5 Cara Alami Turunkan Demam dengan Minyak Zaitun yang Mudah dan Ampuh

minyak zaitun

Olive oil alias minyak zaitun bisa menjadi alternatif pengobatan alami untuk menurunkan demam. Meski hanya bisa mengatasi demam ringan, tapi tak ada salahnya kalau kamu menyimak informasi tentang penggunaan olive oil untuk menurunkan demam berikut ini.

Minyak alami satu ini memang dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Bukan hanya untuk melembabkan kulit, minyak dari ekstrak buah zaitun ini dipercaya dapat menurunkan demam.

Meski begitu, kamu tidak bisa melakukannya secara sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasil yang didapatkan berjalan efektif dan tidak menyebabkan efek samping.

Cara Alami Menurunkan Demam dengan Minyak Zaitun

Menurut sejumlah peneliti, penggunaan olive oil untuk mengatasi demam akan semakin efektif jika dicampur dengan minyak esensial. Hal ini karena fungsinya sebagai carrier oil untuk melarutkan minyak sebelum dioleskan pada kulit. Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan demam dengan olive oil:

  • Hirup Aromanya dari Botol
  • Kalau memiliki botol kecil, kamu bisa mencampurkan olive oil dengan minyak esensial dan masukkan ke dalamnya. Lalu hirup aromanya secara langsung saat kamu sedang demam.

    Aroma campuran minyak ini bukan hanya bisa menurunkan demam, tapi juga memiliki efek menenangkan.

  • Campur dengan Air Hangat
  • Campur beberapa tetes minyak esensial dan olive oil ke dalam wadah berisi air hangat, lalu hirup uapnya. Uap itulah yang dipercaya bisa menurunkan demam serta gejala yang menyertainya, seperti hidung tersumbat.

  • Hirup dari Diffuser
  • Diffuser adalah alat pengubah minyak esensial menjadi uap wangi. Cara ini pun hampir sama dengan mencampurkan minyak esensial dan olive oil dengan air hangat.

    Namun, diffuser menghasilkan lebih banyak uap dan bisa menyebar di udara, sehingga lebih mudah untuk dihirup ketika demam.

  • Oleskan ke Kulit dan Pijat
  • Cara lainnya yaitu dengan memijatnya. Selain meredakan demam, mengoleskan minyak ini ke kulit juga dapat membantu tubuh lebih rileks.

    Menurunkan demam secara alami juga bisa dilakukan dengan menambahkan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam bak mandi berisi air hangat. Gunakan air tersebut untuk membasuh tubuh dengan lap saat mandi pada pagi atau sore hari.

    • Waspadai Risiko Alergi

    minyak zaitun

    Sumber foto: Google

    Cara menurunkan suhu tubuh karena demam dengan mengoleskan minyak esensial dan olive oil ke kulit tidak selalu cocok untuk semua orang. Sebab campurannya kadang bisa memicu reaksi alergi pada beberapa orang.

    Karena itulah, sebaiknya lakukan tes lebih dahulu sebelum menggunakan campuran minyak tersebut untuk mengetahui apakah kamu memiliki alergi.

    Caranya, cukup oleskan sedikit campuran minyak esensial dan olive oil ke kulit, lalu tunggu beberapa saat untuk mengetahui kemungkinan timbulnya alergi. Jika merasakan gejala alergi seperti gatal, kulit kemerahan, atau bengkak, segera hentikan pemakaiannya.

    Tapi jangan khawatir, karena masih banyak cara alami lainnya untuk menurunkan demam yang bisa kamu coba. Mulai dari mengompres dengan air hangat, membuat ramuan obat tradisional, istirahat yang cukup dan memperbanyak minum air putih.

    Tetapi kalau kamu ingin mencoba cara menurunkan demam dengan olive oil seperti panduan di atas, mulai langkah pertamamu dengan membeli minyak zaitun di Healthy Choice ya. Healthy Choice menyediakan extra virgin olive oil berkualitas dan tentunya terbuat dari ekstrak buah zaitun asli.

     

    Baca juga: Penting untuk Perkembangan Otak, Ini Manfaat Minyak Zaitun untuk MPASI Si Kecil

    Baca juga: Ini Aturan Penggunaan Minyak Zaitun untuk Menunjang Kesehatan Si Kecil


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published