuh? Berikut penjelasannya.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Otak juga akan bekerja optimal jika mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup. Karbohidrat yang baik bagi tubuh berasal dari biji-bijian utuh, sayuran, buah, kacang-kacangan, beras merah, dan lainnya.

Sementara karbohidrat yang harus dibatasi antara lain keripik kentang, minuman bersoda, permen, kue, dan nasi putih.

  1. Protein

Asupan protein diperlukan untuk mendukung pertumbuhan jaringan tubuh. Protein bisa didapatkan dari kedelai, kacang-kacangan, ikan, daging ayam, dan keju.

  1. Lemak

Meski sedang diet, bukan berarti kita harus menghindari konsumsi lemak. Tubuh tetap membutuhkan asupan lemak untuk membantu menjaga struktur sel dan jaringan tetap berfungsi dengan baik. Lemak juga membantu memproduksi hormon hingga berperan dalam penyerapan vitamin.

Agar tidak memicu gangguan kesehatan atau kenaikan berat badan secara berlebih, pilihlah makanan yang mengandung lemak baik seperti ikan, daging tanpa lemak, dan menggunakan minyak zaitun untuk kebutuhan sehari-hari.

  1. Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral membantu organ-organ tubuh untuk menjalankan fungsinya. Vitamin A, B, C, D, E, dan K adalah jenis-jenis vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Sementara mineral yang dibutuhkan adalah kalsium, kalium, selenium, zat besi, dan zinc.

  1. Air

Meski tidak mengandung nutrisi, air tetap dibutuhkan untuk menghidrasi tubuh. Selain air minum, kamu juga bisa mendapatkan asupan cairan dari buah dan sayuran.

Semua kandungan di atas, mulai dari karbohidrat hingga air, bisa kamu dapatkan jika menerapkan menu diet sehat.

Penuhi Kebutuhan Kalori Harian

menu diet sehat

Sumber foto: Google

Selain nilai gizinya, kamu juga harus menyesuaikan kebutuhan kalori harian. Kebutuhan kalori setiap orang tidaklah sama. Namun, rata-rata kebutuhan orang dewasa sekitar 2.000 kalori per hari.

Konsultasikan dengan ahli gizi terlebih dahulu untuk mengetahui jumlah kalori yang sesuai dengan kondisi tubuhmu.

Ide Menu Diet Sehat dengan 2.000 Kalori

Berikut ini contoh menu diet sehat dengan 2.000 kalori yang bisa kamu terapkan untuk sarapan hingga makan malam.

  1. Sarapan

Kamu bisa mengawali hari dengan makan dua butir telur rebus. Kalau ingin yang lebih bercita-rasa, masak telur menjadi orak-arik dengan sedikit minyak juga boleh kok.

Agar lebih mengenyangkan, kombinasikan telur tersebut dengan dua lembar roti gandum, sedikit olesan mentega dan segelas susu rendah lemak. Kamu juga bisa mengganti susu dengan secangkir kopi atau teh.

  1. Makan Siang

Untuk makan siang, kamu bisa menyantap sepotong dada ayam yang ditumis atau dipanggang, satu porsi salad, dan satu centong nasi. Kentang rebus atau panggang juga bisa jadi pilihan kalau kamu tidak ingin mengonsumsi nasi.

  1. Makan Malam

Menu makan malam terdiri dari seporsi brokoli dikukus atau ditumis, semangkuk salad berisi bayam, tomat, dan bawang bombay, sepotong ikan, dan nasi merah.

  1. Camilan

Untuk selingan, kamu bisa makan camilan diet sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, oatmeal, dan yoghurt rendah lemak.

Selain menerapkan menu sehat di atas, kamu juga disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit per hari, demi menjaga kebugaran dan berat badan tetap ideal.

Itu dia informasi menarik tentang menu diet sehat yang bisa kamu tiru. Untuk mendapatkan bahan-bahan makanan sehat di atas, kamu bisa mendapatkannya di Healthy Choice ya.

 

Baca juga: Beragam Bahan Makanan Organik Ini Bisa Jadi Menu Diet Sehat Setiap Hari

Baca juga: Bikin Kenyang Lebih Lama, Cobain Camilan Rendah Kalori Ini Saat Diet


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published