Top 5 Manfaat Kacang Hijau Organik untuk Ibu Hamil dan Pengidap Diabetes

Top 5 Manfaat Kacang Hijau Organik untuk Ibu Hamil dan Pengidap Diabetes

Kacang hijau organik memiliki ukuran kecil namun banyak manfaat yang untuk kesehatan. Kacang hijau dipercaya menjadi bahan makanan yang dapat menunjang kesehatan ibu hamil dan pengidap diabetes.


Selain sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan atau camilan, kacang hijau organik mengandung gizi yang lengkap, tak heran jika banyak orang menyukai kacang hijau. Beragam kandungan nutrisi berguna bahkan banyak dibutuhkan oleh tubuh. Nah, berikut ini beberapa manfaat kacang hijau yang sayang jika dilewatkan.


  1. Baik Untuk Pengidap Diabetes

Manfaat pertama dari mengonsumsi kacang hijau adalah baik untuk pengidap diabetes. Kacang hijau organik memiliki kadar indeks glikemik yang tergolong rendah dibandingkan dengan nasi.


Kandungan magnesium pada kacang hijau sangat diperlukan oleh pengidap diabetes. Bahkan kacang hijau banyak disarankan untuk dikonsumsi secara rutin oleh penderita diabetes. Sehingga kadar gula darah dapat diturunkan secara berkala dan tetap terjaga.


  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Menurut penelitian, kacang hijau dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Serat yang tinggi pada kacang hijau mampu menjaga fungsi susu, melancarkan proses pencernaan, dan menurunkan tekanan darah.


Bahkan dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 347 kilo kalori dan 1,15 gram lemak. Tak heran mengonsumsi kacang hijau secara teratur dapat membantu pengidap kolesterol untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami. Jika Anda menderita kolesterol yang tinggi, Anda dapat menguranginya dengan cara yang mudah.


kacang hijau organik

Sumber foto: Google


  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat berikutnya dari kacang hijau adalah dapat menjaga kesehatan tulang. Pasalnya, kacang hijau mengandung vitamin K, fosfor, dan magnesium yang penting dalam menjaga kekuatan tulang serta gigi.


Mengonsumsi kacang hijau dipercaya dapat menurunkan risiko osteoporosis dan dapat meningkatkan kepadatan tulang serta pembentukan sel-sel tulang.


Bahkan mengonsumsi kacang hijau sangat baik untuk membantu perkembangan tulang serta gigi pada anak-anak.


  1. Menjaga Kesehatan Janin

Nah, manfaat lain dari kacang hijau adalah dapat menjaga kesehatan janin.  Itulah sebabnya kacang hijau selalu dianjurkan para dokter untuk dijadikan menu harian bagi ibu-ibu hamil. Kacang hijau mengandung asam folat yang tinggi sehingga baik dikonsumsi wanita yang sedang merencanakan kehamilan atau dalam masa kehamilan.


Bahkan mengonsumsi kacang hijau dapat mencegah kelahiran prematur, keguguran, lahir dengan berat badan rendah, hingga mencegah kerusakan saraf janin. Kacang hijau organik juga baik untuk membantu perkembangan janin dan pertumbuhan plasenta.


  1. Melawan Perkembangan Kanker

Kacang hijau mampu melawan perkembangan kanker dalam tubuh. Tingginya kadar asam amino oligosakarida serta polifenol dalam kacang hijau membantu melawan perkembangan kanker. Disamping itu, kandungan vitexin dan isovitexin efektif melawan radikal bebas dalam tubuh serta mampu melindungi kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya.


Nah itulah beberapa manfaat kacang hijau organik yang tak hanya baik untuk kesehatan ibu hamil tapi juga baik bagi para pengidap diabetes. Mari konsumsi kacang hijau organik secara rutin agar hidup lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.


Pastikan Anda selalu menyediakan kacang hijau di rumah untuk keluarga. Kunjungi Healthy Choice, atau klik di sini untuk berbelanja berbagai makanan organik seperti kacang hijau, gandum utuh, dan makanan organik sehat lainnya.

 

Baca juga: Bisa Atasi Gejala PMS, Ini Manfaat Kacang Hijau Organik untuk Kesehatan

Baca juga: Dikenal Tinggi Protein, Ini Fakta Kacang Hijau Organik Bisa Jadi ASI Booster


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published