Trik Mengolah Makanan Bebas Gluten dengan Tepat

makanan bebas gluten

Gaya hidup yang disertai pola makan sehat mulai populer salah satunya diet gluten free atau menghindari makanan bebas gluten atau mengandung sejenis protein di dalam gandum atau tepung-tepungan. Dimana umumnya gluten terdapat di dalam produk makanan seperti roti atau minuman yang mengandung malt (gandum).

Umumnya diet ini tidak hanya untuk menunjang kesehatan, tetapi juga merupakan terapi untuk pengidap celiac atau gangguan yang disebabkan oleh sensitivitas yang tinggi terhadap asupan gluten, karena dapat menyebabkan rasa kembung dan mual di perut, diare, dan sembelit. 

Saat ini mudah menemukan produk bebas gluten karena memiliki peminat yang tinggi. Anda dapat dengan mudah menemukan produk-produk bebas gluten secara online pada website Healthy Choice. Selain produk bebas gluten, anda juga dapat menemukan berbagai produk makanan sehat lainnya.

  • Baca Kandungan Gizi pada Kemasan Makanan

  • makanan bebas gluten

    Menjaga pola makan yang bergizi menjadi hal yang sangat penting bagi kondisi tubuh. Makanan yang bergizi dapat membuat kondisi tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit. Jika anda ingin mengkonsumsi produk makanan bebas gluten, sebaiknya anda mengecek kemasan secara teliti. Umumnya produk makanan yang mengandung bebas gluten mencantumkan GFCO (Gluten Free Certification Organization) pada kemasan.

  • Simpan Makanan Bebas Gluten Secara Terpisah 

  • Kandungan gluten sedikit saja dapat merusak seluruh kandungan pada bahan makanan bebas gluten. Pisahkan tempat penyimpanan bahan makanan berbahan free gluten di tempat tersendiri. Usahakan untuk selalu mengecek kandungan setiap produk makanan, jangan sampai semua tercampur.

    Pisahkan tempat untuk produk yang mengandung gluten dan sebaliknya, tempatkan produk bebas gluten secara terpisah untuk menghindari percampuran kedua bahan. Karena sedikit saja kandungan gluten free dapat merusak kandungan yang ada di dalam produk bebas gluten.

  • Pilih Penambah Rasa yang Bebas Gluten

  • Cari tahu makanan bebas gluten maupun mengandung gluten. Makanan mengandung gluten yang akrab ditemui sehari-hari. Antara lain roti, pasta, sereal, dan semua makanan yang terbuat dari tepung gandum biasanya tepung bebas gluten terbuat dari kacang-kacangan, beras, sorgum, dan jagung.

  • Kenali Jenis Makanan Bebas Gluten

  • Siasati dengan bumbu-bumbu yang ternyata bisa menghasilkan olahan makanan bebas gluten yang tidak kalah lezatnya, contohnya mentega untuk menumis bisa diganti dengan minyak zaitun atau minyak kelapa yang memiliki kandungan yang jauh lebih baik dibanding dengan minyak goreng biasa.

  • Gunakan Peralatan Masak yang Bersih

  • makanan bebas gluten

    Pastikan semua peralatan memasak dalam keadaan bersih, cuci dengan sabun dan spons. Gunakan air bersih dan mengalir, karena dari alat memasak pun dibutuhkan kebersihan yang terjamin agar tidak ada noda ataupun bahan sisa makanan yang masih menempel pada peralatan masak.


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published