5 Cara Meningkatkan Pola Hidup Sehat Melalui Rutinitas Sebelum Tidur

5 Cara Meningkatkan Pola Hidup Sehat Melalui Rutinitas Sebelum Tidur

Tidur merupakan cara terbaik untuk melepas rasa lelah setelah melakukan aktivitas seharian. Tetapi, tidak jarang sebagian orang justru mengalami kesulitan tidur dan hal ini menyebabkan masalah yang semakin serius.

Selain membuat lelah dan badmood, kurang tidur juga bisa berdampak serius pada kesehatan. Misalnya, meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas dan diabetes tipe 2.

Sebelum mulai merebahkan diri ke atas tempat tidur, sebaiknya pergi dulu ke kamar mandi untuk mencuci kaki, wajah dan menyikat gigi. Hal ini untuk menghalau pertumbuhan bakteri penyebab gangguan kesehatan.

Selain itu, tahukah kamu kalau ada kebiasan positif sebelum tidur yang dapat meningkatkan pola hidup sehat? Nah, berikut beberapa kebiasaan yang baik untuk dilakukan sebelum tidur.

  • Mandi pada Malam Hari
  • Oh ya, menurut penelitian, suhu tubuh juga penting loh untuk mengatur pola tidur. Mandi pada malam hari bisa membantu proses agar tubuh jadi lebih nyaman sebelum tidur.

    Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa menggunakan air hangat yang diklaim memberikan efek powering-down. Belum tahu apa itu efek powering down? Jadi, efek ini dapat membantu kamu merasa lebih rileks saat beristirahat dan meningkatkan kualitas tidurmu.

    pola hidup sehat

    Sumber foto: Google

  • Minum Air Putih dan Hindari Kafein atau Alkohol
  • Menurut penelitian, alkohol mempengaruhi neurotransmitter di otak yang berfungsi sebagai pengatur siklus tidur. Bukan itu saja, hindari konsumsi minuman maupun makanan berkafein seperti kopi atau cokelat hitam. Konsumsi kafein, dianjurkan paling lambat pukul dua siang.

    Pasalnya, dalam secangkir kopi yang kamu minum pada pagi hari masih menyisakan 25% kafein di dalam tubuh. Cobalah ganti minuman berkafein dan alkohol dengan segelas air putih. Kamu akan tidur lebih nyenyak dan asupan cairan pun tercukupi.

  • Konsumsi Probiotik
  • Keseimbangan bakteri dalam usus juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan pencernaan. Karena itu, dianjurkan untuk mengkonsumsi probiotik berupa minuman atau suplemen. Mengonsumsinya sebelum tidur juga bermanfaat untuk mencegah obesitas hingga kanker usus.

    Probiotik sendiri bekerja maksimal ketika perut sedang tidak dipenuhi makanan atau tidak dalam kondisi kenyang. Hasilnya, probiotik bekerja untuk memelihara bakteri baik dalam usus tanpa mengganggu enzim pencernaan.

  • Tetapkan Waktu Tidur yang Sama
  • Perlu kamu ketahui bahwa kesehatan jangka panjang tergantung pada regenerasi sel yang terjadi selama waktu tidur nyenyak.  Ketika tidur, terdapat hormon-hormon disekresi yang bekerja untuk merangsang berbagai fungsi tubuh. 

    Hormon tersebut bekerja untuk membentuk otot, membersihkan organ hati hingga memperbaiki jaringan tubuh. Jadi, agar semua proses tersebut berjalan maksimal, kamu wajib tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya. Sedangkan waktu tidur yang direkomendasikan adalah 7-9 jam per malam.

  • Konsumsi Makanan Bernutrisi
  • Tiba-tiba merasa lapar sebelum tidur? Lebih baik ganjal rasa laparmu dengan makan makanan yang sehat seperti kacang almond, buah-buahan, yogurt atau telur rebus.

    Pastikan hindari makanan yang mengandung gula dan pati, karena keduanya dapat meningkatkan kadar insulin yang menyebabkan rasa gelisah saat tidur. Selain itu, hindari juga konsumsi makanan berminyak dan berlemak karena membuat perut penuh gas dan terasa melilit sebelum tidur.

    Itulah lima cara meningkatkan pola hidup sehat lewat rutinitas sebelum tidur. Sekarang, kamu bisa membeli berbagai bahan makanan bernutrisi seperti kacang almond, kacang mede, hingga beras organik secara online di Healthy Choice. 

     

    Baca juga: Jangan Anggap Sepele! Begini Tips Mengkonsumsi Jahe Merah untuk Ibu Hamil

    Baca juga: Benarkah Cuka Apel Dapat Mengurangi Nafsu Makan Secara Sehat


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published