Dianggap Mudah dan Murah, Ini Pola Hidup Sehat Tradisional Menurunkan Berat Badan

Dianggap Mudah dan Murah, Ini Pola Hidup Sehat Tradisional Menurunkan Berat Badan

Banyak orang ingin memiliki tubuh dengan berat badan ideal agar lebih sehat dan terlihat menarik. Dari berbagai metode yang ada, diet dengan pola hidup sehat tradisional menjadi salah satu pilihan. Cara ini dianggap mudah, murah, dan aman untuk menurunkan berat badan.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami obesitas alias kelebihan berat badan, di antaranya karena genetik, stres, jarang olahraga, dan pola makan tidak sehat.

Selain itu, obesitas juga bisa disebabkan oleh kondisi tertentu seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), sindrom cushing, dan hipotiroidisme.

Menurunkan Berat Badan dengan Cara Tradisional

pola hidup sehat

Sumber foto: Google

Berbagai cara dipercaya bisa menurunkan berat badan, mulai dengan menerapkan pola hidup dan makan sehat, mengonsumsi obat-obatan, hingga operasi. Tapi, kalau kamu ingin mencoba dengan cara tradisional untuk mencapai berat badan ideal, berikut beberapa tips yang bisa diikuti.

  1. Biasakan Sarapan

Sarapan membuat tubuh lebih berenergi dan membantu mengurangi nafsu makan. Kamu bisa memilih menu sarapan sehat seperti sereal gandum dengan tambahan potongan buah dan yoghurt atau susu rendah lemak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di pagi hari.

  1. Minum Teh

Minuman sehat satu ini kaya akan antioksidan dan mineral. Banyak penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi teh mampu mendorong pembakaran lemak serta mengurangi berat badan. Cara tradisional menurunkan berat badan satu ini akan lebih efektif kalau kamu sertai dengan olahraga secara rutin dan diet sehat.

  1. Minum Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis tinggi kandungan antioksidan, kalium, kalsium, magnesium, dan berbagai vitamin. Selain menyegarkan, minuman satu ini juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Asam sitrat di dalam jeruk nipis diketahui mampu mendorong metabolisme dan meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh.

  1. Konsumsi Beras Organik Pecah Kulit

Cara menurunkan berat badan secara tradisional selanjutnya yaitu dengan konsumsi beras organik pecah kulit. Seperti beras merah, beras coklat, atau campuran keduanya (multi grain rice).

Beras jenis ini mengandung karbohidrat kompleks dan lebih tinggi serat yang membantu meningkatkan metabolisme serta pembakaran lemak dalam tubuh.

Dua jenis beras tersebut juga memiliki kalori lebih rendah dibanding nasi putih. Dengan nilai nutrisi dan seratnya yang lebih banyak, beras ini pun menjadi pilihan yang lebih baik untuk dikonsumsi.

  1. Konsumsi Jahe Merah

Jahe adalah salah satu jenis herbal yang umum digunakan di Indonesia untuk bumbu masakan maupun obat tradisional. Tapi siapa sangka, jahe juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Rempah satu ini dipercaya punya peran penting untuk menjaga berat badan, sistem pencernaan, dan mengatasi peradangan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe merah, baik dalam bentuk suplemen maupun tanaman aslinya, bisa membuat lebih cepat kenyang dan mengontrol nafsu makan.

  1. Konsumsi Madu

Banyak orang yang mencampurkan madu ke dalam sebuah minuman untuk menurunkan berat badan. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengganti sukrosa dengan madu mampu mencegah kenaikan berat badan.

Penelitian lainnya juga mengungkapkan bahwa madu bisa mengaktifkan hormon yang berperan sebagai pengontrol nafsu makan. Meski begitu, masih diperlukan studi lebih lanjut terkait khasiat dan efektivitas madu untuk mengontrol kenaikan berat badan.

Itu dia beberapa pola hidup sehat tradisional untuk menurunkan berat badan. Kamu tertarik memulai diet sehat? Nah, sekarang kamu bisa mendapatkan aneka bahan pangan sehat untuk diet di Healthy Choice. Jangan lupa, imbangi cara-cara di atas dengan olahraga rutin ya!

 

Baca juga: Tips Mencegah Penyakit Jantung Koroner dengan Pola Hidup Sehat

Baca juga: 5 Kegiatan Pola Hidup Sehat yang Wajib Dilakukan Di Usia Kepala Tiga


Posting Lama Posting Baru

Tinggalkan komentar

Harap diperhatikan, komentar harus disetujui sebelum dipublikasikan