Manfaat Konsumsi Chia Seed untuk Menjaga Stamina saat Puasa

chia seed
Chia seed merupakan jenis biji-bijian yang merupakan makanan asli Suku Indian Aztec dan Maya. Biji Chia atau chia seed dapat dimanfaatkan saat ramadhan karena memiliki khasiat sebagai penambah energi selama menjalankan ibadah puasa. Kata chia sendiri dari bahasa Maya yang memiliki arti ‘kekuatan’.

Biji chia memiliki kandungan yang dapat menahan lapar karena mengandung protein yang berkualitas tinggi. Dilengkapi juga lemak omega-3 dan serat. Sehingga kamu akan lebih kuat menjalankan ibadah puasa agar tidak merasa lemas. Selain itu, chia seed juga diperkaya dengan mineral dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Untuk penggunaan biji chia sendiri dapat kamu tambahkan dalam campuran minuman. Contohnya sebagai bahan campuran jus buah yang diberi taburan biji chia dan disantap saat sahur. Karena mengandung protein dan serta, maka biji chia dapat memberi efek kenyang lebih lama agar ibadah puasa lebih lancar.

Manfaat lainnya, chia seed dapat meningkatkan fungsi saluran cerna terutama yang memiliki masalah sembelit. Chia seed juga dapat dijadikan sebagai campuran oatmeal, tambahkan campuran buah dan madu. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat kamu peroleh dari mengkonsumsi Chia Seed.

Beberapa Manfaat dan Khasiat Chia Seed Bagi Tubuh
  • Menjaga kadar gula darah agar tetap stabil
  • chia seed

    Sumber foto: Canva

    Chia seed dapat digunakan untuk membantu proses pencernaan berjalan lebih lambat. Sehingga dapat mencegah peningkatan kadar gula darah yang dapat secara tiba-tiba setelah makan. Hal ini juga baik untuk mencegah penyakit diabetes. Selain itu chia seed juga sangat cocok untuk penderita kencing manis atau diabetes melitus.

  • Dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
  • Seseorang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh akan sangat rentan untuk terserang penyakit kardiovaskular yang mana diantaranya adalah penyakit jantung, stroke dan hipertensi. Dengan mengkonsumsi chia seed dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh agar tidak berlebihan.

    Risiko penyakit kardiovaskular dapat berkurang apabila kamu mengkonsumsi chia seed secara rutin. Yang mana biji chia ini umumnya dapat juga digunakan sebagai campuran makanan sehat seperti oatmeal. Kamu juga dapat menambahkan potongan buah di atas oatmeal dan taburan biji chia.

  • Baik untuk ibu menyusui
  • Untuk ibu menyusui yang ingin produksi ASI meningkat dapat mencoba mengkonsumsi chia seed sebagai bahan tambahan dalam makanan yang berfungsi sebagai asi booster. Selain itu chia seed juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi si kecil.

  • Cocok untuk yang sedang menjalankan diet
  •  

    Bagi kamu yang sedang menjalankan program diet, chia seed dapat menjadi makanan sehat pendamping. Dimana biji-bijian ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh dan dapat membantu menurunkan berat badan. Dimana chia seed dapat memberi sensasi rasa kenyang yang lebih lama. Sehingga dapat mengurangi keinginan untuk makan berlebih dan berangsur menurunkan bobot tubuh.

  • Dapat menurunkan risiko penyakit kanker
  • Chia seed

    Sumber foto: Canva

    Manfaat dari biji chia yang terakhir adalah dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Penyakit ini memang sangat berbahaya dan harus mendapat penanganan yang cepat. Chia dapat menghentikan aktivitas radikal bebas dalam tubuh, sehingga dapat dijadikan untuk menurunkan risiko penyakit kanker serta penuaan dini.

     

    Baca juga: Tips Menjaga Pola Makan Sehat Selama Bulan Ramadan

    Baca juga: Keunggulan Jahe Merah untuk Menambah Stamina dan Manfaat Sehat Lainnya


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published