Seberapa Efektif Cuka Apel untuk Diet? Ini Faktanya!

Seberapa Efektif Cuka Apel untuk Diet? Ini Faktanya!

Seperti yang kita tahu, cuka apel memiliki kandungan sehat yang dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Tak heran, bila banyak orang yang ingin diet dengan mengandalkan cuka apel untuk menurunkan berat badan. Namun, apakah benar seefektif itu cuka apel untuk diet?


Pada kenyataanya, seperti kebanyakan obat yang diusulkan untuk menyembuhkan semua penyakit, meskipun memiliki manfaat, namun juga memiliki kelemahan. 


Bagaimana Prinsip Diet?

Untuk menurunkan berat badan, satu-satunya cara yang masuk akal dan terbukti efektif secara ilmiah adalah dengan mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang anda bakar, dan berolahraga secara teratur untuk membakar kalori ekstra. Lantas bagaimana dengan cuka apel? Jawabannya, tentu saja bisa mendukung program diet anda.


Salah satu studi di Journal of Functional Foods yang diikuti 39 orang dewasa, menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi satu sendok makan apel cider vinegar saat makan siang dan makan malam, dengan mengurangi 250 kalori per hari, dapat mengurangi 3,9 kg dalam 12 minggu.


Di sisi lain, mereka yang mengurangi jumlah kalori yang sama tetapi tidak mengonsumsi cuka apel hanya kehilangan 2 kg. Dalam studi lain di Biosains, Bioteknologi, dan Biokimia, 144 orang dewasa dengan obesitas secara acak diminta untuk minum plasebo atau satu hingga dua sendok makan cuka apel setiap hari selama 12 minggu.


Pada akhir penelitian, mereka yang minum dua sendok makan cuka apel mengalami penurunan berat badan hampir 4 pon, sedangkan mereka yang minum satu sendok makan kehilangan berat badan hingga 0,8 kg.


Mungkin temuan tersebut tidak sepenuhnya membuktikan bahwa cuka apel adalah cara untuk meluruhkan lemak secara instan. Namun, hasil yang konsisten menunjukkan bahwa cuka apel merupakan cara yang bermanfaat dalam mengurangi berat badan.  


Pasalnya, satu studi lain yang dilakukan oleh Johnston dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menemukan bahwa peserta yang minum cairan fermentasi sebelum makan dapat mengonsumsi 275 kalori lebih sedikit sepanjang sisa hari itu.


Bagaimana Menggunakan Cuka Apel untuk Diet?

cuka apel

Sumber foto: Google

Perlu diketahui bahwa minum cuka apel saja tidak cukup akan membantu anda menurunkan berat badan berlebih, namun bisa mendukung upaya kita dalam menurunkan berat badan. Hal tersebut tentu saja tidak merugikan anda, jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, atau tidak berlebihan.


Pasalnya, keasaman cuka apel yang tinggi dapat mengiritasi tenggorokan dan mengikis enamel gigi. Itu sebabnya cuka apel tidak baik bila dikonsumsi secara langsung. Pastikan mengonsumisnya satu sendok makan, tidak lebih dari dua kali sehari, dan selalu encerkan dalam delapan ons air.


Cara lain yang bisa anda lakukan agar lebih aman dan enak adalah dengan mencampurkan cuka apel dan minyak zaitun di atas salad atau sayur kukus. Anda bisa mengombinasikan dengan makanan dan minuman lainnya agar diet tetap aman dan mendapatkan hasil yang maksimal.


Nah, itulah jawaban dari apakah cuka apel efektif untuk diet. Jawabannya “ya”, asalkan dikonsumsi dengan tepat dan dibarengi dengan pola makan sehat. Untuk mendukung itu semua, anda bisa membeli produk makanan dan camilan sehat dari Healthy Choice, klik di sini untuk membeli cuka apel, gandum utuh dan berbagai makanan organik sehat lainnya.

 

Baca juga: Benarkah Cuka Apel Dapat Mengurangi Nafsu Makan Secara Sehat?

Baca juga: Dipercaya Dapat Mempercantik Kulit, Ini Fakta Cuka Apel


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published