9 Cemilan Sehat dan Bergizi untuk Ibu Hamil, Rekomendasi Para Dokter

9 Cemilan Sehat dan Bergizi untuk Ibu Hamil, Rekomendasi Para Dokter

Asupan nutrisi sangat penting untuk dikonsumsi bagi ibu hamil untuk merawat kondisi janin si bayi agar tetap sehat hingga dilahirkan. Selain itu mengatur pola makan yang baik dan seimbang menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Untuk itu ibu hamil dapat mengonsumsi cemilan sehat yang dapat dikonsumsi.

Porsi makan ibu hamil dapat berubah-ubah sesuai dengan usia kehamilan sang ibu. Di awal-awal kehamilan biasanya ibu akan merasa lebih mual dan nafsu makan sedikit berkurang dan merasa tidak berselera untuk makan apapun sekalipun makanan tersebut adalah makanan yang paling ia sukai.

Setelah itu, ketika usia kehamilan sudah menginjak bulan berikutnya ibu akan merasa ingin makan makanan yang lebih banyak. Sehingga porsi makan dapat disesuaikan dengan keinginan sang ibu, namun tetap memperhatikan nutrisi makanan yang dikonsumsi. Berikut ini beberapa referensi cemilan sehat yang baik untuk ibu hamil.

Beberapa Cemilan Sehat untuk Kondisi Ibu Hamil Dan Janin

  • Rutin Minum Susu Ibu Hamil

  • cemilan sehat

    Susu ibu hamil dibuat sesuai dengan kebutuhan ibu dan calon bayi, dimana susu ibu hamil dapat menjadi salah satu cemilan sehat yang wajib untuk dikonsumsi. 2 gelas sehari di setiap pagi dan malam sebelum tidur baik untuk memenuhi kecukupan nutrisi yang sehat bagi ibu hamil.

  • Chia Seed Kaya Nutrisi

  • Chia seeds menjadi salah satu biji-bijian yang memiliki banyak nutrisi dan kaya akan gizi yang baik bagi kesehatan. Untuk itu, chia seeds dapat menjadi salah satu cemilan yang sehat untuk ibu hamil dan calon bayi.

  • Mengkonsumsi Snack Berbahan Gandum

  • Snack gandum juga dapat dijadikan sebagai makanan penunda lapar sebelum jam makan utama. Umumnya snack gandum akan ditemukan pada olahan roti, kue, dan susu. Selain rasanya yang enak dan khas, gandum juga tidak akan memberi efek eneg pada ibu hamil.

  • Granola yang Baik untuk Ibu Hamil

  • Granola merupakan makanan dari olahan oatmeal yang sangat baik untuk kesehatan, serta memiliki kandungan kalori yang sedikit, sehingga cemilan ini umumnya dijadikan sebagai makanan pengganti nasi bagi yang menjalankan program diet. Granola dapat dijadikan sebagai olahan makanan sehat bagi ibu hamil karena memiliki kandungan serat yang tinggi.

  • Bubur Kacang Hijau yang Baik untuk Menyuburkan Rambut Janin

  • cemilan sehat

    Bubur kacang hijau seringkali dijadikan sebagai salah satu cemilan bagi ibu hamil khususnya di Indonesia, karena dipercaya dapat menyuburkan rambut bayi nantinya. Selain buburnya, sari kacang hijau juga sangat baik untuk kesehatan janin bayi, karena kacang hijau memiliki nutrisi yang tinggi dan memberi rasa kenyang dan energi bagi sang ibu.

  • Olahan Susu Fermentasi

  • Yogurt merupakan olahan susu fermentasi yang baik untuk ibu hamil. Karena yogurt memiliki banyak manfaat dan dapat dimakan di sela waktu makan.

  • Buah-buahan Terutama Pisang

  • Buah-buahan segar juga tak kalah penting dikonsumsi ketika mengandung. Terutama buah pisang yang memiliki kandungan kalium yang tinggi. Selain dimakan langsung, kamu juga dapat menjadikan pisang sebagai olahan seperti kue untuk menambah variasi dalam memakan cemilan sehat.

  • Overnight Oats

  • Oats memiliki kandungan nutrisi dan serat yang baik bagi tubuh, sehingga dapat memberi rasa kenyang yang lebih lama ketika ibu akan tidur dan kembali beraktivitas esok harinya.

  • Mengkonsumsi Smoothies Buah Dan Sayur

  • cemilan sehat

    Smoothies merupakan olahan cemilan sehat yang akan sangat mengasyikan karena rasa yang dihasilkan sangat nikmat. Namun, sebaiknya hindari gula dan susu kental manis saat pengolahannya, sebaiknya gunakan madu sebagai pengganti untuk memberi rasa manis.


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published