Cocok Dikonsumsi saat Diet, Ini Rekomendasi Biji-Bijian Rendah Karbohidrat untuk Menu Diet Sehat

menu diet sehat

Biji-bijian adalah salah satu sumber karbohidrat, yang merupakan sumber energi bagi tubuh. Meski berkhasiat, mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak juga bisa menyebabkan berbagai masalah, seperti obesitas hingga diabetes. Di bawah ini ada beberapa jenis biji-bijian rendah karbohidrat yang bisa dijadikan menu diet sehat. Penasaran apa saja? Langsung simak daftarnya yuk!

  1. Beras Merah

Kamu pasti sudah tidak asing kan dengan beras merah. Biji-bijian yang kerap masuk dalam menu makanan sehat ini hanya mengandung 24 gram karbohidrat dalam setiap 100 gram nya.

Beras merah juga tinggi antioksidan, seperti antosianin, flavonoid, polifenol, serat, dan beragam vitamin serta mineral yang penting bagi tubuh.

menu diet sehat

Sumber foto: Google

  1. Quinoa

Dalam 150 gram quinoa, hanya mengandung 34 gram karbohidrat. Quinoa juga menyimpan 9 asam amino esensial yang berperan dalam pembentukan jaringan otot, kulit, tulang, dan darah dalam tubuh.

Bukan itu saja, quinoa juga bisa menjadi sumber serat serta antioksidan polifenol. Kandungan ini mampu memperlancar pencernaan, mengatasi peradangan, hingga menekan risiko terserang penyakit kronis, seperti hipertensi dan diabetes.

  1. Jagung

Setiap 100 gram jagung, hanya terdapat 95 kalori dan 20 gram karbohidrat. Jagung juga kaya akan vitamin B, antioksidan, serat, magnesium, fosfor, dan folat.

Kamu bisa menambahkannya ke dalam menu makanan sehat harian dengan mengolahnya menjadi aneka hidangan. Agar lebih sehat, kamu disarankan untuk mengonsumsinya tanpa tambahan garam dan mentega. Ini karena keduanya bisa memicu kenaikan kolesterol dan tekanan darah.

  1. 4. Barley

Barley alias jelai adalah jenis biji-bijian yang tinggi serat namun rendah karbohidrat. Dalam 150 gram jelai matang, mengandung sekitar 38 gram karbohidrat dan 6 gram serat.

Bukan hanya serat, biji-bijian satu ini juga kaya akan antioksidan, protein, folat, fosfor, vitamin B, seng, dan tembaga. Berkat kandungannya itulah, barley bagus dikonsumsi untuk mengontrol kolesterol, tekanan darah, gula darah, dan melancarkan pencernaan.

  1. Oat

Oat merupakan salah satu jenis biji-bijian yang populer untuk membantu menurunkan berat badan. Dalam 35 gram oat matang, terkandung sekitar 110 kalori, 8 gram serat, dan 21 gram karbohidrat. Ingat, jenis yang rendah karbohidrat adalah rolled oat ya, bukan yang instan karena justru tinggi karbohidrat.

Oat mengandung beta-glucan, jenis serat yang mampu menekan kadar kolesterol jahat (LDL), sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

  1. Chia seed

Dalam 100 gram chia seed hanya mengandung 42 gram karbohidrat. Tinggi akan kandungan asam lemak omega-3, protein, dan berbagai vitamin serta mineral, menjadikannya dikenal sebagai superfood.

Chia seed bisa menjadi pilihan yang cocok untuk kamu yang ingin menjaga berat badan tetap ideal. Selain itu, biji-bijian berukuran kecil ini juga baik untuk mengatasi maupun mencegah sembelit dan mengontrol kadar gula darah.

Itulah beberapa jenis biji-bijian yang rendah karbohidrat untuk kamu yang sedang mencari pilihan menu diet sehat. Beberapa di antara biji-bijian di atas bisa kamu dapatkan di Healthy Choice. Tapi ingat, mengonsumsinya saja tidak cukup untuk mendapatkan berat badan ideal.

Kamu tetap harus mengonsumsi makanan sehat lainnya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Yang tidak kalah penting, jangan lupa olahraga secara rutin, istirahat yang cukup, bijak mengelola stres, hindari merokok, dan batasi minum minuman beralkohol untuk menjaga kesehatan tubuh.

 

Baca juga: Menu Diet Sehat Anak untuk Menghindari Obesitas Dini

Baca juga: Tips Mengatur Pola Makan Sehat dengan Menu Beras Merah


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published