Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

beras hitam

Beras hitam tidak hanya digunakan untuk menyehatkan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit, tetapi beras hitam juga dapat digunakan untuk kecantikan. Kandungan protein peptida yang ada di dalam beras hitam dapat mencerahkan kulit tubuh agar lebih terlihat putih.

Beras hitam dapat dikategorikan sebagai superfood atau makanan yang kaya dan padat akan nutrisi, yang bermanfaat bagi tubuh. Beras hitam juga disebut juga makanan anti kanker. Beras hitam kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Warna pekat yang dimiliki beras hitam mengartikan bahwa beras ini kaya akan antioksidan.

Kandungan antioksidan yang tinggi memberi manfaat menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker akibat radikal bebas, meningkatkan fungsi otak, dan kegunaan lainnya. Sehingga beras hitam dapat menjadi andalan sebagai salah satu makanan yang sehat untuk mengontrol gula darah.

Beberapa Manfaat Beras Hitam untuk Kecantikan yang Perlu Kamu Ketahui

  • Mengencangkan Elastisitas Kulit

  • beras hitam
    Sumber foto: Canva.com

    Kandungan kolagen yang ada di kulit lambat laun dapat menurun. Seiring berjalannya waktu, elastisitas kulit akan mengendur tekstur kulit agar selalu terlihat muda dan tampilan kulit terlihat lebih sehat. 

    Kandungan kolagen yang dimiliki di dalam beras hitam memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit agar semakin elastis sehingga akan mencegah kulit menjadi kendur dan terasa lebih segar. 

  • Menghilangkan Flek Hitam

  • Kegunaan beras hitam selanjutnya adalah dapat menghilangkan flek hitam yang ada di area wajah. Flek hitam dapat disebabkan karena paparan sinar matahari secara terus menerus. kamu dapat mencoba memanfaatkan beras hitam sebagai scrub wajah untuk menghilangkan flek hitam.

    Selain itu kamu juga dapat menggunakan scrub sebagai penghilang debu dan kotoran yang menempel sehingga kulit menjadi lebih bersih dan terasa segar. Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan sunscreen untuk melindungi wajah dari sinar matahari.


  • Mencerahkan Kulit Wajah

  • beras hitam
    Sumber foto: Canva.com

    Kulit cerah menjadi idaman bagi banyak wanita, namun terik matahari yang menyengat dapat menjadi salah satu penyebab kulit terlihat lebih kusam. Untuk itu menggunakan beras hitam dapat meningkatkan kecantikan dan mencerahkan kulit.

    Kandungan protein peptida yang ada di dalam beras hitam dapat memberi efek cerah pada kulit sehingga kulit akan terlihat lebih putih. 

  • Mengecilkan Pori-pori yang Melebar

  • Produksi minyak berlebih dapat diakibatkan karena pori-pori yang membesar. Sehingga kulit terlihat kusam dan mudah tumbuh jerawat. Untuk mengurangi hal pelebaran pori-pori di wajah yang dapat menyebabkan jerawat kamu dapat memanfaatkan beras hitam.

    Saat ini banyak masker yang dijual dengan berbahan dasar beras hitam yang kaya akan antioksidan dan mampu menangkal masalah pori-pori yang besar. Rutin menggunakan masker beras hitam dapat mengurangi minyak pada kulit wajah.

  • Mengatasi Kulit Berjerawat Kemerahan

  • beras hitam
    Sumber foto: Canva.com

    Jerawat menjadi salah satu masalah wajah yang dapat membuat percaya diri menurun. Beras hitam mengandung galatonin yang ada di dalam beras hitam dapat membantu mengatasi masalah jerawat. Karena kandungan tersebut memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat mengatur dan mengurangi peradangan dan kemerahan pada wajah.

     

    Baca juga: Khasiat Cuka Apel untuk Kesehatan Ibu Hamil

    Baca juga: Makanan Sehat yang Baik untuk Pengidap Penyakit Diabetes


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published