Tak Perlu Panik, Tanpa Obat Ini Cara Mudah Atasi Gatal-gatal di Kulit dengan Cuka Apel dan Bahan Lainnya

Tak Perlu Panik, Tanpa Obat Ini Cara Mudah Atasi Gatal-gatal di Kulit dengan Cuka Apel dan Bahan Lainnya

Siapapun pasti pernah mengalami rasa gatal pada kulit. Rasa gatal sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari gigitan serangga, alergi, hingga penyakit tertentu. Umumnya beberapa orang menganggap rasa gatal sebagai hal yang biasa, sehingga sebagian banyak yang membiarkan rasa gatal tersebut sembuh dengan sendirinya. 

 

Namun, bila rasa gatal tersebut tak kunjung sembuh, biasanya akan mencari obat di apotek. Sebenarnya beberapa jenis obat gatal-gatal seluruh badan bisa digunakan untuk membantu meredakan rasa gatal, mulai dari obat yang bisa dibeli secara bebas, sehingga obat yang perlu dibeli dengan resep dokter.

 

Untuk mengatasi gatal-gatal yang menyerang tubuh, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui penyebabnya. Selanjutnya, Anda bisa mengobatinya. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa gatal hanya dengan bahan alami. Cara ini bisa dilakukan sebagai tindakan awal, sebelum memutuskan untuk menggunakan obat-obatan. Nah, berikut ini cara mudah atasi gatal-gatal di kulit melalui bahan alami yang bisa anda manfaatkan tanpa harus membeli obat obatan.

cuka apel

Sumber foto: Google

 

  1. Cuka Apel Ampuh Atasi Gatal-gatal

Kandungan asam pada cuka apel memang tidak diragukan lagi khasiatnya. Selain dimanfaatkan untuk campuran makanan penurun berat badan, kandungan asam asetat pada cuka apel juga bisa digunakan sebagai bahan alami desinfektan dan antiseptik untuk luka. Bahkan banyak sumber yang mengatakan cuka apel dapat membantu menghilangkan rasa gatal di kulit. Cara menggunakannya pun cukup mudah.

 

Anda bisa mencampurkan cuka apel dengan air bersih dengan perbandingan 1:1. Kemudian oleskan larutan tersebut ke kulit dan biarkan sampai kering. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Namun, yang perlu diingat adalah cuka apel bisa mengiritasi luka terbuka. Jadi sebaiknya hindari hal tersebut.

 

  1. Kompres Menggunakan Air Dingin

Cara paling sederhana untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit adalah dengan mengompres area yang gatal menggunakan air dingin. Cara ini sangat mudah dan bisa dilakukan di rumah hanya dengan air dingin dan handuk kecil. Caranya cukup basahi handuk dengan air dingin, peras airnya, kemudian tempelkan pada area kulit yang meradang atau gatal. Lakukan secara bertahap sampai benar-benar rasa gata berkurang.

 

  1. Gunakan Minyak Mentol

Untuk mengatasi rasa gatal pada kulit, anda juga bisa mengandalkan minyak mentol. Minyak jenis ini dapat memberikan efek dingin dan bisa membantu menghilangkan rasa sakit sampai gatal. Anda cukup mengoleskan minyak esensial mentol yang sudah diencerkan ke area yang gatal dua kali sehari. Agar cepat sembuh anda bisa menggunakan minyak mentol ini setidaknya selama dua minggu.

 

  1. Oatmeal Ampuh Hilangkan Rasa Gatal

Sebagian orang mungkin belum tahu kalau oatmeal tak hanya dimanfaatkan sebagai menu makan sehat dan bahan kecantikan, tapi juga bisa diandalkan untuk mengatasi rasa gata pada kulit. Hal ini dikarenakan oatmeal memiliki sifat humektan, yakni kandungan yang dapat membantu melembabkan kulit sehingga efektif untuk mengurangi rasa gatal.

 

Anda cukup mencampurkan oatmeal yang berbentuk krim koloid ke dalam air mandi, selanjutnya gunakan campuran air tersebut untuk membasahi kulit yang gatal. Tak hanya itu, oatmeal juga mengandung zat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat mengurangi rasa gatal, kulit kering serta menghaluskan kulit kasar.

 

5.Lidah Buaya Ampuh Mengobati Rasa Gatal

Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk mengusir rasa gatal adalah dengan mengoleskan lidah buaya. Kandungan gel pada lidah buaya mampu membantu mengatasi gatal pada kulit ringan, teruma saat terkena gigitan serangga atau iritasi. Sensasi dingin pada gel lidah buaya cukup ampuh meredakan rasa gatal dan iritasi.


Sekarang sudah tahu kan kalau bahan-bahan di atas tak hanya bisa diandalkan untuk kecantikan, tapi juga untuk kesehatan. Seperti cuka apel dan oatmeal, selain untuk kecantikan kedua bahan ini bisa dijadikan campuran menu makan sehat Anda, lho. Nah, jika Anda membutuhkan cuka apel atau oatmeal sebagai kebutuhan sehari-hari, kunjungi Healthy Choice, klik di sini untuk berbelanja. Selamat mencoba!

 

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kulit Kepala Bau, Pakai Cuka Apel hingga Tomat

Baca juga: Seberapa Efektif Cuka Apel untuk Diet? Ini Faktanya!


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published