Pilihan Menu Sarapan Sehat untuk Ibu Hamil yang Mudah Didapatkan

sarapan sehat

Ibu hamil tidak bisa sembarangan memilih menu sarapan ya. Ini karena semua makanan maupun minuman yang dikonsumsi selama kehamilan juga ikut dimakan oleh sang calon buah hati.

Nah untuk mengawali hari, berikut beberapa rekomendasi menu sarapan sehat untuk ibu hamil yang lezat dan tentunya mudah didapatkan.

Menu Sarapan Sehat untuk Ibu Hamil

sarapan sehat

Sumber foto: Google

Sarapan yang sehat untuk ibu hamil idealnya memiliki berbagai nutrisi yang diperlukan, seperti serat, karbohidrat, protein, zat besi, lemak, kalsium dan lainnya.

Setelah mengetahui apa saja nutrisi yang dibutuhkan, sekarang saatnya untuk memilih menu sarapan. Berikut pilihan menu sarapan yang baik dan sehat untuk ibu hamil yang mudah dibuat di rumah:

  • Nasi Merah dan Omelet Bayam
  • Bayam dan telur adalah dua makanan sehat yang kaya nutrisi. Bayam mengandung zat besi, vitamin A, kalsium, dan folat. 

    Folat sendiri adalah salah satu nutrisi penting yang wajib terpenuhi selama masa kehamilan karena mencegah cacat bawaan dan bayi lahir prematur.

    Selain itu, jangan lewatkan makanan tinggi kalsium. Karena nutrisi ini akan membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada janin.

    Selain mengandung protein, fosfor, selenium, kalsium, seng, vitamin A, B, D, E dan K. Telur juga membantu perkembangan otak janin serta mengontrol kolesterol.

    Sedangkan nasi merah merupakan makanan sehat yang berasal dari biji-bijian utuh. Dengan begitu, perut akan terasa kenyang lebih lama sehingga mencegah keinginan makan makanan yang kurang sehat.

  • Roti Gandum Panggang dengan Isian Telur dan Alpukat
  • Menu satu ini mengandung berbagai nutrisi penting bagi ibu hamil. Kandungan kolin di dalam telur dapat membantu meningkatkan fungsi otak bayi.

    Bukan itu saja, potongan telur rebus dalam roti panggang ini juga membantu mencukupi kebutuhan protein harian, sehingga tubuh jadi lebih berenergi.

    Sedangkan roti gandum memiliki serat yang membantu kenyang lebih lama dan tentunya menyehatkan pencernaan.

    Tambahkan alpukat yang dilumatkan sebagai pengganti mentega untuk menu sarapan sehat yang kaya mineral, serat dan mineral untuk ibu hamil.

    Kandungan folat, kalsium, vitamin B6 dan C pada alpukat membantu perkembangan jaringan dan otak janin serta mengurangi mual saat pagi hari.

  • Oatmeal dengan Potongan Buah Segar
  • Tidak ada waktu untuk menyiapkan sarapan? Menu satu ini sangat mudah dan praktis. Oatmeal kaya akan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Sementara potongan buah menjadi sumber asupan vitamin.

    Sarapan sehat untuk ibu hamil satu ini mampu memperlancar pencernaan dan membuat kenyang lebih lama.

  • Telur Orak-arik dengan Keju dan Kacang
  • Sarapan telur, kacang dan keju bisa menjadi tambahan protein harian. Kacang kaya akan mineral penting seperti vitamin E, magnesium, kalsium, selenium dan zinc.

    Cara membuatnya pun mudah, goreng satu butir telur sambil diaduk, lalu tambahkan kacang sesuai selera dan keju parut. Tambahkan sedikit garam dan merica agar semakin nikmat.

  • Smoothie dengan Yoghurt, Kiwi, Susu Almond, Bayam dan Chia Seeds
  • Tidak harus makanan, ibu hamil juga menjadikan smoothie sebagai menu sarapan sehat. Campurkan yoghurt, kiwi, susu almond, bayam dan chia seeds untuk mendapatkan cukup nutrisi di pagi hari.

    Mulai dari folat, protein, kalsium, omega-3 dan vitamin C semuanya ada dalam menu sarapan sehat untuk ibu hamil satu ini.

    Itulah lima menu sarapan sehat untuk ibu hamil yang mudah dibuat di rumah. Untuk mendapatkan bahan-bahan makanan sehat dan bernutrisi tersebut, langsung saja kunjungi Healthy Choice. Selain itu, tersedia oatmeal, beras merah hingga chia seeds juga loh.

     

    Baca juga: 5 Camilan Ibu Hamil yang Dipercaya Bisa Melancarkan Persalinan

    Baca juga: Daftar Menu Makanan Sehat Buat Kamu yang Tidak Suka Sayuran


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published