Sederhana! Begini Cara Simpan Tepung Beras Agar Tidak Cepat Basi

Sederhana! Begini Cara Simpan Tepung Beras Agar Tidak Cepat Basi

Tepung beras menjadi salah satu bahan masakan yang sering kali digunakan dalam waktu tertentu, sehingga ketika masih tersisa sering kali kita simpan kembali agar bisa digunakan di kemudian hari. Namun, seringkali tepung beras menjadi bau apek atau basi tatkala kita tidak menyimpannya dengan benar.  


Lantas bagaimana cara menyimpan tepung beras agar bisa awet dan tetap harum serta tidak cepat apek sampai berbulan-bulan?


Cara Menyimpan Tepung Beras yang Tepat

Tepung beras adalah bahan makanan sehat dengan tekstur kering, sehingga jika kita salah menyimpan tepung beras, maka bahan dapur ini bisa menjadi tidak awet dan hanya akan terbuang. Tentu saja hal ini tidak mau anda alami bukan? Nah, berikut ini cara menyimpan tepung beras yang dikutip dari buku “Sim Salabim Dari Tepung Magic Tercipta 25 Sajian Lezat” terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.


1.Simpan Dalam Wadah Kedap Udara

Jika anda ingin tepung beras lebih tahan lama dan tidak bau apek, cobalah untuk menyimpannya di tempat atau wadah kedap udara, seperti wadah plastik atau stoples kaca. Jika anda memilih menggunakan wadah plastik, pastikan menggunakan bahan yang lebih tebal. Selain itu, pastikan wadah dalam keadaan kering agar tepung tidak menggumpal. 

Selama penyimpanan pastikan wadah ditutup dengan rapat agar tidak ada udara yang masuk. Sebab, jika tidak rapat maka udara akan masuk dan membuat tepung mudah berkutu serta bau tengik.


2.Letakan Di Lemari Dapur

Pastikan wadah untuk menyimpan tepung beras dapat diletakkan di lemari dapur yang kering dan gelap. Metode ini bisa membuat tepung bertahan selama beberapa bulan. Terlebih jika wadah atau toples tersebut tidak sering dibuka tutup.


3.Kemas Dalam Ukuran

Tips lainnya agar tepung beras bisa lebih awet, anda bisa menyiasatinya dengan cara dikemas dalam ukuran kecil atau sekali pakai. Kemudian tempatkan tepung dalam wadah kedap udara dan simpan di lemari dapur. Dengan cara ini tepung beras akan menjadi awet, karena terhindar dari paparan udara luar wadah penyimpanan, sekalipun sering dibuka tutup.

 

tepung beras

Sumber foto: Google


4.Gunakan Silica Gel

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan silica gel pada wadah penyimpanan tepung. Hal ini dilakukan agar tepung tetap kering sehingga tidak mudah tengik dan berkutu. Namun, pastikan untuk menggunakan silica gel yang aman untuk makanan agar tidak mengubah rasa dan aroma tepung beras.


5.Simpan Dalam Freezer

Cara menyimpan tepung beras agar awet anda bisa meletakkan di freezer seperti dikutip dari The Spruce Eats.  Untuk menyimpan nya, masukkan tepung dalam wadah kedap udara dan pastikan penutup rapat. Kemudian, simpan tepung beras di dalam freezer agar lebih awet.

Dengan proses tersebut, tepung akan bertahan hingga satu tahun, dengan catatan wadah selalu tertutup rapat setelah digunakan. Anda tak perlu khawatir tepung menjadi beku, karena suhu dingin freezer tidak akan mengubah rasa dan aroma tepung.


Itu dia beberapa cara menyimpan tepung beras agar tahan lama dan tidak mudah basi. Tepung beras tak hanya enak diolah menjadi berbagai kudapan tradisional, tapi juga baik untuk kesehatan dan kecantikan. Bahkan tepung beras bisa menjadi alternatif bagi pengidap penyakit celiac, karena tepung beras tidak mengandung gluten.


Pastikan anda memilih produk tepung beras terbaik. Salah satunya dari Healthy Choice. Klik di sini untuk berbelanja produk makanan sehat dan dan camilan sehat. Selamat mencoba!

 

Baca juga: 7 Resep MPASI Tepung Beras Organik yang Sehat dan Enak

Baca juga: Ini Bedanya Tepung Beras Organik dan Tepung Ketan untuk Kamu yang Ingin Membuat Jajanan


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published