Tips Mencegah Penyakit Jantung Koroner dengan Pola Hidup Sehat

pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari penyakit jantung koroner. Seperti diketahui, penyakit ini dapat menyebabkan kematian yang diakibatkan oleh serangan jantung.

Sebelum terlambat, ada baiknya kalau kita mulai melakukan pencegahan agar terhindar dari penyakit kronis satu ini. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit jantung koroner? Simak uraiannya berikut ini.

Hindari Merokok

Cara pertama yaitu dengan menghindari kebiasaan merokok. Betul sekali! Kebiasaan ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan jantung. Kandungan nikotin pada rokok diketahui dapat membahayakan kesehatan.

Nikotin bisa meningkatkan tekanan darah, yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung koroner. Kalau kamu terlanjur memiliki kebiasaan merokok, tentu akan cukup sulit untuk menghentikannya.

Namun, selama memiliki tekad yang kuat, kamu pasti bisa kok benar-benar berhenti dari kebiasaan ini demi menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Konsumsi Obat Sesuai Resep Dokter

Selanjutnya yaitu konsumsilah obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter. Selain meredakan gejala, obat-obatan tersebut juga akan mengurangi tingkat keparahan penyakit.

Sementara itu, kalau kamu tidak didiagnosa terserang penyakit jantung koroner, tetap lakukan pencegahan dengan mengonsumsi obat yang diresepkan untuk mengurangi berbagai risikonya.

Misalnya, obat-obatan yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah, kolesterol dan lainnya. Tapi ingat, kamu hanya bisa mengonsumsi obat-obatan ini berdasarkan resep dokter ya.

Lakukan Olahraga secara Rutin

Selain makanan, olahraga juga menjadi salah satu aktivitas penting jika kamu ingin memulai gaya hidup sehat untuk mencegah penyakit jantung koroner. Selain menjaga tubuh tetap ideal, olahraga secara rutin juga membantu menurunkan kadar kolesterol serta mengontrol tekanan darah.

Coba luangkan waktu setidaknya 150 menit dalam seminggu untuk berolahraga, misalnya dengan renang, joging, atau senam.

Tetapi, bagi orang yang berisiko terserang penyakit jantung, sebaiknya konsultasikan lebih dahulu dengan dokter terkait durasi dan jenis olahraga yang tepat.

Terapkan Pola Makan Sehat

pola hidup sehat

Sumber foto: Google

Salah satu cara mencegah penyakit jantung koroner adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Kamu harus memperhatikan makanan apa saja yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.

Seperti buah-buahan dan sayuran yang tinggi serat. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi gandum yang dikenal baik untuk jantung.

Sebaliknya, ada pula makanan yang perlu dihindari untuk mencegah penyakit jantung. Contohnya, makanan yang terlalu banyak mengandung garam karena bisa meningkatkan tekanan darah.

Ada juga makanan yang terlalu banyak mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Kandungan minyak tersebut harus dihindari demi mencegah penyakit jantung koroner. Pasalnya, makanan yang mengandung lemak terlalu tinggi bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Berikut ini beberapa makanan yang banyak mengandung lemak jenuh:

  • Mentega
  • Krim
  • Kue dan biskuit
  • Sosis

Meski begitu, kamu masih bisa mengonsumsi lemak tak jenuh untuk menambah kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Lemak tak jenuh sendiri dibutuhkan tubuh untuk mencegah penyumbatan pada pembuluh darah arteri. Makanan yang mengandung lemak tak jenuh di antaranya:

  • Minyak ikan
  • Minyak zaitun
  • Minyak bunga matahari
  • Alpukat
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian

Selain garam, perhatikan pula asupan gula yang kamu konsumsi. Nyatanya, mengonsumsi terlalu banyak gula juga tidak baik bagi kesehatan jantung.

Itu dia beberapa cara mencegah penyakit jantung koroner. Nah, sekarang minyak zaitun bisa dibeli dengan mudah lewat Healthy Choice untuk mendukung pola hidup sehat yang sedang kamu terapkan.

 

Baca juga: 5 Langkah Menerapkan Pola Hidup Sehat Pasca Melahirkan

Baca juga: 7 Kebiasaan Saat Makan Ini Bisa Menjaga Pola Hidup Sehat Anda


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published